Fungsi Selang Hawa: 3 Peran Dan Ulasan

Fungsi Selang Hawa – Apabila diamati pada motor matic biasanya terdapat selang hawa atau pernafasan. Walaupun bentuknya sederhana dan hanya menghubungkan antara gear ratio dan filter, selang hawa ini memiliki peran yang vital. Apa fungsi selang hawa?

Komponen CVT (Continuous Variable Transmission) membutuhkan selang hawa untuk salurkan udara panas. Biasanya selang hawa menghubungkan boks filter udara CVT dengan segi gear ratio.

Gesekan yang terjadi di ruang gear ratio akan munculkan panas walaupun telah dibaluri oli. Selang itu salurkan hawa panas dari gear ratio untuk dibuang ke bok filter udara CVT. Untuk memperjelasnya berkaitan fungsi selang hawa atau pernapasan pada mesin bermotor akan dibahas pada artikel di bawah ini.

fungsi selang hawa

Fungsi Selang Hawa

Terdapat beberapa fungsi dari selang hawa atau pernapasan pada motor mati, diantaranya yaitu:

1. Sebagai Pernapasan Atau Tempat Bersirkulasi

Sebagai pernapasan atau tempat bersirkulasinya udara dalam kalter mesin, seperti yang kita ketahui saat mesin hidup, seher dalam mesin bergerak naik turun antara TMA-TMB nah di waktu itu berjalannya kevakuman udara dalam kalter.

Saat seher naik udara akan terserap masuk dan saat seher turun udara akan tertiup tertekan keluar. Sudah pasti karena ada selang hawa gerak seher ini lancar.

2. Penyalur Kompresi Yang Bocor

Sebagai penyalur kompresi yang bocor, ketika apa yakni ketika seher berada di langkah kompresi bukan tidak mungkin ada udara yang telah berpadu bahan bakar melalui ke kalter yang lewat dinding silinder dan ring seher. Dan akan dikeluarkan ketika seher bergerak turun dipompa ke kotak filter udara agar tidak mencemari lingkungan.

Baca Juga  Cara Kerja Dinamo Starter: Prinsip Dan Ulasannya

3. Pendingin Mesin Dan Penghangat Udara

Sebagai pendingin mesin dan penghangat udara,arah demikian adalah sebagai pendingin saat udara di luar terserap masuk ke mesin, yang terserap sudah pasti kan udara dingin.

Nah bila berperanan sebagai penghangat adalah saat saat udara dipompa keluar mesin sudah pasti udara yang hangat atau panas, ini akan membantu menghangatkan udara yang ada di box filter yang akan teresap ke ruang bakar.

Dampak Selang Hawa

Bila efeknya tentu saja anda sudah terpikirkan apabila sudah tahu peran dari selang hawa ini, gerak dari seher akan terhambat tentu saja dan akan punya pengaruh ke tenaga mesin dan karena dalam kalter ada sebuah penekanan udara, seal-seal yang ada dimesin jadi bocor.

Di atas adalah pembahasan berkaitan fungsi selang hawa atau pernapasan pada motor matic. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -