Penyebab Motor Injeksi Mati Saat Digas: 12 Faktor & Cara

penyebab motor injeksi mati saat digas

Penyebab Motor Injeksi Mati Saat Digas – Motor injeksi sering juga terdapat berbagai kerusakan salah satunya mati saat digas. Hal ini dapat terjadi karena beberapa faktor. Lalu apa saja faktor penyebab motor injeksi mati saat digas dan bagaimana cara mengatasi?

Proses injeksi pada motor sudah ditangani dalam jumlah besar, bahkan juga sebagian besar motor yang dibuat, khususnya yang mode terkini telah memakai proses injeksi. Motor injeksi mempunyai beberapa kelebihan bila dibanding dengan proses karburator.

Tapi, untuk perawatannya sendiri mesin dengan proses injeksi memang lumayan susah dan mahal. Jika ada salah satunya elemen hancur karena itu bisa membuat elemen yang lain ikut juga hancur dan membuat mesin motor mati tiba-tiba.

Perawatan teratur harus dilaksanakan untuk jaga keadaan mesin motor injeksi Anda supaya tidak setop. Ada banyak penyebab motor injeksi mati tiba-tiba yang tidak dipandang oleh beberapa orang. Berikut ulasan terkait penyebab motor injeksi mati saat digas dan cara menanganinya dalam artikel di bawah ini.

penyebab motor injeksi mati saat digas

Penyebab Motor Injeksi Mati Saat Digas

Sesuai ulasan sebelumnya, bahwa terdapat beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab motor injeksi mati saat digas, diantaranya yaitu:

1. Perputaran Bak Bahan Bakar Yang Macet

Penyebab pertama motor injeksi mati saat digas yaitu mampetnya saluran sirkulasi bak bensin yang diakibatkan oleh kotoran atau endapan. Apa iya bak bensin ada perputaran udara? Bukan tertutup rapat?

Jika kamu check dengan detil, karena itu secara mudah diketemukan lubang kecil di tutup bak bensin. Itu lubang perputaran yang jaga penekanan udara di bak masih tetap baik.

Jika lubang sampai tertutup, bensin tidak mau turun ke ruangan bakar. Karena itu bisa jadi membuat motor mati tiba-tiba. Bahkan juga semua tipe motor dapat merasainya, terhitung motor matic dan injeksi.

Selanjutnya apa yang penting ditangani? Umumnya lubang perputaran tertutup karena ada kotoran. Mahfum ukuran lubang bak tidak besar . Maka pengendapan pasir memungkinkan untuk menutupnya.

Bila terjadi begitu, seharusnya membuka tutup bak dan bersihkanlah gunakan sikat atau lap kain sampai lubang putaran kembali terlihat. Seterusnya tutup kembali bak bensin dan hidupkan mesin, siapa yang tahu telah aktif kembali.

2. Kekurangan Bahan Bakar

Seterusnya yang dapat menjadi penyebab motor injeksi mati saat di gas adalah kekurangan bahan bakar. Ini umum terjadi dan sudah pasti membuat motor matic mati, motor injeksi mati, bahkan juga motor dengan karburator mati. Janganlah sampai lupa isi bensin, jika tidak ingin motor matic mati tiba-tiba di perjalanan.

Cara mengatasi apabila hal ini terjadi hanya satu yakni selekasnya ke pom bensin paling dekat. Pada saat sebelum motor matic mati dan motor injeksi mati, sebetulnya ada pertanda jika kekurangan bensin. Satu diantaranya motor brebet saat di gas.

Saat saat saat sebelum ke pom bensin, kamu bisa juga check keran reservoir. Umumnya elemen ini ada pada motor karburator seperti Kawasaki W175. Peranan keran reservoir untuk buka stok bensin cadangan dalam bak.

Karenanya jika sampai kekurangan bensin, seharusnya putar dahulu keran itu. Bukan mustahil masih tetap ada tersisa bensin pada tempat cadangan. Cukup buat buat mesin motor dapat aktif kembali sampai ke pom bensin paling dekat. Dibanding harus dorong, pasti benar-benar meletihkan.

3. Busi Lemah

Beberapa tanda busi motor telah mengalami kerusakan yaitu di sisi kepalanya warna hitam pekat Salah satunya yang tersering jadi penyebab motor mati saat di gas adalah keadaan busi lemah. Ini membuat pengapian jadi tidak prima. Hal ini dapat menjadi salah satu penyebab motor injeksi mati saat digas.

Jika ini terjadi, check keadaan busi dengan melepasnya. Tetapi jangan sembarangan, kamu harus percaya diri keadaan mesin sudah sejuk. Dari sisi mempermudah, pencabutan busi saat mesin masih panas mempunyai potensi membuat drat lubang busi cepat aus.

Baca Juga  Cara Membaca Odometer Motor: 2 Prosedur & Ulasan

Jika mesin sudah sejuk, lepas memakai kunci busi. Umumnya tiap motor mempunyai kunci busi yang ada pada tool kit bawaan.

Apabila sudah lepas prima, saksikan sisi kepala busi. Jika hitam pekat, karena itu harus ditukar. Apabila kotor dapat dibersihkan dan diamplas sedikit agar permukaan dapat menghantarkan listrik dengan baik.

4. Bensin Kotor

Penyebab motor injeksi mati saat digas seterusnya yaitu karena kualitas bensin rendah dan kotor. Kualitas rendah pada bahan bakar biasanya menyebabkan timbulnya endapan atau kotoran yang dapat menyumbat saluran bahan bakar. Oleh karena itu usahakan menggunakan bahan bakar yang berkualitas.

Air bisa masuk ke bak bensin, karena hujan. Selanjutnya untuk kotoran yang tercampur bensin. Hal ini dapat menimbulkan karat pada bak bensin.

Dampak paling entengnya motor teras brebet. Tetapi jika kotoran dan air masuk dan bersirkulasi di dalam mesin hasilnya dapat membuat motor matic mati dan motor injeksi mati tiba-tiba. Oleh karena itu perlu dilakukan pengurasan tangki bensin.

5. Mesin Overheat

Penyebab motor injeksi mati dan motor matic mati tiba-tiba saat digas, pemicunya dapat adalah mesin yang overheat (kepanasan). Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor mulai dari oli maupun air radiator.

Umumnya karena perputaran oli dalam mesin mampet. Gesekan yang terjadi dalam mesin tanpa adanya oli dapat menyebabkan temperatur mesin naik seketika. jika panas telah terlalu terlalu berlebih, karena itu mesin motor dapat mati mendadak.

Untuk cara mengatasinya yaitu dengan mengecek jumlah oli melalui stick oli. Apabila kurang dapat diganti atau ditambahkan. Hal ini sama untuk air radiator.

6. Injektor Memiliki masalah

Selain itu penyebab motor injeksi mati saat digas yaitu kerusakan pada injekor. Ini lumrah jika periode gunakan motor sudah capai umur lima tahun atau 50.000 Km. Walaupun begitu, kamu bisa perpanjang umurnya dengan lakukan service teratur yaitu setiap 10000 km.

Injektor perlu dirawat minimum setiap 10.000 Km. Perannya untuk jaga ketepatan debet penyemprotan bahan bakar, sekalian bersihkan dari beragam kotoran.

Jika injektor kotor dan hancur, dampaknya adalah tarikan motor jadi brebet. Apabila kerusakan sudah parah maka perlu dilakukan penggantian.

7. Terjadi Kerusakan Pada Sensor Injeksi

Salah satunya elemen injeksi yang dicheck selanjutnya adalah sensor injeksi. Pada saat terjadi kerusakan pada sensor injeksi karena itu pertanda mesin ingin check engine akan berkedip-kedip. Kerusakan ini akan memanglah tidak selekasnya membuat mesin mati tetapi terkadang check engine akan berkedip-kedip meskipun mesin dapat jalan dengan normal. Tentunya kerusakan pada sensor dapat menjadi penyebab motor injeksi mati saat digas.

Tapi check engine sebagai proses revisi yang automatis ada di proses injeksi yang hendak memberitahu pada Anda bila ada masalah di proses injeksi motor Anda.

Untuk ketahui masalah apa yang sudah ada di motor, Anda memerlukan kontribusi scanner, tapi ada beberapa tipe motor yang bisa memerhatikan skema kedipannya agar dapat ketahui sensor injeksi yang mana hancur.

Pada saat sensor hancur sudah diketemukan, bukan bermakna sensornya betul-betul hancur namun dapat karena perasalahannya cuman ada di socket sensor saja yang tidak klop atau kabel sensor yang telah terkupas sampai putus.

8. Klep Mesin Tertahan

Klep atau katup juga dapat menjadi penyebab motor injeksi mati saat digas. Hal ini dikarenakan klep yang memiliki peranan vital. Material yang dipakai sebagai proses pembakaran seperti udara dan bensin bisa masuk keruang bakar diatur oleh bagian ini.

Sedang material gas hasil tersisa dari pembakaran akan dikeluarkan lewat katup buang. Jika klep tertahan karenanya mengakibatkan klep tidak dapat tertutup dengan rapat sampai pada saat cara kompresi, akan membuat material pembakaran keluar lewat sela klep yang tidak rapat ini.

Klep bisa tertutup karena ada karbon tersisa pembakaran. Karena pembakaran mesin sesegera dapat hasilkan material endapan seperti gas karbon monoksida. Kandungan karbon pada ruang bakar yang berasal dari sisa pembakaran juga dapat menjadi penyebab.

Baca Juga  Letak Dinamo Starter Mio J: Posisi Dan Ulasan

Material yang padat itu bila berjubal klep karenanya secara automatis sanggup membuat klep tidak bisa tertutup secara rapat, ini membuat klep mesin tertahan sampai membuat mesin motor jadi mati.

Permasalahan ini bisa ditangani dengan bersihkan klep mesin. Trik-nya dengan melepaskan klep dari mesin lewat sisi kepala silinder.

9. Saringan Udara yang Telah Terlampau Kotor

Saringan udara pada motor injeksi memang mempunyai peranan yang penting karena bekerja untuk memfilter udara dari debu dan kotoran yang bisa masuk sampai bisa membuat udara yang masuk ke ruangan bakar bisa jadi lebih jernih.

Tapi pada saat saringan udara terlampau kotor akan sesegera dapat mengakibatkan dua masalah, yaitu udara akan terhalang oleh sumbatan dari kotoran yang ada pada atas saringan. Ini akan memberi beban pada mesin dan dapat menjadi penyebab idle motor injeksi bisa mati secara mendadak saat digas.

Kerjakan pembersihan untuk penyaring udara pada jeda 5.000 km pada motor injeksi. Namun langkah terbaik adalah melakukan penggantian secara berkala pada filter yaitu setiap 10000 km.

10. Accu Eror Atau Remuk

Penyebab motor injeksi mati mendadak saat digas adalah akinya yang eror. Jika dalam motor biasa accu hanya digunakan untuk proses starter karenanya untuk proses injeksi berbeda.
Dalam motor yang memiliki proses injeksi, accu berperanan untuk menjaga stabilitas arus listrik motor. Jika accu tekor karenanya tegangan akan turun dan motor jadi mati. Nah untuk jalan keluarnya kamu bisa mengganti baterai accu ini.

11. Fuel Pump Mati

Fuel pump pada mesin injeksi memiliki peran vital yaitu menyuplai bahan bakar motor ke bak saluran bensin. Harus dimengerti andaikan fuel pump tidak bisa bekerja dengan baik akan membuat penekanan bahan bakar dalam motor. Sampai bensin tidak keluar dalam injektor itu. Hal ini dapat menjadi penyebab motor injeksi mati saat digas.

Kamu bisa kenali fuel pump ini berperanan saat terdengar bunyi dengungan dari bak saat kunci kontak pada status ON. Jalan keluarnya kamu harus mengganti fuel pump.

12. Air yang Masuk di Dalam Mesin

Penyebab motor matik injeksi mati saat digas yang terakhir adalah kandungan air pada mesin motor. Dalam permasalahan ini bisa terjadi saat kamu ngotot untuk libas banjir. Air akan masuk melalui filter dan ke ruang bakar sehingga terjadi water hammer.

Cara Mengatasi Motor Injeksi Mati Saat Digas

Setelah mengetahui penyebab motor injeksi mati saat digas maka perlu juga mengetahui cara perbaikan. Untuk memperbaiki motor injeksi yang mati saat digas ada banyak hal yang dapat Anda kerjakan misalkan:

  1. Memakai tipe bahan bakar yang jumlah oktannya sama, karena bila jumlah oktannya berlainan karenanya membuat tersisa karbon yang menimbun pada ruangan pembakaran motor injeksi.
  2. Cara ke-2 yakni pergantian saringan udara motor injeksi pada jeda 8.000 km. Karena saringan udara pencemaran karena kotoran dan debu yang lainnya melekat pada saringan udara ini akan membuat ruangan pembakaran injeksi motor jadi kotor. Saat ruangan pembakaran injeksi jadi kotor, karenanya punyai dampak jelek untuk mesin yang dapat membuat mesin motor stop tiba-tiba atau setop.
  3. Yang ke-3 yakni memberi injector cleaner dengan teratur atau tiap 4.000 km. Sebetulnya ini akan ditangani secara automatis pada saat Anda lakukan service motor secara periodik.
  4. Cara yang paling akhir yakni dengan bersihkan deposit karbon yang ada di proses pembakaran mesin untuk bikin pembakaran jadi prima, mengirit bahan bakar, tambah perform mesin sampai hilangkan engine knocking yaitu suara seperti tembak yang keluar knalpot.

Di atas adalah ulasan terkait penyebab motor injeksi mati saat digas dan cara mengatasinya. Semoga menambah wawasan pengetahuan.