Komponen Thermostat: 6 Bagian Dan Ulasannya

Komponen Thermostat – Thermostat adalah komponen penting dalam mesin mobil. Didalam bagian ini tersusun dari beberapa komponen. Lalu apa saja komponen thermostat pada mobil?

Biasanya, thermostat warna keemasan di bagian yang panjang, dan warna perak pada bagian ulirnya. Ukuran kecil, tetapi mempunyai fungsi penting dalam mekanisme pendinginan mesin. Sebuah thermostat terbagi dalam beberapa bagian penting yang memberikan dukungan perannya supaya maksimal. Bagian yang diartikan adalah wax sealed, pegas (spring), valve, dan kontrol hole.

Wax sealed bekerja atur pembukaan bagian tutup thermostat. Pegas untuk kembalikan status katup ke status tutup. Valve mempunyai bagian plat yang berperan sebagai pintu air. Paling akhir, kontrol hole berperanan untuk atur jumlah air dalam water jacket.

Tetapi, sayang ada banyak yang kadang meremehkan fungsi thermostat hingga berani buka penutupnya, atau bahkan juga melepasnya dari mesin. Untuk lebih jelasnya terkait komponen thermostat mobil akan diulas pada artikel berikut ini.

komponen thermostat

Komponen Thermostat

Memiliki bentuk yang kecil, tetapi bagian Thermostat ini memiliki peran penting yang pasti sama-sama terkait satu sama yang lain.

Thermostat terbagi dalam beragam bagian yang mendukung performa dari thermostat. Beragam bagian thermostat itu memiliki fungsi dan pekerjaan masing-masing. Berikut sebagai komponen thermostat mobil yang terdiri dari:

1. Wax

Wax, sebagai salah satunya bagian thermostat yang berperan untuk atur pembukaan katup thermostat lewat peralihan temperatur atau suhu air pendingin atau water coolant.

Baca Juga  Jenis Sistem Pendingin : 4 Macam Dan Ulasannya

2. Spring

Bagian ini memiliki fungsi sebagai untuk kembalikan katup pada keadaan tertutup. Pegas ini berperan untuk menahan katup thermostat buka saat sebelum suhu kerja mesin terwujud.

3. Valve

Valve atau katup, sebagai salah satunya komponen thermostat yang berperan sebagai pintu yang hendak buka dan tutup untuk atur perputaran air pendingin pada mesin kendaraan.

4. Bypass Valve

Bypass Valve atau Katup Bypass, sebagai salah satunya bagian thermostat yang berperan sebagai aliran yang hendak terbuka jika thermostat alami macet atau kerusakan. Tentunya dengan adanya katup ini maka overheating dapat dihindari.

5. Piston

Piston, sebagai salah satunya bagian thermostat yang hendak menggerakkan spring atau pegas pengembali untuk buka katup. Dengan adanya pemuaian wax yang berada di dalam thermostat maka piston akan terdorong untuk membuka katup.

6. Jinggle Valve

Jinggle Valve, sebagai salah satunya bagian thermostat yang mempunyai fungsi untuk tutup saluran udara pada mekanisme pendingin akan suhu kerja dengan cepat terwujud.

Di atas adalah pembahasan berkaitan komponen thermostat mobil. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.