motor tidak ada pengapian

Motor Tidak Ada Pengapian: 8 Penyebab & Ulasan

Motor Tidak Ada Pengapian – Pengapian pada motor memiliki peranan yang sangat penting. Apabila motor tidak ada pengapian maka tentu mesin tidak akan menyala. Lalu apa saja penyebab motor tidak ada pengapian?

Efek apabila motor tidak ada pengapian adalah motor berhenti atau tidak akan berpijar walau telah distarter. Mogoknya motor karena tidak ada pengapian dapat terjadi kapan pun, hingga pengendara harus ketahui pemicunya.

Apa penyebab motor tidak ada pengapian dan bagaimanakah cara untuk menanganinya? Saat motor mendadak berhenti Anda tidak perlu cemas dan kebingungan. Cukup hanya memeriksa penyebab motor tidak ada pengapian yang akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

Motor Tidak Ada Pengapian

Tidak ada pengapian pada sepeda motor adalah salah satunya tipe masalah yang paling umum terjadi. Pengapian pada kendaraan memerlukan banyak elemen hingga sanggup membuat recikan bunga api dalam ruang bakar.

Jika salah satunya elemen ini alami kerusakan, karena itu mekanisme pengapian tidak akan bekerja secara prima. Saat motor berhenti, Anda mulai bisa memeriksa satu demi satu performa dari tiap-tiap elemen sampai mendapati sumber permasalahannya.

Berikut penyebab motor tidak ada pengapian yang dapat selekasnya dilakukan pengecheckan supaya bisa menanganinya dengan tepat.

motor tidak ada pengapian

1. Kerusakan Accu Motor Injeksi

Untuk Anda yang sudah memakai motor injeksi, permasalahan pengapian kendaraan dapat datang dari accu. Rusaknya accu motor ini akan membuat mesin kendaraan tidak akan berpijar karena tidak ada pengapian yang terjadi.

Untungnya untuk tahu apa sumber permasalahannya terasa dari accu, Anda dapat memeriksa sisi tanda pada stang motor. Tanda accu ini akan berpijar saat kunci contact ada dalam status on.

Anda tidak perlu memeriksa piranti langsung, karena accu sudah tentu habis energinya atau hancur. Dan motor dengan mekanisme karburator tidak akan punya pengaruh bila elemen accu alami kerusakan.

Jadi permasalahannya bukan datang dari accu bila Anda memakai motor tipe karburator. Untuk menangani permasalahan ini cuman dapat dilaksanakan dengan tukar accu yang baru.

2. Tidak Ada Recikan Api pada Busi

Penyebab motor tidak ada pengapian bisa juga datang dari kondisi busi. Dalam pengapian busi berperanan untuk hasilkan loncatan bunga api, yang diperlukan oleh mesin untuk membakar kombinasi udara dan bakar.

Andaikan motor kalian berhenti walau sebenarnya daya accu masih penuh dan bensin masih dalam kondisi cukup, peluang disebabkan karena busi. Kalian dapat lakukan pengujian pada busi dengan melepaskannya dari tempat tinggalnya dan lakukan eksperimen. Mengeluarkan busi dari mesin motor kalian, lalu masukan kembali kabel businya.

Baca Juga  Cara Mengatasi Knalpot Bocor, Dampak, & Penyebabnya

Lekatkan pada block mesin dan coba untuk hidupkan starter motor atau kick starter (engkol) motor. Amati apakah ada kemungkinan terjadi pengapian pada busi. Bila terjadi pengapian dengan diikuti ada api warna biru, karena itu busi masih juga dalam kondisi bagus . Maka, dapat kalian simpulkan bila motor kalian berhenti bukan lantaran kondisi busi yang memiliki masalah, tetapi ada elemen yang lain yang hancur.

3. Sekring yang Putus

Penyebab motor tidak ada pengapian yang lain adalah dengan memeriksa elemen sekring. Elemen ini dapat Anda check bila busi rupanya masihlah bekerja. Sekring adalah elemen kelistrikan pada sepeda motor.

Peranan khusus sekering adalah untuk putuskan arus listrik saat terjadi terlalu berlebih hingga tidak terjadi kebakaran. Elemen pengaman ini ukuran benar-benar kecil tetapi mempunyai peranan yang besar sekali.

Jika sekring putus karena itu pengapian tidak akan muncul karena mekanisme listrik pada motor terhalang. Karena itu Anda perlu memeriksa apa elemen sekring motor masih bekerja yang baik.

Untuk tahu apa sekring putus, Anda cuman dapat coba memakai sekring standard. Bila kendaraan masih tetap dapat dihidupkan, karena itu sumber penyebab ada di sekring yang putus.

Kerusakan yang disebabkan putusnya sekring motor cuman dapat ditukar sama yang baru.

4. Kerusakan pada Koil

Koil menjadi satu diantara elemen kelistrikan di mana perannya adalah untuk membikin arus listrik datang dari accu jadi lebih besar. Accu yang memiliki ukuran cuman 12 volt saja akan dilipatgandakan oleh elemen koil.

Nanti arus listrik akan diteruskan ke sisi busi hingga recikan api dapat terbentuk dan proses pengapian juga terjadi. Bila koil alami kerusakan, maknanya aliran listrik akan menyusut dan tidak dapat hidupkan busi.

Pemeriksaan koil pada mekanisme pengapian perlu dilakukan untuk mengetahui kerusakan atau kabel koil terputus. Bila memang ada kerusakan, langkah membenahi cukup dengan menukar komponennya yang baru.

5. Socket Contact Hancur

Ada penyebab motor tidak ada pengapian mengambil sumber dari rumah contact. Lebih persisnya adalah socket rumah contact lepas atau ada material yang aus.

Pertama Anda harus memeriksa apa kabel socket kendor, bila iya cukup hanya mengencangkannya saja.

Selanjutnya untuk ketahui apa socket rumah contact masih kerja, Anda dapat manfaatkan tespen. Coba pencet dengan tespen di bagian socket apa ada arus listrik, bila tidak karena itu Anda harus menukar socket yang baru.

Masih permasalahan pada rumah contact, pemicunya karena mungkin Anda memasangkan rahasia kunci sepeda motor. Anda yang beli motor second harus tahu status dari rahasia kunci ini.

Baca Juga  Bunyi Saat Lepas Kopling Mobil: 5 Faktor Dan Ulasan

Umumnya ada pada bagian yang terselinap. Rahasia kunci yang terserang air, debu, dan kotoran yang lain ini bisa jadi hancur hingga bisa memutuskan arus listrik. dan pengapian juga tidak bisa terjadi.

6. Rusaknya Setop Engine

Beberapa sepeda motor mempunyai elemen setop engine (ECO) yang perannya adalah untuk mematikan peranan. Umumnya sepeda motor sport lah yang diperlengkapi dengan elemen ini.

Dampak setop engine pada hidup matinya kendaraan besar sekali. Saat motor dihidupkan karena itu elemen ini akan dilalui oleh mekanisme pengapian. Jika ECO alami kerusakan, karena itu pengapian juga tidak bisa terjadi.

Langkah menangani pertama adalah dengan buka penutup ECO selanjutnya membersihkan. Hidupkan motor, bila tidak berpijar maknanya harus menukar mekanisme ECO sama yang baru.

7. Rusaknya CDI

Sesudah lakukan pengujian pada elemen yang sudah disebut, tetapi mesin motor kalian masih tidak dapat dihidupkan, coba lakukan pengujian pada elemen CDI. CDI sendiri sebagai salah satunya elemen khusus pengapian pada sepeda motor.

Walau jarang-jarang diketemukan kerusakan pada elemen ini, tidak tutup peluang CDI pada motor kalian rupanya memiliki masalah yang berpengaruh pada tidak ada pengapian pada sepeda motor. Bila kalian telah lakukan pengujian dan keadaan CDI rupanya masihlah bagus, kalian dapat lakukan pengujian pada elemen sepul dan Elektronik Kontrol Unit yang dipersingkat ECU.

Untuk memeriksa sepul, kalian dapat memakai multi tester. Untuk memeriksa ECU, kalian dapat menyaksikannya dari lampu tanda MIL-nya. Jika ECU-nya memiliki masalah, karena itu lampu tanda MIL akan berpijar. Kalian bisa juga mengecek tegangan input daya dan aliran massa.

8. Kabel Busi

Selainnya busi, kabel busi bisa juga mengakibatkan tidak ada pengapian. Kabel ini berperan untuk menyalurkan arus tegangan tinggi dari koil ke busi. Saat kabel ini hancur, putus atau bocor karena itu tegangan tinggi tidak sampai ke busi yang mengakibatkan tidak munculnya loncatan bunga api alias pengapian.

Umumnya persoalan pada elemen ini diawali dari susahnya kendaraan dihidupkan pada pagi hari, dan ada suara tik-tik-tik yang disebut loncatan bunga api ke dinding mesin (kabel busi bocor).

Jalan keluar dari persoalan ini adalah menukar kabel busi sama yang masih baru.

Diatas adalah ulasan terkait motor tidak ada pengapian yang dapat disebabkan oleh berbagai hal. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Join the discussion