Starter Motor Bunyi Cetek Cetek: 5 Penyebab & Ulasan

Starter Motor Bunyi Cetek Cetek – Dalam proses starting menggunakan electric terkadang terdapat berbagai permasalahan, salah satunya starter motor bunyi tek tek. Lalu apa saja penyebab starter motor bunyi cetek cetek?

Salah satunya permasalahan yang umum terjadi ialah permasalahan motor starter bikin cetek bunyinya di saat starting. Yang lebih menjengkelkan sudah pasti ialah mobil tidak berpijar atau hidup dan terus menerus motor starter bikin cetek berjalan. Berikut ulasan terkait penyebab starter motor bunyi cetek cetek.

starter motor bunyi cetek cetek

Starter Motor Bunyi Cetek Cetek

Bunyi tek tek saat distarter datang dari relay starter atau kerap disebutkan dengan bendik starter. Penyebab starter motor bunyi cetek cetek terdiri dari:

1. Battery kurang kuat

Penyebab pertama starter motor bunyi cetek cetek yaitu baterai lemah. Battery atau aki atau accu sebagai penyuplai sumber listrik dari mekanisme kelistrikan starter. Keadaan battery benar-benar punya pengaruh pada performa starter elektrik.

Jika keadaan battery kurang kuat atau rusak karena itu saat starter switch didesak motor starter bisa tidak hidup atau hidup tetapi tidak kuat untuk starter atau cuman bisa aktifkan relay starter saja, hingga jika listrik pada battery cuman bisa aktifkan relay starter saja karena itu saat starter switch didesak cuman akan kedengar bunyi tek tek.

Untuk memperbaiki hal itu karena itu battery harus dicharger jika bisa, tetapi bila tidak bisa dicharger karena itu tukar battery sama yang baru.

Baca Juga  Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas: 9 Faktor Dan Ulasan

2. Kabel putus

Kabel putus dari relay starter ke arah motor starter bisa mengakibatkan bunyi tek tek saat switch starter didesak. Hal itu terjadi karena arus listrik tidak diteruskan ke motor starter hingga motor starter tidak bisa hidup dan cuman kedengar bunyi tek tek saja di bagian relay starter.

Hal itu sebetulnya jarang ada, tetapi jika kabel itu putus karena itu cara melakukan perbaikan dengan cara menyambungkan kabelnya kembali.

3. Sikat starter habis

Sikat starter yang habis dapat membuat munculnya suara tek tek saat switch starter didesak. Dengan kejadian ini maka listrik tidak bisa mengucur ke motor starter hingga motor starter tidak bisa hidup. Selain itu proses starting muncul suara tek tek saja pada relay starter. Cara memperbaiki hal itu bisa dilaksanakan dengan menukar sikat pada motor starter.

4. Relay Starter Rusak

Pada mekanisme starter yang elektrik ada salah satunya elemen motor yang namanya switch atau relay starter. Relay starter mempunyai fungsi-fungsi yang harus dijumpai, karena dalam elemen ini dapat disebutkan untuk buypass. Hingga arus di accu langsung akan mengucur ke tombol starter motor.

Dengan arah untuk dikonsumsi atau langsung tersambung dengan motor starter. Dalam penggunaan relay starter lama akan membuat lilitan menjadi rusak. Akibatnya motor di saat distarter akan mengeluarkan bunyi suara tek-tek. Karena ada dari 2 kabel relay yang putus ke tombol starter.

Baca Juga  Penyebab Magnetic Clutch Tidak Berputar: 7 Faktor & Dampak

5. Motor Starter Yang Tidak Berperan

Ini salah satunya penyebab yang paling akhir saat suara starter pada motor anda mengeluarkan bunyi tek-tek. Penyebab ini biasa muncul karena bostel motor starter yang telah habis. Hal ini dapat membuat starter motor anda akan mengeluarkan bunyi tek tek di saat anda ingin lakukan starter.

Jika bostel pada motor anda habis dan tidak mengeluarkan bunyi tek-tek. Kemungkinan ada sisi yang lain yang kami anjurkan anda memeriksa sisi magnet dinamo starter, massa dan arang dinamo motor yang habis.

Diatas adalah ulasan terkait penyebab starter motor bunyi cetek cetek. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.