Komponen Speedometer Motor: 6 Bagian Dan Fungsi

Komponen Speedometer Motor, Fungsi, Dan Cara Kerja – Didalam speedometer motor terdapat beberapa komponen yang memiliki fungsi yang berbeda. Tentunya bagian speedometer motor betul-betul penting, karena hadirnya kita dapat mengetahui berapakah kecepatan yang akan kita tempuh.

Sementara itu speedometer sendiri ada dua tipe yaitu speedometer analog dan speedometer digital. Dan satu diantaranya peranannya adalah untuk menunjukkan berapakah besar kecepatan putar pada benda yang bergerak secara putaran.

Semua kendaraan type mobil dan motor tentu saja dilengkapi dengan komponen ini. Adanya komponen ini memudahkan untuk mengetahui dengan pasti berapakah kelajuan kendaraan yang Anda kemudikan.

Untuk memberikan informasi tersebut maka bagian ini tersusun dari beberapa komponen. Untuk lebih jelasnya terkait komponen speedometer baik fungsi dan cara kerja akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

komponen speedometer motor

Komponen Speedometer Motor

Seperti baru saja bila speedometer adalah komponen yang sangat diperlukan motor karena mempunyai fungsi penting kaitannya perfoma motor. Sementara itu di dalam speedometer sendiri akan ada beberapa instrumen yang menunjukkan banyak komponen.

Karena minimnya perawatan dan usia pakai kendaraan bisa menyebabkan speedometer menjadi mati. Dan matinya speedometer juga bisa karena oleh beberapa faktor dan hal ini harus sesegera kita benahi.

Sebelum Anda mengenali lebih dalam terkait speedometer mobil. Semestinya terlebih dahulu Anda mengenal beberapa bagian dari speedometer. Berikut beberapa bagian atau komponen yang ada pada speedometer motor diantaranya yaitu:

1. Dudukan Speedometer

Komponen pertama dari speedometer motor adalah dudukan yang memiliki fungsi sebagai tempat menempelnya speedometer. Yang nantinya akan dipasangkan kaca speedometer pada bagian ini. Komponen ini terhitung cukup penting juga.

Baca Juga  Tipe Rem Cakram : 6 Jenis Dan Ulasannya

2. Mekanisme Kabel

Bagian yang kedua yaitu mekanisme kabel pada speedometer motor. Kabel ini kelak akan berfungsi sebagai penghantar arus listrik dari bagian sumber listrik ke saluran listrik yang berada di speedometer Anda. Hal ni akan membuat speedometer itu dapat berfungsi seperti seharusnya.

3. Roda Penggerak

Komponen selanjutnya yaitu bagian yang terhitung sangat penting pada speedometer motor yaitu roda penggerak. Roda penggerak berfungsi untuk menggerakkan jarum dan juga angka yang berada di speedometer.

Bila roda ini tidak berfungsi dengan baik, karenanya bisa disebut speedometer tidak berfungsi dengan optimal. Hal tersebut karena jarum tidak dapat bergerak.

4. Komponen Jarum dan Angka

Komponen ini sebagai bagian yang berfungsi sebagai pertanda, di mana menjadi dasar untuk pengendara motor dalam menetapkan kecepatan kendaraan. Selain itu, angka atau jarum yang berada di speedometer ini berfungsi sebagai pertanda yang menunjukkan jumlah bahan bakar yang ada di mobil Anda.

5. Gearbox

Gearbox adalah rangkaian roda gigi yang menerima gaya putar dari roda depan pada motor atau pada poros transmisi jika pada mobil, yang seterusnya dilanjutkan ke alat ukur speedometer.

6. Kaca atau Cover Speedometer

Komponen terakhir pada speedometer motor yaitu cover yang berbentuk seperti kaca pada speedometer. Kaca ini berfungsi sebagai komponen yang akan membuat pelindungan speedometer dari berbagai hal contohnya cipratan air, debu, atau kotoran lainnya yang bisa saja merusak speedometer.

Fungsi Speedometer Motor

Setelah mengetahui komponen speedometer motor maka perlu dipahami juga terkait fungsi dari bagian ini. Speedometer adalah perlengkapan yang penting, terutamanya peranannya dalam perform mobil Anda. Berikut sejumlah fungsi dari speedometer motor diantaranya yaitu:

  1. Pertama, sebagai indikator bahan bakar motor. Oleh karena itu, Anda dapat mengupayakan agar membuat motor hemat bahan bakar. Hal itu dapat dikerjakan dan dikontrol dengan memperhatikan display pada speedometer itu.
  2. Selain itu, speedometer mempunyai fungsi sebagai komponen sebagai panel untuk atur kecepatan motor. Tidak hanya itu, speedometer berperan sebagai komponen transmisi manual yang digunakan untuk mengenali status pada transmisi.
  3. Fungsi seterusnya yaitu sebagai komponen yang digunakan sebagai tanda lampu pada bagian depan, lampu sein, dan lainnya. Speedometer sebagai komponen yang digunakan untuk mengenali jarak tempuh yang sudah dilalui motor.
  4. Terakhir, alat ini berperan sebagai komponen yang digunakan untuk menghitung jarak tempuh motor saat menempuh perjalanan dari 1 tempat ke tujuannya.
Baca Juga  Rem Tromol Sepeda Motor : 9 Komponen & Cara Kerja

Cara Kerja Speedometer Motor

Setelah mengetahui komponen speedometer motor dan fungsinya maka perlu dipahami juga cara kerjanya. Ada beberapa type sensor pengukuran kecepatan yang berada di speedometer.

Secara mekanis sebagai perangkat pengukur kecepatan yang dihubungkan langsung dengan roda depan atau transmisi dengan menggunakan satu kabel yang ikut berputar saat kendaraan bergerak. Adapun gerakan putar ini akan dimanfaatkan untuk memberikan tanda kecepatan pada bagian speedometer.

Selain itu, secara elektronika sebagai pengukur kecepatan yang aktif berdasarkan sensor yang ditempatkan pada bagian poros penggerak kendaraan untuk mengetahui jumlah putaran dari poros itu sendiri. Selanjutnya data dikirim ke speedometer dengan bentuk sinyal yang digunakan untuk menggerakkan jarum kecepatan atau menunjukkan kecepatan secara digital.

Diatas adalah ulasan terkait komponen speedometer baik fungsi dan cara kerja. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -