Fungsi Supply Pump: Peran, Komponen, Dan Cara Kerja

Fungsi Supply Pump – Suplly pump adalah bagian penting pada sistem bahan bakar mesin diesel. Lalu apa fungsi supply pump? Apa saja komponen komponennya? Dan Bagaimana cara kerja supply pump?

Fungsi supply pump pada mesin diesel common rail adalah sebagai pemroduksi bahan bakar bertekanan tinggi. Di mana bahan bakar bertekanan tinggi ini seterusnya akan diteruskan ke arah common rail pipe untuk di injeksikan oleh injektor ke ruangan bakar.

Supaya supply pump bisa bekerja, supply pump disambungkan ke mesin dengan beragam cara. Ada yang memakai timing belt untuk memutar pulley supply pump dan ada juga yang memakai gear untuk dihubungkan.

Pada bagian ujung dari supply pump ini ada pulley yang tersambung dengan mesin. Saat mesin berputar-putar, karena itu supply pump bisa langsung bekerja untuk hasilkan bahan bakar bertekanan tinggi yang paling diperlukan oleh mesin diesel mekanisme common rail ini.

Untuk lebih jelasnya terkait fungsi supply pump, komponen, dan cara kerja akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini. Berikut ulasannya:

fungsi supply pump

Fungsi Supply Pump

Fungsi khusus dari supply pump pada common rail adalah untuk mengisap bahan bakar dari dalam tanki, meningkatkan tekanannya sampai optimal 160 Mpa, dan dikirim ke komponen common rail. Di dalam supply pump sendiri ada banyak komponen, seperti plunger, cek valve, cam ring, suction kontrol valve (SCV), dan sensor suhu bahan bakar.

SCV memiliki peran penting untuk atur volume bahan bakar yang dinaikkan tekanannya. SCV ini seperti katup solenoid, di mana pembukaannya dikendalikan dengan maksimal oleh ECU berbentuk duty ratio. Pembukaan pada SCV akan punya pengaruh pada besarnya penekanan bahan bakar yang ada dalam pipa common rail.

Sensor suhu bahan bakar berperan untuk mengetahui suhu bahan bakar / solar. Nilai pembacaan sensor ini dipakai sebagai revisi penetapan volume injeksi.

Komponen Suplly Pump

Setelah mengetahui fungsi dari supply pump maka perlu diketahui pula bagian atau komponen penyusunnya. Terdapat beberapa bagian atau komponen supply pump common rail diantaranya yaitu:

Baca Juga  Cara Merawat Sistem Suspensi : 7 Hal Dan Ulasannya

1. Feed Pump

Komponen supply pump yang pertama adalah Feed Pump yang memiliki fungsi adalah untuk mengisap bahan bakar dari fuel tank dan memencetnya masuk ke ruangan pompa injeksi khusus yang berisi plunger supaya penekanan bahan bakar dapat dipertingkat semakin tinggi kembali sesuai keperluan injeksi mesin common rail.

2. Suction Control Valve

Komponen supply pump yang ke-2 adalah Suction Control Valve (SCV). SCV sebagai aktuator pada mesin common rail yang tersambung dengan ECU mesin dan bekerja berdasar perintah dari ECU (Engine kontrol Unit).

SCV sebagai salah satu bagian suplly pump memiliki fungsi untuk atur jumlah bahan bakar solar yang dari feed pump ke arah plunger supaya penekanan bahan bakar yang dipompakan oleh supply pump ke common rail pipe dapat selalu konstan dan stabil sesuai keperluan mesin.

3. Pump Unit

Komponen supply pump yang ke-3 adalah Pump Unit yang memiliki fungsi untuk hasilkan bahan bakar bertekanan tinggi yang hendak diteruskan ke arah common rail pipe.

4. Delivery Valve

Komponen supply pump yang keempat adalah delivery valve. Delivery valve ini terbagi dalam 3 komponen yaitu spring (pegas), Cek ball, dan holder. Masing-masing komponen bekerja jadi satu kesatuan yang diberi nama delivery valve.

Delivery valve ini berperan untuk menyalurkan bahan bakar bertekanan yang dibuat oleh plunger ke arah common rail pipe. Disamping itu, delivery valve ini dipakai untuk menahan supaya bahan bakar yang bertekan dalam common rail pipe tidak kembali masuk ke plunger.

5. Fuel Temperature Sensor

Komponen supply pump yang paling akhir adalah Fuel temperature sensor. Fuel temperature sensor ini berperan untuk menghitung temperatur dan suhu bahan bakar yang mengucur dalam supply pump. Fuel suhu akan mengirim data berbentuk tegangan listrik ke ECU untuk dipakai oleh ECU sebagai nilai temperatur bahan bakar.

Baca Juga  Jenis Axle Shaft : 12 Jenis Dan Ulasannya

Cara Kerja Supply Pump Common Rail

Fungsi supply Pump sebagai salah satunya komponen common rail yang berperan untuk memompakan bahan bakar dari bak ke Rail. Oleh karena itu cara kerja dari supply pump juga tidak jauh dari fungsinya. Dalam Supply pump ada komponennya sendiri yaitu SCV (Sucntion Kontrol Valve), Fuel Suhu Sensor dan 2 plunger yang bergerak turun naik untuk memompa bahan bakar.

Feed Pump perannya untuk mengisap fuel dari bak dan menggerakkan ke SCV Regulator Valve. Bagian ini perannya jaga berlangsungnya over pressure. Suction Control Valve perannya atur saluran bahan bakar dari feed pump ke rail yang valve nya bekerja sesuai dengan perintah dari ECU. Delivery Valve fungsinya buka saluran bahan bakar ke plunger untuk di kompresi jadi bahan bakar bertekanan yang hendak di alirkan ke Rail. Suction Valve perannya menyalurkan bahan bakar ke pressure chamber.

Dari ke-2 komponen itu kita bisa ketahui cara kerja Supply Pump Common Rail. Saluran dalam Supply Pump di bagi jadi 2 bagian yaitu Low Pressure dan High Pressure. Pada SCV ( Sunction Kontrol Valave ) bekerja secara DUTY yang di kontrol oleh ECU. Lama waktunya pembukaan valve pada SCV adalah lama waktunya arus yang mengucur untuk mengatur jumlah bahan bakar yang di kirimkan ke plunger.

Saat arus mengucur ke SCV karena itu tegangan di bangunkan sesuai duty ratio dan bisa mengerakan valve mundur-maju sesuai peralihan pembukaan lajur fuel. Dengan membuat SCV ON OFF fuel yang dikirim banyaknya ikuti sinyal duty ratio.

Untuk SCV adalah type Normaly Open Valve yaitu valve terbuka walau tidak di aliri tegangan.Saat SCV OFF karena itu return spring bekerja dan buka aliran fuel dan memberi fuel ke plunger hingga bahan bakar yang mengucur banyaknya banyak.

Diatas adalah ulasan terkait fungsi supply pump, komponen, dan cara kerjanya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.