Feed Pump Adalah: Fungsi, Komponen, & Cara Kerja

Feed Pump Adalah – Mobil memiliki banyak komponen didalamnya, satu diantaranya adalah feed pump pada mesin diesel. Komponen ini disebutkan bernama fuel suplai pump atau priming pump. Lalu pengertian feed pump adalah?

Ada argumen kenapa komponen itu disebutkan priming yaitu karena perannya sebagai penyuplai bahan bakar selanjutnya dilanjutkan ke bagian injection pump (pompa injeksi). Komponen yang kita ulas ini kali memiliki 2 tipe yang disamakan dengan type dari pompa injeksi yaitu type in-line dan distributor.

Terkait lebih jelasnya mengenai informasi feed pump adalah baik fungsi, komponen maupun cara kerja akan diulas pada artikel berikut ini. Berikut ulasannya:

feed pump adalah

Fungsi Feed Pump

Fungsi dari feed pump pada mesin diesel adalah untuk ambil bahan bakar diamankan dan diteruskan ke bagian pompa injeksi. Tetapi saat sebelum pendistribusian dilaksanakan lebih dulu bahan bakar disaring lewat filter solar.

Untuk letak dari feed pump adalah pada pompa injeksi untuk yang kerjanya ditolong oleh tenaga yang dibuat oleh camshaft (kutub nok). Bukan hanya dapat ambil bahan bakar saja, tetapi komponen itu dapat hilangkan udara pada mekanisme bahan bakar yang tidak dibutuhkan.

Di saat terjadi permasalahan pada bagian pompa injeksi karena itu hal itu dibutuhkan. Tetapi jika feed pump perannya terusik karena itu menjadi pemicu mobil tiba-tiba mati. Meskipun terlihat sama, tetapi komponen feed pump pada mesin diesel tidak terpindahkan. Argumennya adalah untuk komponen pompa injeksi tidak bisa lakukan pengisian cukup pada ruangan bahan bakar saat mobil dikendarai dalam kecepatan yang tinggi.

Baca Juga  Fungsi Magnetic Clutch, Komponen, Dan Cara Kerjanya

Komponen Feed Pump

Jadi feed pump memiliki beberapa komponen khusus yang membuatnya hingga bisa lakukan performanya dengan maksimal. Berikut komponen feed pump:

1. Feed pump Piston

Komponen pertama kali yang Membuat feed pump adalah torak atau piston. Dengan memercayakan komponen ini membuat bisa mengisap bahan bakar yang ada di bak. Fungsi dari piston sendiri adalah untuk memberi penekanan udara di bagian bak penyimpanan hingga masuk ke keadaan vakum selanjutnya bahan bakar dapat dihisap masuk.

2. Cek valve

Fungsi komponen ini adalah untuk alat menahan penekanan dari arah bersimpangan yang dapat berefek membuat saluran balik atau blackflow.

3. Filter Solar

Fungsi filter solar adalah untuk memfilter bahan bakar saat sebelum salurkannya ke pompa injeksi . Maka bahan bakar yang masuk ke keadaan bersih.

Cara Kerja Feed Pump Pada Mesin Diesel

Masuk ulasan cara kerja feed pump, untuk prosesnya masih menggunakan konservatif dan perlu tenaga manusia. Maka feed pump bisa lakukan performanya tuliskan penekanan diberi pada pump handle dan feed pump menanggapinya. Di saat pump handle didesak karena itu bisa terjadi pengurangan pada diafragma mekanisme bahan bakar.

Selanjutnya bahan bakar bisa mengucur karena outlet cek valve pada keadaan terbuka. Tetapi pada bagian lain saluran listriknya dihindari dengan tutup inlet valve. Begitu juga saat handle pump dilepaskan karena itu diafragma akan bergerak dan kembali lagi ke tempatnya hingga keadaan itu jadi vakum. Akibatnya outlet cek valve menutup dan inlet valve jadi terbuka. Ruangan pompa injeksi akan dimasuki oleh bahan bakar.

Baca Juga  Fungsi PCV Valve (Positive Crankcase Ventilation), Komponen, & Cara Kerja

Diatas adalah ulasan terkait feed pump adalah baik fungsi, komponen, dan cara kerja. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.