soket kiprok jupiter z

Warna Kabel Kiprok Jupiter Z (Yamaha) : 4 Kabel Dan Rangkaiannya

Warna Kabel Kiprok Jupiter Z -Didalam kiprok terdapat soket yang terdiri dari beberapa jalur yang mempunyai warna kabel berbeda. Setiap warna kabel memiliki fungsi yang berbeda. Lalu apa saja warna kabel kiprok jupiter z?

Kiprok atau dapat disebut regulator ini mempunyai ukuran relatif kecil, munkin ukuran kiprok sepeda motor yang terbesar lebih kurang sama dengan buntel rokok, tetapi part ini memiliki peran penting, apabila terjadi kerusakan pada kiprok dapat menyebabkan mekanisme kelistrikan sepeda motor anda memiliki masalah lumayan serius.

Sama seperti yang telah kita catat awalnya, peranan kiprok yang pertama sebagai elemen geprekabil arus liatrik dari sepul yang ke arah accu motor. Tegangan arus listrik yang masuk pada accu motor telah di sepertikan menurut kemampuan volt dan ampere yang ada pada sepeda motor. Biasanya mekanisme kelistrikan yang berada di indonesia ialah 6volt dan 12 volt.

Seterusnya peranan kiprok yang ke-2 adalah sebagai pengubah arus listrik AC (alternating current) dari spul sepeda motor jadi arus DC (direct current). Arus DC ini yang selanjutnya di taruh oleh accu motor dan di tebar untuk keperluan mekanisme beban seperti, klakson, lampu sein, elektrik stater, lampu khusus, dan lampu kontrol spedometer motor.

Soket Kiprok Motor Jupiter Z

Soket dan warna kabel sepeda motor biasanya tidak sama, baik itu soket kiprok motor honda, soket kiprok motor yamaha, soket kiprok motor suzuki dan soket kiprok motor kawasaki, tetapi mekanisme kerjanya dapat di ngomong sama, apabila anda cermat dan cermat anda bisa juga mengkanibal kiprok dari kiprok motor yang lain beda merek. Misalkan kiprok motor honda di pasang pada motor yamaha atau kebalikannya.

Baca Juga  Cara Membuka Jok Motor Vario : Dengan Kunci Dan Tanpa Kunci

Sebagai tutorial anda bila akan mengkanibal kiprok dari motor yang berbeda merek. Warna kabel kiprok memiliki peran yang berbeda. Kesempatan ini saya akan menerangkan bagaimana triknya untuk merangkum kabel bodi untuk jalur pengapian pada sepeda motor yamaha jupiter z yang memiliki kesamaan dengan mio lama,dan vega r. Untuk lebih jelasnya berikut warna kabel kiprok jupiter Z.

soket kiprok jupiter z

Warna Kabel Kiprok Jupiter Z

Ke-3 motor yaitu jupiter z, mio lama, dan vegar r itu berpedoman mekanisme pengapian arus DC maka bila anda merangkumnya seharusnya di kenakan aki pada motor itu, agar arus yang keluar dan mengairi CDI akan murni arus searah atau arus DC, sesungguhnya tanpa aki juga motor itu tetap dapat hidup tapi bila penggunaan dalam periode panjang akan menghancurkan CDI. Warna kabel yang dari spull ada 4 warna yaitu:

warna kabel kiprok jupiter z

1. Warna Putih

Kabel warna putih pada jalur kiprok merupakan kabel dari pulser yang berfungsi sebagai arus positif pulser.

2. Warna Hitam

Kabel warna hitam pada kiprok berfungsi sebagai kabel massa.

3. Kabel Warna Kuning

Sedang kabel kiprok jupiter z warna kuning digunakan untuk lampu depan, lampu senja dan lampu seri belakang.

4. Kabel Merah

Pada kiprok jupiter z, kabel warna merah memiliki fungsi sebagai sumber listrik (12 V) yang berasal dari baterai.

Diatas adalah ulasan terkait warna kabel kiprok jupiter z yang dapat juga digunakan pada motor yamaha mio, dan vega r. Semoga bermanfaat.

Baca Juga  Penyebab Mobil Digas Malah Mati : 4 Penyebab & Ulasannya

Join the discussion