Starter Mobil Tidak Nyangkut: 5 Penyebab Dan Cara Mengatasi

Penyebab Dan Cara Mengatasi Starter Mobil Tidak Nyangkut – Terdapat berbagai kerusakan yang dapat terjadi pada starter mobil salah satunya tidak terhubung ke flywheel atau tidak nyangkut. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor pada kendaraan.

Untuk pengguna kendaraan roda 4, terkadang sering menemui persoalan mobil yang tidak ingin hidup saat distarter. Hal ini sudah pasti bisa membuat gelisah, terlebih jika sedang jauh dari bengkel.

Keluarnya bunyi saat mesin dihidupkan adalah hal yang lumrah. Hal ini ada karena saat mesin mobil dihidupkan, ada perubahan energi dan pergerakan pada komponen mesin. Namun pergerakkan pada motor starter terkadang tidak sempurna.

Motor starter tidak dapat terhubung dengan sempurna dengan bagian flywheel atau roda gila. Untuk lebih jelasnya terkait starter mobil tidak nyangkut baik penyebab maupun cara mengatasi akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

starter mobil tidak nyangkut

Starter Mobil Tidak Nyangkut

Terdapat beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab starter mobil tidak nyangkut diantaranya yaitu:

1. Kerusakan gigi pinion

Penyebab pertama starter mobil tidak nyangkut adalah kerusakan pada pinion gear. Saat merasakan 2 gear pada dinamo starter itu rusak atau aus akan memunculkan suara yang gemeretak.

Ketika suaranya semakin keras maka sebagai tanda kerusakan yang terjadi benar-benar akut. Faktor lainnya biasa terjadi yaitu munculnya suara yang mendesing saat mobil distarter atau mulai dihidupkan. Biasanya bunyi yang mendesing dapat terjadi saat bearing one way yang ada di bagian pinion gear motor starter mengalami kerusakan.

Baca Juga  Pindah Gigi Bunyi Krek Pada Motor: 3 Penyebab & Perbaikan

Hal tersebut sudah pasti akan punya pengaruh terutama pada poros armature yang seharusnya memberikan sebuah putaran untuk pinion gear justru berputar sendiri atau sering disebut dengan starter loss. Kondisi ini akan membuat suara menjadi mendesing, tapi tidak ada tanda bila mesin akan ikut berputar.

2. Tahanan kumparan terlalu berlebih

Selain itu tahanan kumparan yang terlalu berlebih juga dapat menjadi penyebab starter tidak nyangkut. Terutama kesusahan dalam menghidupkan mobil saat mesin mobil pada kondisi yang panas. Tentu hal tersebut karena resistansi kumparan yang jumlahnya semakin besar.

Saat panas mesin terkait bagian body solenoid, karenanya nilai tahanan yang ada pada kumparan akan semakin menjadi membesar. Ini akan punya pengaruh pada arus listrik yang tertahan dan tidak dapat mengalir dengan sempurna ke bagian kumparan. Akibatnya solenoid tidak mampu menarik drive lever untuk menggerakkan pinion agar berhubungan dengan flywheel.

3. Drive lever patah

Kerusakan pada bagian drive lever juga dapat menyebabkan motor starter tidak nyangkut. Bagian ini berhubungan langsung dengan bagian solenoid dan berperan sebagai pengungkit. Ketika bagian ini tidak berfungsi maka tarikan dari solenoid tidak dapat diteruskan ke bagian gigi pinion.

4. Kerusakan mekanisme kelistrikan

Tentunya mekanisme kelistrikan pada motor starter sangat penting. Apabila ada kerusakan pada bagian kabel, sekering, maupun kunci kontak terutama pensuplai arus ke bagian kumparan dapat menyebabkan berbagai masalah diatas.

Baca Juga  Cara Memperbaiki Regulator Kaca Mobil Manual & Penyebabnya

5. Starter clutch loss

Penyebab terakhir yang mungkin terjadi motor starter mobil tidak nyangkut adalah kerusakan pada bagian starter clutch. Pada umumnya bagian ini hanya akan berputar satu arah namun ketika terjadi kerusakan akan dapat berputar dua arah. Akibatnya drive pinion dapat berputar sebaliknya juga ketika berhubungan dengan flywheel sehingga flywheel tidak berputar.

Cara Mengatasi Motor Starter Tidak Nyangkut

Masalah-masalah pada bagian dinamo starter mobil kerap menyebabkan mobil jadi stop bahkan juga mati keseluruhnya. Agar bisa melakukan proses pembaruan maka bisa membawa mobil ke bengkel terdekat dan mobil tentu diperbaharui oleh teknisi terpercaya.

Untuk cara mengatasi motor starter tidak nyangkut tentu perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Dari penyebab kemudian dilakukan proses perbaikan maka masalah akan teratasi. Berikut cara mengatasi permasalahan tersebut yaitu:

  1. Kerusakan bagian motor starter maka perlu dilakukan penggantian.
  2. Apabila mekanisme kelistrikan yang rusak perlu dilakukan pengecekan dan penyambungan pada bagian mekanisme kelistrikan yang putus.

Diatas adalah ulasan terkait starter mobil tidak nyangkut baik penyebab maupun cara mengatasi

Ayo Cilacap - - - -