Komponen Komstir Sepeda Motor: 10 Bagian Dan Fungsi

Komponen Komstir Sepeda Motor Dan Fungsinya – Didalam sistem kemudi motor terdapat beberapa bagian salah satunya komstir. Dalam melaksanakan fungsinya, bagian komstir tersusun dari beberapa komponen.

Komstir sebagai bagian terpenting dalam sebuah sepeda motor. Komponen ini jadi penting karena menolong pergerakkan setang setir. Tentu saja komponen yang ini kerap kedengar dalam telinga beberapa pengendara motor.

Dalam penggunaannya terdapat berbagai jenis komstir namun secara umum memiliki konstruksi yang hampir sama. Untuk lebih jelasnya terkait komstir motor baik fungsi, komponen, dan cara merawat akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

komponen komstir sepeda motor

Apakah itu Komstir?

Sebelum mengetahui komponen komstir pada sepeda motor maka perlu diketahui terlebih dahulu terkait fungsinya. Komstir sebagai salah satunya komponen penting dalam kenyamanan berkendaraan di sepeda motor. Untuk beberapa orang Komstir kerap disebutkan bearing pada stir sepeda motor.

Istilah Komstir sendiri datang dari bahasa inggris yaitu “Cone Steer”. Di Indonesia sendiri, komstir pada motor berbentuk pelintasan yang ada bola – bola kecil atau gotri yang sama-sama bergerak. Secara kamus suku cadang motor, komstir adalah komponen garpu depan suku cadang motor yang berada di tangkai stir.

Manfaat komstir sendiri penting dalam kendaraan terutamanya beroda 2. Fungsi komstir sepeda motor ini adalah untuk menyamakan dan memantapkan stang motor dan menimalisasi getaran saat berkendaraan dengan sepeda motor.

Untuk tersebut diperlukan keadaan komstir yang terurus supaya berkendaraan berasa nyaman dan aman. Sayang, karena letak komstir yang terselinap membuat beberapa pemilik motor yang kerap lupa merawat komponen ini.

Baca Juga  Sistem Pengapian Elektronik : Pengertian, Komponen, Cara Kerja

Komponen Komstir Sepeda Motor

Untuk menjalankan fungsinya maka pada komstir motor pada umumnya terbagi menjadi beberapa komponen. Komponen komponen komstir sepeda motor terdiri dari:

komponen komstir sepeda motor

1. Cincin

Komponen komstir pada sepeda motor yang pertama adalah cincin atau ring bagian bawah sebagai perapat dan dasar dari komtir.

2. Seal Debu

Bagian ini berguna agar kotoran dan debu tidak masuk ke dalam bagian bagian komstir terutama pelor.

3. Lingkaran Dalam Bagian Bawah

Komponen komstir sepeda motor ini berfungsi sebagai lintasan peluru baja komstir bagian bawah.

4. Peluru Baja/ Pelor

Komponen komstir motor yang selanjutnya adalah pelor atau peluru baja sebagai bantalan bearing pada kemudi.

5. Lingkaran Luar Bagian Bawah

Bagian ini sama seperti linkaran dalam bagian bawah sebagai lintasan dari pelor atau peluru baja.

6. Lingkaran Luar Bagian Atas

Lingkaran luar bagian atas berfungsi sebagai lintasan dari pelor peluru baja.

7. Peluru Baja/Pelor

Komponen komstir motor yang selanjutnya adalah pelor atau peluru baja sebagai bantalan bearing pada kemudi sisi atas.

8. Lingkaran Dalam Bagian Atas

Lingkaran dalam bagian atas berfungsi sebagai lintasan dari pelor peluru baja.

9. Mur Penyetel

Mur penyetel adalah bagian penting pada komstir sepeda motor yang memiliki fungsi sebagai penyetel kekerasan dari stang atau kemudi.

10. Baut Pengunci

Baut pengunci sebagai pengunci utama agar mekanisme komstir sepeda motor tidak terlepas dari rumah atau tempatnya masing masing.

Baca Juga  Skema Amplifier AC Mobil: Rangkaian Dan Ulasannya

Cara Merawat Komstir Motor

Setelah mengetahui fungsi dan komponen komstir sepeda motor maka perlu diketahui pula cara merawatnya. Lalu, bagaimana perawatan komstir yang benar dan baik supaya sepeda motor aman serta nyaman dikemudikan?

Cara khusus dalam perawatan komstir adalah lakukan pengujian periodik berkenaan kekencangan komstrir. Janganlah sampai komstir terlampau kendur atau terlampau berat karena akan menggangu pengaturan motor. Jika motor semakin banyak dipakai di jalanan yang hancur, karena itu mengatur komstir supaya tidak begitu kuat.

Kebalikannya, bila motor kerap melalui jalan yang mulus, seharusnya komstir ditata lebih kuat. Ingat dengan komstir yang kendur, manuver motor semakin lebih enteng. Sayang, setingan yang terlampau kendur akan membuat komponen bearing bisa lebih cepat aus atau hancur.

Dianjurkan juga supaya mengecek keadaan bearing komstir secara periodik tiap 3-6 bulan sekali. Perawatan bagian ini harus seringkali dilaksanakan saat musim penghujan. Kamu cukup bersihkan tempat komstir dan memberikan oli pelumas pada bagian bearing. Kamu perlu mengecek mangkok dan biji gotrinya. Adakah kerusakan atau pecah sampai timbulnya karat. Ingat jika komstir alami kerusakan cukup kronis, seharusnya langsung tukar satu set berbentuk mangkok dan pelornya.

Disamping itu, untuk menahan komstir hancur, kamu dapat berkendaraan dengan menghindar jalanan yang berlubang dalam. Jauhi juga keadaan jalanan yang becek dan berlumpur karena membuat komstir gampang kotor dan berkarat.

Diatas adalah ulasan terkait komponen komstir sepeda motor, fungsi, dan cara merawat. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.