Lapisan Karet Yang Menutup Bagian Samping Ban Atau Sidewall

Lapisan Karet Yang Menutup Bagian Samping Ban – Didalam konstruksi ban terbagi menjadi beberapa bagian. Hal ini termasuk lapisan karet pada samping ban. Lalu lapisan karet yang menutup bagian samping ban disebut apa?

Sebelum ke bagian bagian penyusun ban, Apa yang pertama kalinya ada di pikiran kita, jika dengar kata “ban”? Karet bulat, merk ban, roda mobil, hitam dan lain-lain. Banyak yang ada di pikiran kita saat dengar kata “ban”.

Antara beragam jenis part yang dipakai di kendaraan, ban adalah salah satu part yang alami contact dengan permukaan jalan, dan menyokong tiga efektivitas dasar: pengendaraan, berbelok dan pemberhentian. Ban tidak bisa berdiri dengan sendiri, tetapi harus terpasang pada pelek (salah) roda yang sama sesuai ukuran.

Untuk dapat berfungsi sebagaimana mestinya maka diperlukan berbagai bagian penyusun ban mobil. Terkait lapisan karet yang menutup bagian samping ban disebut apa akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

lapisan karet yang menutup bagian sampin ban disebut

Lapisan Karet Yang Menutup Bagian Samping Ban

Ban sebagai bagian roda yang langsung bersinggungan pada jalan. Pada sepeda motor yang jalan dan stop akan memunculkan gesekan di antara ban dan permukaan jalan. Ban selainnya berfungsi untuk menyokong berat motor dan pengendara pada tempat yang kecil di mana permukaan pada ban sentuh permukaan jalan. Hal ini akan menyalurkan gaya tekan pada kendaraan di saat pengendaraan dan pengereman, menahan kejutan secara bersama dan terus menerus.

Baca Juga  Pompa Injeksi Distributor VE : Fungsi, Komponen, & Cara Kerja

Pada intinya ban yang dipakai pada kendaraan biasanya terdiri dari dua bagian khusus yaitu ban bagian luar dan ban bagian dalam. Konstruksi penyusun atau bagian ban secara umum adalah sama, baik ban dengan ban dalam atau ban tanpa ban dalam.

Lapisan karet yang menutup bagian samping ban disebut sidewall, maksudnya adalah membuat perlindungan atau menutup cascass ban. Sidewall adalah komponen ban yang terbesar dan fleksibel. Di sidewall ada info detail ban seperti ukuran ban, merk, faktor rasio, index beban, peringkat kecepatan, play ranting, dan lain-lain.

Fungsi lapisan ini diantaranya untuk menutup tempat belt package, membuat perlindungan tempat samping ban dari korosi, dan untuk tempat tuliskan simbol dan detail ban. Berlainan dengan tread, sidewall biasanya dibuat dari 1 lapisan karet.

Ukuran dan type ban dapat ditemui dengan membaca kode ban. Kode pada ban memberikan informasi terkait beberapa ciri-ciri umum dan kerataan (flatness) dari ban. Di suatu ban, dapat ditemukan informasi seperti ukuran ban, TWI (tread wear indicator), Tipe ban : tubeless atau tubetype, Nomor lot, speed symbol dan load index, anak panah, sampai beban optimal. Semua adalah faktor khusus yang penting dikenang dalam pemilihan ban. Kesemuaannya penyeleksian ukuran ban bisa dipisah jadi dua type yaitu metric dan inchi.

Diatas adalah ulasan terkait lapisan karet yang menutup bagian samping ban disebut apa. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Baca Juga  Komponen Shock Depan : 9 Bagian Dan Ulasan

Ayo Cilacap - - - -