Mobil Berdengung Pada Kecepatan Rendah: 9 Faktor & Ulasan

mobil berdengung pada kecepatan rendah

Mobil Berdengung Pada Kecepatan Rendah – Suara pada mesin mobil dapat menjadi salah satu indikator kerusakan pada mesin. Tapi saat suara mesin mobil mendengung secara tiba-tiba, pasti ada persoalan yang ada. Lantas apa penyebab mobil berdengung pada kecepatan rendah?

Sudah pasti penyebab mobil berdengung pada kecepatan rendah tidak bisa ditemui secara cepat. Harus ada pengetesan secara dalam. Bahkan persoalan ini bisa dikarenakan oleh beberapa bagian, bukan hanya mesin saja. Hingga bagaimanakah cara menangani suara mesin mendengung?

Suara berisik dan tidak jelas sering mengganggu konsentrasi saat berkendaraan mobil. Tidak cuma bermula dari ramainya kendaraan di jalanan, suara mengganggu dapat ada dari mobil yang kita kendarai.

Pada umumnya, penyebab suara dengung banyak faktor. Berikut ulasan terkait mobil berdengung pada kecepatan rendah maupun tinggi yang dapat disebabkan oleh beberapa faktor.

mobil berdengung pada kecepatan rendah

Mobil Berdengung Pada Kecepatan Rendah

Terdapat beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab mobil berdengung pada kecepatan rendah ataupun tinggi:

1. Pompa Power Steering Remuk

Seperti yang telah dicatat di atas, terkait mobil mendengung pada kecepatan rendah atau tinggi tidak cuma dikarenakan oleh kerusakan komponen di dalamnya saja.

Satu diantaranya pemicunya adalah pompa power steering remuk. Proses power steering sudah banyak yang menggunakan elektrik. Tapi untuk mobil keluaran lama, masih tetap ada yang menggunakan proses hidrolik.

Proses hidrolik ini yang sering remuk karena ada komponen pompa di dalamnya. Bila kondisinya sudah aus, terhitung segi bantalannya, karena itu ada bunyi mendengung. Suara ini akan muncul dalam kondisi ketika kendaraan berbelok atau steering diputar.

2. Kompresor AC Remuk

Kompresor AC jadi penyebab mobil berdengung pada kecepatan rendah ataupun tinggi. Saat gesekan di antara metal dalam kompresor AC sudah aus, bakal ada suara mendengung. Ada perubahan suara yang bisa terjadi.

Baca Juga  Apakah Aki Kering Bisa Di Cas Atau Diisi Ulang?

Bila Anda mengeset temperatur AC jadi paling dingin, karenanya suaranya akan terdengar betul-betul jelas. Jika diatur ke suhu sedang, bunyinya akan jarang terdengar atau jadi kecil. Semestinya sesegera lakukan pengetesan dalam dibandingkan proses AC tersumbat sampai bisa jebol.

3. Bearing Pulley Mesin Aus

Dalam mesin ada banyak lilitan belt dengan beberapa pulley. Beberapa pulley yang digunakan pada mesin kendaraan yaitu idler, pulley mesin, sampai pulley alternator.

Bila satu diantaranya pulley yang alami kondisi aus, tentu bunyi mendengung ada dan terdengar. Mengapa bisa begitu? Walaupun sebetulnya hanya satu saja yang aus?

Argument pokoknya adalah setiap pulley itu terhubung. Hingga bila ada satu yang aus, akan memberikan dampak ke lainnya.

Apalagi saat mesin baru dihidupkan. Pasti terus terdengar. Tapi bila persoalan bunyi mendengung ini dari pulley, biasanya sulit ketahui apakah sudah aus atau belum.

4. Ban Tidak Rata

Penyebab mobil berdengung pada kecepatan rendah yang lain juga dapat berasal dari Ban mobil itu sendiri. Khususnya saat lewat jalanan yang tidak rata atau tepi jalan tol. Sudah tentu ini tidak perlu Anda kuatirkan.khawatirkan.cemaskan.khawatirkan terlalu dalam kecuali kondisi ban telah alami kerusakan. Harus harus sesegera diganti.

Penyebab ban mobil habis samping bisa membuat ban aus, nah ini bisa saja persoalan. Karenanya, Anda perlu secara periodik mengeceknya.

5. Ban Salah Arah

Ban salah arah bisa timbulkan suara mobil mendengung saat kecepatan rendah maupun tinggi yang dapat mengganggu Anda. Terhitung sebagai faktor eksternal, ban mobil pada dasarnya dibuat dengan 1 arah putaran.

Tapi saat kerjakan putaran ban, bisa ada kesalahan arah putaran ban. Satu diantaranya imbas yang ada adalah suara mendengung, khususnya saat lewat aspal.

Beberapa ciri-ciri ban mobil harus diganti bagusnya setelah pemakaian 3 tahun jika Anda tonton umumnya tambal dan lecet pada ban mobil. Jika rasakan ini, ganti ban mobil Anda sesegera.

Baca Juga  Ciri MAP Sensor Rusak : 10 Gejala Dan Ulasannya

6. Kopel Joint Sudah Aus

Mobil penggerak roda belakang pasti memiliki komponen kutub propeller dan kopel joint. Peran dari kopel Gabung adalah membuat kutub propeller lebih fleksibel.

Hasilnya jadi meneruskan putaran walaupun sudut di antara mesin dan gardan naik turun. Tapi segi ini terhitung cukup mudah aus. Apabila sudah aus, bisa dipertegas ada suara mendengung dari bawah kolong mobil.

7. Bearing Roda Aus

Bearing roda depan sering alami keausan karena kerjanya adalah menahan beban sopiran mobil. Tidak perlu waktu lama, suara mendengung pasti ada secara otomatis. Suara mobil berdengung pada saat kecepatan rendah maupun tinggi ini juga disertai dengan suara gesekan.

8. Gigi Nanas

Disamping itu, penyebab mobil berdengung pada kecepatan rendah juga bisa ada dari crown wheel atau gigi nanas yang ada pada proses penggerak gardan.

Biasanya pemilik kendaraan telat mengganti pelumas gardan sampai komponen ini alami aus. Walaupun sebetulnya, pelumas gardan harus dikerjakan pergantian setiap 40 ribu km.

Apabila komponen ini rusak maka akan timbul suara dengung saat kendaraan melaju di atas 60 km/jam. Pertanda yang terjadi nyaris sama dengan kerusakan yang dikarenakan oleh bearing/laher.

9. Kerusakan Pada Timing Belt

Sementara yang menjadi penyebab mobil berdengung pada kecepatan rendah ataupun tinggi yang terakhir yaitu kondisi timing belt yang sudah rusak atau aus. Kerusakan pada belt bisa menyebabkan munculnya kerusakan lainnya pada komponen mesin kendaraan.

Jika memang ini pemicunya, karenanya jalan keluar hanya satu dengan mengganti belt sama dengan yang baru agar bisa menyelesaikan persoalan.

Di atas adalah pembahasan berkaitan beberapa penyebab mobil berdengung pada kecepatan rendah atau tinggi. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana dan pengetahuan.