Odometer Mobil Tidak Jalan: 3 Penyebab Dan Perbaikan

Odometer Mobil Tidak Jalan – Saat merasakan odometer mobil tidak jalan terkadang menimbulkan kebingungan. Hal ini dikarenakan pengukur jarak tempuh tetap bernilai nol. Lalu apa saja penyebab odometer mobil tidak jalan? Bagaimana cara memperbaiki odometer yang tidak jalan?

Panel tanda yang mati bisa menyebabkan resiko tinggi saat berkendaraan. Hal ini termasuk odometer yang mengalami kerusakan. Maka dari itu, harus ketahui beberapa penyebab odometer mobil yang rusak.

Odometer mobil yang rusak umumnya karena ada kerusakan pada beberapa elemen yang memiliki peranan dan dampak keduanya pada performa sisi itu.

Odometer mobil mempunyai peranan dalam memberikan info terkait jarak yang ditempuh. Maksudnya supaya saat berkendaraan, Anda dapat berasa nyaman dan aman. Untuk lebih jelasnya terkait odometer atau speedometer mobil yang tidak jalan baik penyebab dan cara mengatasi akan diulas pada artikel berikut ini.

odometer mobil tidak jalan

Odometer Mobil Tidak Jalan, Penyebab Yang Sering Dijumpai

Tanpa speedometer atau odometer, Anda akan kesusahan untuk mengetahui berapa cepat mobil sedang meluncur. Tanpa info ini, Anda bisa jadi ada di luar kendalian dan alami kecelakaan di saat menikung atau ingin mendahului kendaraan yang lain.

Alat ini tidak cuma dipakai pada mobil tapi juga kendaraan motor seperti sepeda motor, bis dan truck. Tipe dari speedometer ada dua yaitu analog dan digital. Bila analog mekanismenya manfaatkan roda gigi dan kutub roda, speedometer digital manfaatkan komputasi pulsa magnetik dan pulser. Berikut penyebab odometer mobil tidak jalan:

1. Mati Karena Persoalan Mekanisme Kelistrikan

Penyebab odometer mobil tidak jalan yang pertama adalah kerusakan mekanisme kelistrikan. Speedometer atau odometer pada intinya mempunyai jalinan kuat dengan mekanisme kelistrikan mobil. Dengan begitu, bila mekanisme kelistrikan mobil alami masalah, odometer bisa juga terusik atau bahkan juga mati. Untuk memastikan penyebab odometer mobil mati adalah perlu mengecek lajur kabel yang ke arah speedometer atau odometer.

Baca Juga  Indikator Airbag Menyala: 4 Penyebab Dan Ulasan

Pengecekan kabel yang tersambung dengan speedometer harus dilihat. Anda dapat memeriksa apa ada saluran listrik pada kabel itu atau tidak. Bila tidak perlu dilakukan penggantian dengan kabel yang baru. Mekanisme kelistrikan yang konslet umumnya tidak cuma memengaruhi speedometer saja tapi juga elemen lain. Misalkan saja lampu mobil yang berpijar redup atau mobil sulit untuk di-starter.

2. Panel Yang Error Di Speedometer

Selain mekanisme kelistrikan yang rusak, odometer mobil yang rusak juga bisa karena panelnya yang error. Tidak dapat disangkal jika salah satunya faktor yang mengakibatkan speedometer mobil rusak bahkan juga mati keseluruhan yaitu karena panel yang error atau rusak.

Masalahnya bila ada panel speedometer yang rusak, karena itu tanda penunjuk-nya automatis akan mati dan tidak bergerak. Misalkan saja cuman satu panel yang rusak, tetap ini dapat memengaruhi tanda petunjuk. Sekarang ini pengujian keadaan panel speedometer dapat dilaksanakan secara mudah. Anda bisa memakai scan tool untuk ketahui sisi panel speedometer yang alami kerusakan atau error. Alat ini benar-benar berguna untuk mengetahui panel mana yang perlu ditukar.

3. Sensor Speedometer Rusak

Paling akhir penyebab odometer mobil tidak jalan adalah adalah permasalahan pada sensor speedometer atau odometer. Sensor yang ada di sisi transmisi berikut yang berperan besar untuk mengetahui tingkat kecepatan ataupun jarak yang ditempuh kendaraan. Khusus untuk speedometer digital sensor ini umumnya sejenis optik dengan perawatan yang gampang.

Namun sensor yang rusak dapat menjadi odometer mobil tidak jalan. Misalkan saja socket jadi kendur atau transduser yang aus. Mengakibatkan kecepatan mobil juga tidak bisa dijumpai.

Sensor yang rusak memengaruhi hidup lampu cek engine berpijar pada mobil injeksi. Dan untuk kendaraan yang manfaatkan rem ABS, sensor ini terpasang malah di bagian roda mobil.

Bila terletak di roda mobil, karena itu saat rem ABM rusak karena itu sensor alami permasalahan. Anda perlu memeriksa sisi rem ABM sekalian sensor speedometer ini, bila rusak cepatlah membawa ke bengkel sah paling dekat.

Baca Juga  Ciri Ciri Per Kopling Lemah - 4 Efek Dan Perbaikan

Cara Memperbaiki Odometer Mobil Tidak Jalan

Odometer mobil tidak jalan sebenarnya didasari pada tiga faktor khusus yang telah dibahas lewat beberapa point di atas. Karena itu, Anda perlu mengetahui banyak hal yang penting dilaksanakan supaya bisa melakukan perbaikan dengan tepat. Hal tersebut pasti membuat Anda dapat berkendaraan dengan nyaman dan aman.

  1. Janganlah lupa jika Anda perlu memerhatikan sekring yang umumnya tersambung langsung dengan speedometer mobil apabila elemen ini memiliki masalah bahkan juga rusak, karena itu Anda dapat menukarnya sama yang baru.
  2. Ukuran yang tidak demikian besar pasti membuat Anda akan susah mendapatinya. Tapi Anda bisa membawa ke bengkel sah untuk minta kontribusi tenaga pakar supaya ditukar dengan proses yang akurat.
  3. Disamping itu, Anda pun perlu memerhatikan elemen yang memberikan imbas besar pada performa speedometer mobil Anda. Bila bagiannya telah diketemukan, karena itu Anda dapat menukarnya sama yang baru. Coba diskusi dengan tenaga pakar atau membawa ke bengkel untuk lakukan pengujian satu demi satu.
  4. Janganlah lupa lakukan pengujian secara periodik pada mobil Anda secara enteng. Hal itu mempunyai tujuan untuk jaga keadaannya masih tetap sempurna dan dapat dipakai berkendaraan dengan teratur.
  5. Semua pasti punya pengaruh pada ongkos atau waktu. Walau demikian, benar-benar tidak direferensikan untuk mengatasi permasalahan itu sendirian tanpa kontribusi tenaga pakar. Karena, ada elemen yang peka dan tidak dapat diatasi secara asal-asalan.
  6. Kadang bila pengecekan dilaksanakan asal-asalan, maka beresiko memunculkan kerusakan pada elemen yang lain masih berperan normal. Pada akhirnya, Anda dapat alami rugi ongkos atau waktu.

Diatas adalah ulasan terkait odometer mobil tidak jalan baik penyebab maupun cara memperbaiki. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.