Knuckle Mobil: Fungsi, Gambar, Dan Cara Kerja

Fungsi Dan Cara Kerja Knuckle Arm Mobil – Walaupun jarang-jarang dibahas akan tetapi sebetulnya knuckle arm mobil adalah salah satunya komponen penting dari sebuah mobil. Masalahnya sistem suspensi mobil akan tergantung pada komponen ini. Lantas, apa sebetulnya fungsi dan cara kerja knuckle arm mobil pada sistem suspensi?

Apa lagi, sistem suspensi mobil penting untuk mobil. Fungsinya adalah menekan getaran yang ada saat mobil harus melalui beragam jenis jalanan yang susah dan tidak membuat body mobil bergetar.

Selain itu tanpa adanya bagian ini maka kendaraan akan terganggu karena tidak ada tempat atau dudukan untuk komponen lainnya. Untuk lebih jelasnya terkait fungsi dan cara kerja knuckle arm pada sistem suspensi mobil akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

knuckle mobil

Knuckle Mobil?

Knuckle arm sendiri menjadi satu diantara bagian penting dalam sistem suspensi mobil yang tersambung langsung pada lower arm dan upper arm, dengan ball joint sebagai penyambungnya. Fungsi knuckle arm mobil adalah untuk tempat dudukan dari roda, bearing roda, sampai piranti rem cakram atau tromol.

Karena ada knuckle arm ini, karena itu roda mobil bisa dengan bebas bergerak dan membelok ke semua arah. Dan kebalikannya, jika tidak ada knuckle arm, karena itu gerak roda tidak dapat dikendalikan secara baik atau bahkan juga bisa membelok melalui sudut yang semestinya.

Fungsi Knuckle Arm Mobil

Maka pada intinya fungsi dari knuckle arm yang terdapat pada sistem suspensi mobil adalah sebagai tempat dudukan dari roda, bearing roda, sampai piranti rem cakram atau tromol. Pokoknya adalah dengan adanya bagian ini supaya roda mobil bisa dengan bebas bergerak dan membelok ke semua arah.

Baca Juga  Sensor Panas Vixion: Fungsi Dan Ulasan

Bila tidak berfungsi secara baik, karena itu pergerakan roda tidak dapat dikendalikan secara baik, sesuai sudut yang semestinya. Perawatan dan perbaikan yang penting pada bagian semua kaki kaki mobil perlu dilakukan. Ini karena di antara satu komponen dengan komponen yang lain yang sama-sama saling berkaitan.

Cara Kerja Knuckle Arm

Setelah mengetahui fungsi dari knuckle arm maka perlu pula diketahui cara kerjanya. Cara kerja bagian ini sebenarnya sangat sederhana. Hal ini dikarenakan bagian ini tidak berpengaruh langsung melainkan sebagai suport sebagai tempat dudukan komponen-komponen lainnya.

Sementara untuk kenyamanan pada bagian ini juga diberikan ball joint yang dapat menyesuaikan sudut yang dibentuk oleh komponen ini. Akibatnya berkendara akan lebih nyaman dan stabil.

Gambar Knuckle Arm Mobil

Untuk lebih jelasnya terkait knuckle arm, berikut letak dan gambar dari knuckle arm yang digunakan pada mobil yaitu:
gambar knuckle

Fungsi Bagian Lain Dari Suspensi Mobil

Tidak cuma fungsi knuckle arm mobil saja yang berguna dalam menahan getaran kendaraan, tetapi juga beberapa bagian lain. Lantas, apa bagian itu dan fungsinya dalam suspensi mobil? Berikut bagian bagian lain yaitu:

1. Pegas

Komponen ini sebagai bagian paling penting dari sistem suspensi mobil. Ini karena pegas berfungsi sebagai penyerap semua getaran pada permukaan jalan. Tanpa pegas, karena itu mobil turut bergetar, bahkan juga naik-turun saat melalui jalan berlubang. Ada tiga jenis pegas yang kerap dipakai kendaraan beroda 4, yaitu type coil, daun, dan puntir.

2. Shock absorber

Sama sesuai namanya, shock absorber adalah penyerap kejut dari dampak getaran mobil lewat di jalanan rata. Bagian ini mempunyai pegas yang hendak mempernyerap getaran jalan sekalian kembalikan penekanan yang dia bisa. Maknanya, saat roda melewati tumbukan cukup tinggi, karena itu pegas akan ketekan lebih ku Sebentar sesudah penekanan diberi, pegas akan kembalikan daya balik menggerakkan body mobil ke atas. Dengan demikian, berkendaraan juga masih tetap nyaman.

Baca Juga  7 Keunggulan Rem Cakram Dan 5 Kekurangannya

3. Lower arm

Selainnya fungsi knuckle arm, ada pula lower arm yang pastikan roda kendaraan dapat mengarah ke atas dan bawah. Bagian ini berfungsi sebagai lengan suspensi yang menyambungkan bagian roda dengan mobil. Tetapi, di antara lower arm dan body kendaraan disambungkan lewat engsel. Akhirnya, komponen juga dapat bergerak secara vertikal.

4. Ball joint

Ball joint adalah engsel yang bisa berputar-putar ke semua arah dengan sudut 360 derajat. Berada pada ujung lower arm yang tersambung dengan roda, ball joint berfungsi pastikan roda supaya sanggup mengarah ke semua arah. Terutamanya suspensi depan di mana roda selainnya harus dapat mengarah ke atas bawah, ke kiri dan kanan.

5. Stabilizer bar

Saat roda membelok, karena itu body mobil condong cenderung ke luar karena terserang gaya sentrifugal. Nach, fungsi stabilizer bar adalah menyamakan di antara roda kiri dan kanan dengan body. Komponen ini juga jaga ketidaksamaan ketinggian di antara roda kiri dan kanan.

6. Strut bar

Strut bar adalah lengan yang menyambungkan stabilizer bar dengan tabung shock absorber. Fungsinya untuk pastikan supaya roda sanggup bergerak vertikal atau membelok tanpa terhalangi stabilizer bar Pada strut bar, ada ball joint yang membuat stabilizer bar sanggup bekerja pada sudut berapa saja.

Diatas adalah ulasan terkait fungsi dan cara kerja knuckle arm pada sistem suspensi mobil. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -