Cara Membersihkan Kondensor AC Mobil: 5 Prosedur & Ulasan

Cara Membersihkan Kondensor AC Mobil – Cara membersihkan kondensor AC mobil bisa disebutkan sebagai suatu hal yang tidak biasa untuk orang pemula dan diperlukan ketrampilan khusus. Jika ingin membersihkan kondensor AC mobil, yakinkan jika Anda pahami benar mengenai sangkut-paut AC mobil supaya tidak menghancurkan elemen yang lain. Lalu bagaimana cara membersihkan kondensor ac

Salah sedikit saja saat membersihkan kondensor AC mobil, bisa jadi AC mobil AutoFamily jadi tidak dingin benar-benar atau bahkan juga jadi bising.

Kondensor AC mobil ini menjadi satu diantara elemen AC yang gampang kotor. Hingga, Anda harus tahu cara membersihkan kondensor AC mobil. Jika Anda tidak menjaga dan membersihkan kondensor AC mobil secara periodik. Karena itu, akan ada banyak risiko yang disebabkan karena kotornya kondensor AC mobil. Satu diantaranya adalah AC mobil tidak dingin sampai AC mobil keluarkan suara berisik.

Risiko-resiko itu memang disebabkan karena kotoran yang menimbun di bagian kondensor. Karena, fungsi kondensor AC mobil ini benar-benar penting. Jika kotoran itu mengakibatkan kerusakan. Karena itu, Anda harus menukar kondensor AC mobil yang sudah hancur dengan kondensor AC mobil baru.

Agar lebih pahami berkenaan cara membersihkan kondensor AC mobil, pertama kali Anda harus ketahui lebih dulu apa itu kondensor AC mobil. Silahkan baca ulasannya di bawah ini.

cara membersihkan kondensor ac mobil

Apa Itu Kondensor AC Mobil?

Kondensor pada AC mobil AutoFamily mempunyai wujud silinder kecil yang terbagi dalam beberapa lembar kertas. Kertas-kertas itu dibuat dari timah yang digulung secara ketat sampai membuat silinder.

Kondensor mempunyai fungsi yang penting dalam mobil untuk mengganti temperatur panas jadi temperatur dingin. Bagaimana triknya?

Baca Juga  Penyebab Motor Ngebul : 8 Penyebab Dan Ulasan

Maka kondensor akan melepas zat gas yang hendak diterima oleh freon AC, selanjutnya elemen itu akan menggantinya jadi zat cair. Zat cair itu terus akan disalurkan sampai pada akhirnya sampai di bagian expansi valve dan mengeluarkan temperatur dingin dari AC mobil AutoFamily.

Lalu, kenapa kondensor AC mobil perlu dibikin bersih? Ini sudah pasti karena jumlahnya kotoran seperti debu yang diserap oleh kondensor dan pada akhirnya terikut ke arah freon AC mobil hingga kondensor perlu kerap dibikin bersih.

Cara Membersihkan Kondensor AC Mobil

Perlu Anda kenali, cara membersihkan kondensor AC mobil ini bisa Anda kerjakan dengan berdikari di rumah tanpa perlu bawa ke bengkel paling dekat. Karena, membersihkan kondensor AC mobil ini nyaris serupa dengan cara membersihkan intercooler AC mobil. Untuk itu, inilah tahapan-tahapan dalam membersihkan kondensor AC mobil secara berdikari. Salah satunya adalah seperti berikut :

1. Siapkan Perlengkapan Bongkar AC Mobil

Pertama kali cara membersihkan kondensor ac mobil, Anda harus menyiapkan lebih dulu beberapa perlengkapan yang dipakai untuk membedah AC mobil. Seperti, kunci inggris, kunci cocok, atau kunci soket. Selainnya itu, siapkan kain lap bersih untuk mengusung kondensor AC mobil.

2. Bedah AC Mobil dan Mencari Kondensor AC Mobil

Sesudah semua perlengkapan sudah disiapkan. Karena itu, bedah AC mobil dan mencari sisi kondensor AC mobil. Selanjutnya, bebaskan kondensor AC mobil untuk dibikin bersih. Yakinkan pengangkatan kondensor AC mobil ini dilaksanakan dengan berhati-hati.

Jika kondensor AC mobil jatuh atau tertusuk benda secara tidak menyengaja. Karena itu, Anda harus menukar kondensor AC mobil hancur dengan kondensor AC mobil yang baru.

Baca Juga  Perbedaan Aki Kering dan Basah : 6 Perbedaan

3. Semprot Kondensor AC Mobil Dengan Air

Jika Anda sukses mengusung kondensor AC mobil. Karena itu, cara seterusnya adalah pakai semprotan yang berisi air untuk menyemprotkan bagian-bagian dari kondensor AC mobil. Yakinkan Anda memakai air bersih yang dari air keran atau air mineral.

Lalu, tidak boleh memendam kondensor AC mobil ke rendaman air sabun. Karena, hal itu bisa menghancurkan fungsi dari kondensor AC mobil Anda. Sesudah proses penyemprotan sudah usai.

Karena itu, keringkan lebih dulu kondensor AC mobil. Lihat lebih dulu. Jika kondensor masih kotor, karena itu Anda bisa memakai kuas untuk membersihkan sisi kondensor yang kotor.

4. Memasangkan Kembali Kondensor AC Mobil

Bila kondensor AC mobil terlihat bersih dari kotoran atau debu. Karena itu, prosedur membersihkan kondensor AC mobil yang selanjutnya adalah memasangkan kembali lagi ke AC mobil. Cara memasangkan kondensor AC mobil ini sama dengan cara melepasnya. Anda bisa memakai kunci cocok atau kunci soket untuk kencangkan baut kondensor AC mobil.

Kondensor AC mobil sebagai salah satunya bagian utama untuk sistem pendingin AC mobil. Karena, kondensor ini berperan sebagai pengubah zat gas freon jadi zat cair. Selainnya itu, kondensor AC mobil ini berperan sebagai pengubah temperatur panas jadi dingin.

5. Mengisi kembali Freon

Langkah terakhir prosedur untuk membersihkan kondensor ac mobil adalah mengisi kembali freon. Proses pengisian perlu dilakukan oleh tenaga ahli. Namun apabila ingin mencoba membutuhkan alat khusus.

Diatas adalah ulasan terkait cara membersihkan kondensor ac mobil. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Join the discussion