Indikator Airbag Menyala: 4 Penyebab Dan Ulasan

Indikator Airbag Menyala – Salah satunya lampu indikator yang kerap menyala adalah lampu indikator airbag. Ini disebabkan karena beberapa faktor penyebab. Lantas apa penyebab indikator airbag menyala?

Lampu indikator yang berada pada dasbor berperan sebagai pengingat untuk sopir. Jika satu lampu menyala, dapat disimpulkan sedang ada gangguan pada elemen tertentu.

Bila dahulu orang harus membedah sisi tertentu untuk ketahui kerusakan mobil, sekarang indikator yang tersambung dengan Elektronik Kontrol Modul (ECU) bisa memberi info. Umumnya lampu menyala untuk memberi teguran ada kerusakan pada peranan dan proses mobil. Terhitung indikator airbag.

Bersamaan mengembangnya waktu beberapa indikator kemungkinan telah dikenal maknanya. Tetapi ada satu yang kemungkinan sedikit tahu, yakni lampu indikator airbag. Untuk memperjelas berkaitan penyebab indikator airbag menyala akan dibahas lebih pada dalam artikel di bawah ini.

indikator airbag menyala

Indikator Airbag Menyala

Cara kerja airbag memang tergantung pada sensor atau indikator lampu pada mobil Anda. Ada banyak faktor yang bisa jadi penyebab lampu indikator airbag menyala salah satunya yakni:

1. Gangguan yang Jarang-jarang Terjadi

Lampu Indikator di bagian mobil memang seharusnya selalu dilihat periodik. Satu diantaranya, indikator airbag menyala mendadak sebetulnya sebagai gangguan yang jarang terjadi. Lampu indikator ini sebagai wakil SRS (Supplemental Restraint Sistem) atau mekanisme penyelamatan tambahan.

SRS dipakai untuk menyebutkan sebuah piranti keselamatan pada mobil yang biasanya berbentuk airbag (kantong udara) dan sabuk pengaman.Jika lampu ini menyala, tidak berarti airbag akan terkembang. Sebetulnya, lampu indikator itu memberikan info jika ada gangguan pada piranti keselamatan mobil, entah itu pada elemen airbag, seatbelt, sensor keselamatan, atau juga bisa mekanisme keamanan mobil.

Baca Juga  Perbedaan Ring Piston Kompresi 1 Dan 2: 5 Faktor Dan Ulasan

2. Permasalahan Pada Sakelar Seatbelt

Peluang penyebab lampu airbag menyala mendadak dapat terjadi karena mekanisme seatbelt, persisnya pada sakelar seatbelt. Bisa saja, sedang ada gangguan pada sakelar seatbelt. Peranan dari sakelar ini adalah untuk mengetahui apa sabuk pengaman sudah dipasang atau memang belum.

Bila sakelar seatbelt terusik, karena itu lampu airbag akan menyala. Gangguan itu dapat berbentuk benda asing atau kotoran yang merintangi sakelar dalam mengetahui sabuk pengaman. Bila menyaksikan lampu airbag menyala, coba periksa sabuk pengaman. Saksikan adakah kotoran atau benda yang lain menjejal.

3. Kabel Clock Spring

Selainnya gangguan pada sakelar seatbelt, lampu airbag yang menyala bisa juga dipacu permasalahan pada clock spring. Apakah itu clock spring? Clock spring adalah sebuah elemen yang menyambungkan unit penataan airbag dengan driver module yang berada pada roda setir.

Elemen ini dipasang pas ada di belakang roda setir. Bila lampu airbag menyala, ada peluang kabel clock spring alami permasalahan. Ini dapat terjadi saat setir dibedah dan terjadi kekeliruan dalam penempatan kembali. Untuk menanganinya, harus membedah setir dan kembalikan kabel clock spring pada tempat awal.

4. Code Computer yang Tidak Sama sesuai

Penyebab indikator airbag menyala mendadak yang paling akhir datang dari permasalahan mekanisme keamanan mobil sendiri. Mobil jaman saat ini umumnya bukan hanya dibuat dengan elemen mekanis dan kelistrikan, tapi juga mekanisme computer yang terdiri dari kode-kode sulit. SRS juga tersusun atas mekanisme itu.

Baca Juga  Ukuran Torsi Dan Momen Baut Avanza : 56 Ukuran Torsi Momen

Kemungkinan ada code computer yang tidak sesuai dengan, error, atau bahkan juga tidak berperan kembali. Untuk menentukannya, dapat mendatangi ke bengkel paling dekat. Mekanik bengkel akan memakai alat khusus untuk mengetahui apa mekanisme computer SRS pada mobil Anda bekerja dengan normal atau mungkin tidak. Bila memang ada error, mekanik akan lakukan penyetelan ulangi supaya SRS kembali normal.

Diatas adalah ulasan terkait faktor penyebab lampu indikator airbag menyala. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -