Cara Membersihkan Knalpot 2 Tak: 13 Cara Dan Ulasan

Cara Membersihkan Knalpot 2 Tak – Dalam proses perawatan kendaraan motor, terutamanya motor dua tak, sudah pasti ada banyak elemen salah satunya knalpot. Knalpot pada motor 2 tak ini perlu dilakukan pembersihan. Lalu bagaimana cara membersihkan knalpot 2 tak?

Walau sebenarnya, knalpot motor 2 tak umumnya perlu memperoleh perhatian lebih dibanding motor injeksi 4 tak saat ini. Mekanisme performa dari mesin motor 2 tak sendiri memakai oli samping. Dimana, pada proses pembakarannya sering tinggalkan sisa kerak di tempat aliran gas buang atau knalpot.

Jika ini didiamkan terlalu lama, sudah pasti bisa banyak kerak yang melekat hingga bisa menghalangi aliran pada tempat knalpot. Dengan demikian, perputaran mesin juga jadi kurang empurna karena ketahan pada bagian atas ingat aliran gas buangnya ditutupi oleh kerak.

Sudah pasti, salah satunya jalan keluar yang terbaik dan efisien untuk menangani hal itu adalah membersihkan knalpot dengan teratur. Untuk lebih jelasnya terkait cara membersihkan knalpot motor 2 tak akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

cara membersihkan knalpot 2 tak

Cara Membersihkan Knalpot 2 Tak

Dalam beberapa pengalaman, sebagian orang memang mempunyai cara tertentu untuk membersihkan knalpot motor 2 tak. Tetapi, ini kali kita akan bersama mendalami cara yang aman dan pas berkaitan dengan cara efisien untuk hilangkan kerak ada knalpot motor 2 tak tanpa menghancurkan susunan chrome sisi dalam atau luar knalpot. Berikut 2 cara utama untuk membersihkan knalpot motor 2 tak:

A. Dengan Compressor

Cara yang paling sederhana untuk membersihkan knalpot 2 tak yaitu menggunakan angin bertekanan dari kompresor.

1. Bebaskan Knalpot dari Motor

Lepas knalpot dari dudukan mesin, selanjutnya pisah tiap sisi supaya gampang membersihkan beberapa komponen knalpot.

2. Membersihkan dengan Semprotan Udara

Gunakan semprotan udara dengan penekanan tinggi untuk membersihkan kerak-kerak tersisa oli yang melekat pada dinding knalpot.

3. Lap sampai Bersih

Sesudah bersih, pakai lap kering untuk membersihkan sisi luar knalpot. Cara di atas termasuk simpel dalam pembersihan knalpot motor 2-tak.

B. Dengan Soda Api

Dengan manfaatkan soda api sebagai bahan khusus sebagai salah satu cara membersihkan knalpot pada motor 2 tak yang paling kotor dan berkerak lekat karena hasil reduksi dari mekanisme pembakaran. Di bawah ini beberapa langkah berkenaan cara membersihkan knalpot 2 tak memakai soda api:

1. Campur Soda Api dengan Air

Hal pertama kali yang harus Anda siapkan dan melakukan pada awal cara membersihkan knalpot motor 2 tak adalah menambahkan soda api sama air pada sebuah bejana atau tempat.

Baca Juga  Cara Mengetahui Frekuensi Remote Mobil & Kloning

Perbedaan di antara soda api dan air adalah 1:2. 1 untuk soda dan 2 untuk airnya. Bila soda 1 ltr karena itu Anda harus menambahkan air bersih sekitar 2 liter. Apabila sudah, aduk sampai soda bersatu rata sama air. Anda dapat mengaduknya dengan memakai kayu. Campuran ini dinilai sangat efektif sebagai salah satu cara membersihkan knalpot 2 tak.

2. Masukan Cairan ke Lubang Knalpot

Jika air dan soda dirasakan telah bersatu karena itu cara seterusnya untuk membersihkan knalpot motor 2 tak yaitu dengan masukkan cairan itu ke dalam lubang selencer knalpot.

Untuk mempermudahnya, Anda dapat memakai corong. Saat masukkan cairan, sebaiknya Anda melakukan secara perlahan-lahan, tidak langsung langsung ditempatkan. Dikit demi sedikit dahulu saja.

3. Yakinkan Cairan Soda Masuk Rata di Dalam Knalpot

Bila memang cairan soda dan air barusan telah ditempatkan karena itu cara selanjutnya untuk membersihkan knalpot 2 tak yang penting untuk Anda kerjakan adalah menggoyang-goyangkan knalpot.

Ini dilaksanakan supaya cairan soda api dan air barusan dapat rata sentuh tiap permukaan atau dinding pada bagian dalam knalpot. Lalu, apa beberapa ciri bila cairan yang berada di dalam knalpot telah rata berkenaan tiap permukaan dinding dalam?

Nach, untuk ketahui dan memberikan keyakinan apa cairan soda api yang telah masuk lewat lubang knalpot telah rata atau memang belum, Anda dapat rasakan dari ada peralihan temperatur panas pada knalpot itu.

Mengapa begitu? Sudah pasti keadaan semacam ini karena knalpot yang terkena cairan soda api automatis akan berasa panas. Ini sudah pasti dipacu dari soda api yang mempunyai karakter benar-benar keras dan panas hingga sanggup membuat sisi permukaan pada knalpot jadi turut panas.

4. Biarkan sebentar sekitaran 10 menit

Biarkan cairan itu dalam knalpot sekitaran 10 menit. Fungsinya untuk pastikan kerak yang melekat pada dinding knalpot terkelupas.

5. Pukul knalpot dengan palu karet

Saat didiamkan sepanjang 10 menit dan telah dingin, pakai palu karet untuk memukul-mukul sisi luar knalpot.

Tidak boleh terlampau keras memukul-mukul knalpot itu. Saat dipukul, kotoran yang melekat pada bagian dalam knalpot akan rontok semua.

6. Yakinkan Kotoran Kerak dalam Knalpot Lenyap

Lalu, cara seterusnya untuk membersihkan knalpot 2 tak adalah pastikan jika kerak yang berada di dalam dinding knalpot mulai terkelupas.

Baca Juga  Cara Mengetahui Kompresor AC Rusak : 7 Ciri, Penyebab, & Perbaikan

Bagaimana kita ketahui jika kerak atau kotoran dalam knalpot telah lenyap? Nach, untuk ketahui hal itu, Anda harus menanti sesaat, sekurang-kurangnya sekitaran 10 menit semenjak pertama kalinya cairan ditempatkan ke selencer knalpot.

Apabila sudah mulai dingin karena itu keadaan itu memberi sebuah tanda-tanda jika proses pembersihan telah usai. Lantas, untuk memperoleh hasil yang optimal, Anda dapat sedikit memukul-mukul selencer pada knalpot motor 2 tak Anda dengan memakai alat tolong palu karet.

Cara ini dipandang cukup efisien agar kotoran dan kerak yang melekat kuat di tempat atau sisi dinding dalam knalpot rontok semua.

Tetapi, satu yang penting dicatat jika saat Anda memukul-mukul selencer knalpot, upayakan tidak boleh terlampau keras. Cukup sedang untuk pastikan jika kerak di bagian dalam knalpot mulai pada rontok semua.

7. Basuh dengan Air Bersih

Jika dirasakan cukup karena itu cara seterusnya pada proses pembersihan knalpot motor 2 tak yang perlu dilaksanakan adalah dengan mencuci knalpot memakai air bersih.

Yakinkan jika air mengucur secara lancar dari sisi ujung depan knalpot sampai ujung belakang knalpot. Ini untuk hilangkan atau buang rontokan kerak yang sudah terkelupas barusan.

Namun, saat dialiri sama air, upayakan tidak boleh memakai air sabun apa saja. Karena malah nanti akan mempunyai potensi memacu munculnya bintik putih akibatnya karena pengendapan sabun yang mengucur pada dinding knalpot.

Satu yang jelas adalah Anda wajib melakukan proses perulangan kembali 3 sampai 4 kali, supaya kotoran dan kerak yang ada pada bagian dalam lubang knalpot betul-betul bersih.

Sudah pasti, perulangan semacam ini dapat dilaksanakan kembali dengan memakai cairan barusan sampai betul-betul tidak ada kerak yang melekat pada bagian dinding knalpot itu.

8. Keringkan

Apabila sudah, cara terakhir untuk membersihkan knalpot motor 2 tak adalah keringkan knalpot yang sudah dibasuh sama air mengucur barusan. Anda tak perlu menjemur langsung knalpot itu. Tetapi, cukup diangin-anginkan saja supaya tidak ada efek yang disebabkan karena panas matahari.

Yang paling penting adalah tidak boleh hidupkan mesin saat keadaan knalpot masih basah atau memang belum kering 100%. Karena, air yang belum kering barusan bila didiamkan mempunyai imbas buruk untuk dinding dalam knalpot pada motor dua tak itu.

Diatas adalah ulasan terkait cara membersihkan knalpot 2 tak. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.