Cara Memperbaiki Water Pump Mobil: 7 Prosedur & Ulasan

Cara Memperbaiki Water Pump Mobil – Berbagai bagian di dalam kendaraan membutuhkan perbaikan termasuk water pump. Ada banyak cara untuk memperbaiki water pump mobil yang rusak. Lantas bagaimana cara memperbaiki water pump mobil?

Pompa air atau water pump sebagai satu diantaranya sisi khusus pada proses pendingin mobil. Komponen itu berperanan sebagai media putaran air pendingin dari mesin ke segi radiator untuk meredam berjalannya overheat (tingginya temperatur mesin karena penggunaan secara terus menerus).

Dalam pompa air mobil ada baling-baling yang dibikin dengan bahan plastik atau logam. Baling-baling itu dipasang di suatu shaft dan disokong oleh bearing. Untuk meredam berjalannya kebocoran, ada seal yang cukup kuat. Water pump ini berada di bagian depan mesin dan dilaksanakan oleh fan belt atau timing belt.

Sama dengan komponen lain pada kendaraan memiliki roda 4, water pump terkadang bisa mengalami kerusakan. Jika didiamkan, kerusakan itu semakin lama dapat merusak mesin. Untuk meredam hal tersebut, pengujian kondisi mesin secara periodik selalu harus dikerjakan.

Cara memperbaiki water pump mobil tergantung dari jenis kerusakan. Oleh karena itu perlu diperhatikan tata cara yang benar agar tidak menambah kerusakan. Untuk lebih jelasnya terkait cara memperbaiki water pump mobil akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

cara memperbaiki water pump mobil

Ciri Ciri Water Pump Rusak

Sebelum mengetahui cara memperbaiki water pump mobil maka perlu diketahui terlebih dahulu terkait ciri water pump yang rusak. Jika terjadi kerusakan karena itu ciri water pump rusak yang biasa yakni bunyi kasar yang kesempatan tiba dari segi mesin. Lepaslah segi seal yang ada di pulley pompa air. Selanjutnya lakukan pengetesan pada pulley menggunakan tangan kosong. Bila terasa ada segi yang tidak lumrah (kocak), hal tersebut menunjukkan bila ada yang salah dengan komponen water pump.

Baca Juga  Tanda Timing Belt Harus Diganti: 8 Ciri Dan Ulasan

Selain segi yang kocak, pertanda kerusakan lain bisa dilihat dari tidak ada atau adanya tetes air yang merembes dari mesin mobil. Jika ada, ini tidak bisa didiamkan semakin lama. Karena lama-lama kebocoran terjadi, volume air pada radiator akan semakin berkurang dan ujungnya akan munculkan panas atau overheat pada mesin.

Bunyi kasar pada mesin mobil adalah kerusakan umum pada water pump mobil yakni dari bearing. Bebaskan belt yang ada di puli water pump, selanjutnya periksalah putaran puli water pump itu dengan tangan. Jika terasa oblag karenanya dapat dipertegas bunyi yang pada kasar mesin tiba dari water pump.

Jika tidak oblak karena itu putarlah pelan-pelan. Rasakan putaran puli water pump, jika tidak lancar atau terasa terusik saat di putar perlahan-lahan dengan tangan, karenanya water pump semestinya sesegera di ganti. Ini karena putaran puli water pump yang dirasakan terusik saat di putar sebagai penyebab timbulnya bunyi yang terdengar dari mesin.

Disamping itu kerusakan yang biasa terjadi pada water pump yakni kebocoran water coolant dari water pump. Secara umum ada tetes coolant pada lantai sisi bawah mesin samping kanan. Kebocoran air radiator melalui water pump ini menyebabkan air radiator berkurang sampai perlu untuk diganti sama dengan yang baru.

Cara Memperbaiki Water Pump Mobil

Lumayan banyak dari pengguna mobil yang usaha untuk kenali terkait tata cara memperbaiki water pump mobil yang rusak. Ada beberapa bengkel yang dapat tangani masalah itu, tetapi sebagai permasalahan jangan sampai biaya perbaikan water pump justru lebih mahal dibandingkan biaya gantinya.

Baca Juga  Jalur Kiprok RX King : 4 Kabel Dan Ulasannya

Apabila cara memperbaiki water pump mobil lebih mahal maka perlu dilakukan penggantian unit saja. Penanganan sementara yang dapat dikerjakan dengan memberi sedikit oli pada bagian lubang yang ke kebagian bearing pada water pump, pengolesan itu sudah pasti dikerjakan dari segi luar water pump.

Penanganan ini sedikit membantu, karenanya semestinya pengemudi sesegera kerjakan penanganan seterusnya. Cara memperbaiki water pump mobil salah satunya yakni:

  1. Kuras air radiator. Optimis mesin mobil anda tidak panas saat akan menguras air radiator, seterusnya benyekkan valve drain di dasar radiator. Jika tidak ada valve, air radiator dapat dikeluarkan dengan membuka selang yang ada di bagian bawah radiator.
  2. Tahapan seterusnya adalah melepas fan belt
  3. Semua sisi yang menyambung ke water pump harus dilepaskan lebih dulu. Komponen-komponen itu harus dilepaskan dulu agar tidak menghadang proses, sampai pembikinan dapat dikerjakan lebih mudah.
  4. Melepas baut pengikat pompa air ke mesin
  5. Bersihkan permukaan bodi mesin dan optimis permukaan atasnya rata sebelum dipasang water pump yang baru
  6. Pasang gasket baru pada pompa air
  7. Isi kembali air radiator. Jangan tergesa-gesa saat kerjakan proses ini, agar udara dalam proses pendingin dapat keluar. Pengisian ini dapat dikerjakan dengan memakai air radiator lama jika patut digunakan. Jika air radiator yang lama sudah kelihatan tidak patut kembali digunakan karenanya jangan gunakan kembali. Seterusnya Isilah proses pendingin dengan gabungan 50% anti-freeze dan 50% air bersih.

Di atas adalah pembahasan berkaitan cara memperbaiki water pump mobil memang cukup sulit. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana dan pengetahuan.