Ciri Ciri Thermostat Vario 125 Rusak: 6 Ciri Dan Perbaikan

Ciri-Ciri Thermostat Vario 125 Rusak Dan Cara Mengatasi – Ada banyak bikers yang belum memahami ciri ciri thermostat motor yang rusak terutama pada motor honda vario 125. Hal ini karena pada umumnya honda vario 125 telah dilengkapi dengan komponen radiator.

Untuk mengetahui thermostat terutama pada motor vario 125 yang rusak rupanya mudah dan tidak perlu pembongkaran mesin. Di saat posisi awal, katup yang berada di thermostat akan menutup lajur air radiator yang menuju ke arah radiator.

Katup di thermostat akan membuka secara perlahan lajur air radiator ke arah radiator saat temperatur mesin mencapat 80 sampai 100 derajat celcius. Dampaknya air radiator yang panas dan semestinya disalurkan ke radiator untuk didinginkan, cuma bersirkulasi di mesin saja.

Hal ini tentu akan menyebabkan berbagai kerusakan mesin dan menimbulkan gejala tertentu. Untuk lebih jelasnya terkait ciri ciri thermostat vario 125 rusak dan cara mengatasi akan diulas lebih dalam pada artikel berikut.

ciri ciri thermostat vario 125 rusak

Ciri Ciri Thermostat Vario 125 Rusak

Terdapat beberapa ciri ciri thermostat pada motor terutama vario 125 rusak diantaranya yaitu:

1. Temperatur Mesin Tinggi

Ciri ciri pertama thermostat motor rusak terutama vario 125 adalah temperatur mesin tinggi. Pada keadaan mesin hidup dan telah panas, bila radiator tidak turut panas itu tanda jika perputaran coolant tidak bersirkulasi di antara mesin dan radiator. Jika thermostat tidak berfungsi sebagaimana mestinya, karena itu jalan keluarnya perlu selekasnya dilakukan penggantian supaya mekanisme pendingin cairan di motor normal kembali.

Baca Juga  Penyebab Persneling Mobil Tidak Bisa Masuk: 11 Faktor & Perbaikan

2. Perfoma mesin menurun

Keadaan mesin overheat dapat membuat performa turun bahkan juga dapat membuat mesin jebol dan perlu dilakukan proses perbaikan. Thermostat sendiri bukan elemen yang mudah rusak, karena itu peristiwa semacam ini biasanya cuma terjadi di beberapa motor yang umur pemakaiannya telah di atas lima tahun.

3. Thermostat terbuka pada suhu ruangan

Gejala lain thermostat motor rusak terutama vario 125 adalah kondisi katup selalu terbuka. Thermostat dengan keadaan normal, pasti selalu tertutup pada suhu ruangan. Bila kebalikannya, itu memiliki arti terjadi permasalahan pada bagian tersebut.

Jika sudah terjadi tidak ada sesuatu hal yang lain dapat dilaksanakan selain menukar thermostat mobil dengan yang baru.

4. Thermostat macet

Selain itu tanda lain thermostat motor vario 125 rusak adalah macet. Bila yang sebelumnya thermostat langsung terbuka saat masih dalam suhu ruang maka sekarang sebaliknya. Di mana suhu cukup tinggi bahkan juga sampai mencapai temperatur 90 derajat celcius thermostat masih tertutup.

Hal ini akan membuat keadaan di mana aliran air dalam radiator tidak dapat bersirkulasi dan membuat mesin masih tetap pada kondisi panas. Cara menanganinya adalah dengan menukar elemen tersebut.

5. Performa mesin maksimal perlu waktu yang lama

Hal ini masih terkait dengan ciri yang pertama barusan, di mana bila thermostat rusak atau terus-terusan terbuka bisa juga membuat mesin lama mencapai suhu kerjanya.

Baca Juga  Ciri-Ciri Thermostat Vixion Rusak: 7 Gejala Dan Perbaikan

Keadaan ini dapat membuat temperatur kerja mesin tidak bisa terwujud. Pada keadaan ini, dapat membawa mobil ke bengkel dan langsung minta montir supaya dilakukan penggantian thermostat.

6. Boros bensin

Ciri ciri terakhir dari thermostat motor terutama vario 125 rusak yaitu boros bensi. Hal ini karena temperatur mesin yang tetap pada kondisi rendah, hingga konsumsi bahan bakarnya jadi lebih banyak. Maka perlu dilakukan penukaran thermostat atau mesin bisa jadi tidak tahan lama dan mendapatkan permasalahan yang semakin besar.

Cara Mengatasi Thermostat Motor Rusak

Setelah mengetahui ciri ciri thermostat motor terutama vario 125 rusak maka perlu dipahami pula cara mengatasinya. Cara mengatasi yang pertama yaitu mengecek keadaan thermostat motor yang rusak ada jurus gampangnya dan tak perlu dilaksanakan proses pembongkaran mesin. Di saat posisi awal, katup yang berada di thermostat akan mentutup lajur air pada yang menuju ke arah radiator.

Katup di thermostat akan membuka secara perlahan lajur air yang ke arah radiator saat temperatur mesin mencapai 80 sampai 100 derajat celcius.

Jika Thermostat rusak, katup tidak terbuka walau temperatur mesin telah capai temperatur 80 bahkan juga 100 derajat celcius.

Diatas adalah ulasan terkait ciri ciri thermostat vario 125 rusak dan cara mengatasi. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -