Cara Mundur Mobil Matic: 16 Prosedur Dan Ulasan

Cara Atau Prosedur Mundur Mobil Matic – Cara mundur dengan menggunakan mobil konvensional tentu lebih mudah dibandingkan dengan mobil matic. Hal ini dikarenakan pada mobil matic perlu diketahui beberapa point terutama bagi pemula.

Untuk pemula yang baru mempunyai kendaraan, memakai mobil matic memanglah tidak akan sesulit dibanding transmisi manual. Walau demikian, saat sebelum memakainya, kamu masih tetap harus mengetahui cara menyopir mobil matic terutama untuk posisi mundur.

Janganlah sampai kamu alami kecelakaan saat berkendaraan, karena itu perlu ongkos pembaruan yang cukup banyak dan ongkos penyembuhan bila kamu cedera. Asuransi mobil penting dipunyai terutama untuk kamu yang baru belajar kemudi mobil matic atau manual.

Cara mundur mobil matic sangat gampang. Hal ini tidak berbeda jauh dengan cara berpindah gigi mobil matic. Untuk lebih jelasnya terkait cara mundur pada mobil matic akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

cara mundur mobil matic

Cara Mundur Mobil Matic

Permasalahannya, posisi mundur gunakan mobil matik perlu dikuasai karena manuver ini akan sering dipakai. Berikut beberapa prosedur atau cara untuk mundur pada mobil matic diantaranya yaitu:

1. Selalu Check Dulu Kondisi Sekitaran Mobil

Cara mundur dengan mobil matic yang pertama yaitu cek kondisi sekitar. Check kondisi sekitar mobil alias kerjakan “360 degree check”. Jangan hanya menyaksikan gunakan spion luar dan dalam saja, tapi Anda perlu melihat ke kanan, ke kiri, dan belakang untuk saksikan secara langsung kondisi di sekitar mobil.

Permasalahannya ada tempat di sekitar mobil yang tidak terlihat dari spion alias blind spot.

2. Status Tubuh Pengemudi

Cara selanjutnya untuk mundur pada mobil matic yaitu putar sedikit badan arah ke kiri sedikit, kepala melihat ke bahu, dan mata menyaksikan ke kaca belakang. Usahakan mata menyaksikan jauh ke belakang mobil. Pengemudi perlu di status ini sejauh mobil mundur.

3. Geser Tuas Transmisi Otomatis ke R

Sekaligus kaki kanan pencet pedal rem, geser tuas transmisi ke status R atau Reverse (Mundur). Tunggu 1-1,5 detik untuk yakinkan proses engagement gigi transmisi matik terjadi dengan sempurna.

4. Kontrol Gerakan Mobil dengan Pedal Rem Saja

Sekaligus tetap menyaksikan ke belakang, angkat perlahan-lahan kaki kanan dari pedal rem dan mobil akan mulai bergerak mundur. Di sini Anda tidak perlu pencet pedal gas, biarkan mobil mundur pelan-pelan.

5. Selalu Check Kondisi Sekitaran

Saat cara mundur pada mobil matic ini dilakukan maka sikap badan pengemudi masih tetap diputar sedikit arah ke kiri, kepala melihat ke bahu, dan mata menyaksikan ke kaca belakang. Tapi, Anda terkadang melihat ke kanan, kiri, depan mobil, dan kaca spion luar untuk menyaksikan kondisi sekitar kendaraan.

Baca Juga  Ciri Ciri Segitiga Motor Bermasalah: 6 Gejala Dan Ulasan

6. Posisikan Mobil

Cara terakhir untuk mundur pada mobil matic adalah memposisikan mobil. Untuk memposisikan mobil saat mundur Anda tinggal memutar setir saja. Saat Anda ingin mobil mundur ke kanan, karenanya setir harus diputar ke kanan.

Bila ingin belok kiri, karenanya setir harus diputar ke kiri. Paling penting Cara mundur mobil matic:

Tuas pada status P, injak pedal rem dan nyalakan mesin. Biarkan sebentar, agar mesin mobil cukup panas. Lalu tujukan tuas ke D1 jika ingin maju, atau ke R jika ingin mundur, sekaligus capai pedal rem. Pelan-pelan, pijakan pada rem diangkat sesedikit-sedikit agar kendaraan bergerak.

Proses Mundur Untuk Mobil Matic

Setelah mengetahui prosedur atau cara mundur pada mobil matic diatas secara lebih sederhana cara mundur untuk mobil matic yaitu:

  1. Pijak pedal rem dengan kaki kanan
  2. Alihkan tuas persneling ke status R
  3. Bebaskan rem tangan lebih dulu bila rem tangan aktif.
  4. Melepas perlahan-lahan pedal rem agar mobil dapat bergerak mundur sendirinya
  5. ila tenaga mobil kurang dan mobil tidak ingin mundur (mundur di status tanjakan), tambah gas dikit demi sedikit supaya mobil dapat jalan mundur.

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Mundur Dengan Mobil Matic

Setelah mengetahui cara mundur pada mobil matic maka perlu diperhatikan pula point point lain diantaranya yaitu:

1. Mengetahui mekanisme persneling mobil matic

Pada mobil matic, ada dua tipe transmisi matic yaitu transmisi Continuous Variable Transmission (CVT) dan transmisi AT atau Automatic Transmission. Bila mekanisme transmisi CVT mobil manfaatkan puli dan sabuk baja, AT manfaatkan torque converter.

Pada AT memakai penekanan oli yang datang dari valve bodi dari transmisi automatis yang berperan untuk menggerakan input shaft.

2. Dalami makna persneling

Cara menjalankan mobil matic yang terpenting yaitu pahami makna persneling yang jadi mekanisme peralihan transmisi gigi. Biasanya code persneling mobil matic bermacam, ada lambang huruf yaitu P-R-N-D-L.

Bahkan juga, pada beberapa mobil matic ada pula tambahan code persneling mobil matic berbentuk digit angka 1, 2 dan 3.

Berikut makna persneling matic yang harus dijumpai:

  • P (Parking), bermanfaat untuk mengamankan transmisi supaya mesin mobil tidak bisa bergerak. Tetapi, transmisi P bukan untuk rem parkir karena ban bisa bergerak, tetapi tidak pada mesinnya. Code persneling mobil matic P, dipakai bila mobil ingin parkir atau stop lama.
  • R (Reverse), bermanfaat untuk gerakkan mobil. Sama seperti namanya, reverse bermanfaat untuk menolong mobil mengarah ke belakang atau mundur.
  • N (Neutral), bermanfaat sebagai code mobil masuk ke kondisi netral dan tidak mengamankannya hingga saat rem parkir tidak aktif, mobil matik bisa digerakan maju dan mundur walau cuma didorong.
  • D (Drive), bermanfaat saat mobil bergerak atau meluncur di jalan yang agak miring. Transmisi D tidak dapat dipakai untuk jalanan yang naik.
  • Angka 2, bermanfaat saat melalui jalanan naik. Transmisi 2 biasa dipakai saat engine brake turunan, tetapi bukan yang terlampau terjal.
  • Angka 3, bermanfaat mengontrol mesin untuk batasi rasio sampai gigi 3 saja.
  • L (Low) atau umumnya pada mobil matic disetarakan dengan code angka 1, bermanfaat untuk memerintah mesin memakai gigi rendah atau batasi di gigi 1 saja.
  • M (Manual) umumnya cuma ada di sejumlah type mobil. Dengan code ini, saat tuas transmisi ditujukan ke code M, karena itu mobil akan bekerja seperti mobil manual yang ada speed giginya.
  • Shift Lock yang ada di mobil matic terkini, berperan sebagai pengunci tuas transmisi untuk geser tuas persneling dari P ke N, walau mobil dalam kondisi mati atau mungkin tidak dihidupkan.
Baca Juga  Odometer Mobil Tidak Jalan: 3 Penyebab Dan Perbaikan

3. Kuasai sejumlah fitur didalamnya

Selain tuas transmisinya, kamu harus mengenal dan kuasai pemakaian sejumlah fitur yang dipasangkan pada mobil matic yang kamu punyai. Dimulai dari lampu depan, lampu sign, tombol wiper, spion, dan beberapa tombol yang lain.

Dengan menguasai semua feature mobil, karena itu kamu akan terlatih dan bisa memengaruhi pengendalian pada mobil matic yang kamu punyai.

4. Coba latihan konsentrasi

Dari segi psikis, kamu menyiapkan dengan masak. Salah satu cara menjalankan mobil matic adalah dengan latihan konsentrasi supaya terbebas dari rasa cemas dan grogi.

Apa lagi cara kerja mobil matic yang tidak menggunakan kopling yang dapat mengakibatkan kendaraan dapat melaju dengan tidak terkendali bila pengendara tidak menguasainya. Berlainan dengan mobil manual yang masih disokong oleh kendalian kopling yang dapat kurangi kecepatan kendaraan saat kamu grogi.

Diatas adalah ulasan terkait cara mundur pada mobil matic. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.