Bentuk Pengabutan Yang Baik Adalah: 3 Cara Dan Ulasan

Bentuk Pengabutan Yang Baik Adalah – Pada mesin injeksi telah memakai injector atau nozzle sebagai penyuplai bahan bakar. Ada banyak bentuk pengabutan, tetapi cuman ada satu ciri-ciri pengabutan yang baik. Lantas bentuk pengabutan yang baik adalah?

Nozzle atau kerap dikenali dengan nosel adalah salah satunya bagian utama pada mesin diesel. Injektor nozzle berperan untuk mengabutkan bahan bakar solar ke ruangan bakar. Injektor nozzle dipasang pada kepala silinder dan ujungnya berhadapang langsung ke ruangan pembakaran tambahan atau ruangan bakar langsung.

Semprotan atau pengkabutan injektor nozzle langsung akan terbakar dalam ruang bakar. Ini muncul karena cara kompresi pada mesin diesel cuman lakukan kompresi udara saja. Untuk memperjelas berkenaan bentuk pengabutan yang baik adalah akan dibahas pada artikel di bawah ini.

bentuk pengabutan yang baik adalah

Bentuk Pengabutan Yang Baik Adalah?

Salah satunya factor yang memengaruhi maksimal daya kuda mesin diesel adalah bentuk pengkabutan injektor nozzle. Ini karena bentuk sempurna dari pengkabutan akan memberi pembakaran optimal dalam ruang bakar. Maka dari itu, penting untuk mengecek bentuk pengabutan atau penginjeksian yang baik adalah sebagai berikut:

1. Dari Penekanan Injeksi

Untuk mengetahui bentuk pengabutan yang baik adalah dapat melalui proses pengecekan tekanan injeksi. Tujuannya yaitu untuk ketahui berapakah penekanan nozzle itu. Penekanan injektor nozzle bisa dijumpai dengan memakai injector tester. Penekanan yang terlampau tinggi atau terlampau rendah tidak baik untuk pembakaran dalam mesin diesel.

Baca Juga  Roda Depan Mobil Bunyi Tek Tek: 8 Penyebab Dan Ulasan

Untuk ketahui penekanan nozzle, pasang injektor nozzle ke injektor tester dan yakinkan tester berisi sarat dengan solar. Seterusnya kerjakan pembuangan udara dari aliran tester, seperti gambar di atas.

Tuas pompa nozzle tester dipencet dan baca hasil pemilihan penekanan yang ada di pressure gauge. Untuk penekanan injektor pada injektor baru yakni 151 – 159 kg/cm2 dan untuk injektor lama adalah 145 – 155 kg/cm2 (agar semakin persisnya, saksikan pada buku panduan motor diesel itu).

Jika hasil penekanan tidak sesuai nilai detail pada buku panduan, karena itu kerjakan penyetelan. Yaitu dengan cara menambah shim ke injektor sampai didapat penekanan injektor sesuai detail.

2. Bentuk Pengabutan

Pengecekan bentuk pengkabutan yang benar dari injektor nozzel adalah dengan memakai alat nozzle tester. Triknya, bebaskan injektor nozzel dari mesin diesel, selanjutnya kenakan injektor nozzel pada alat nozzle tester.

Selanjutnya pompa nozzle tester dengan cara mengayunkan lengan pompa ke atas dan ke bawah dan saksikan hasil penginjeksian bahan bakar yang dibuat. Bentuk dari pengkabutan injektor nosel yang baik bisa di simak pada gambar di atas.

Jika bentuk pengkabutan injektor nosel tidak baik karena itu kerjakan cara pembersihan injektor nozzel. Namun jika sesudah injektor nozzel di membersihkan tetapi bentuk penyemprotan tetap tidak baik karena itu ubahlah injektor nosel dengan yang baru.

Baca Juga  Cara Mengetahui Kaki Kaki Mobil Rusak: 10 Ciri & Ulasan

3. Test Kebocoran

Selain bentuk pengabutan yang benar adalah dari injektor nosel juga perlu dicek kebocorannya. Test kebocoran pada injektor nozzel mempunyai tujuan untuk ketahui apa injektor nozzel alami kebocoran atau mungkin tidak. Kebocoran injektor nozzel bisa dijumpai bila ada tetes bahan bakar yang keluar ujung injektor.

Untuk mengetesnya bisa dilaksanakan dengan nozzle tester. Pasang injektor nozzel ke nozzle tester. Pencet tuas pompa nozzle tester sampai didapat penekanan di bawah penekanan detail (saat sebelum penekanan pembukaan injektor) selanjutnya biarkan sesaat. Lihat injektor pada ujung lubang injeksi apa terjadi tetes bahan bakar atau mungkin tidak. Jika dijumpai ada tetasan bahan bakar yang keluar karena itu injektor dipastikan bocor.

Jika ada kebocoran pada injektor karena itu kerjakan cara pembaruan. Bongkat unit injektor nozzel, lalu membersihkan beberapa komponen di dalamya selanjutnya periksa lagi injektor. Jika injektor tidak kemungkinan bisa diperbarui karena itu ubahlah injektor dengan yang baru.

Diatas adalah ulasan terkait bentuk pengabutan yang baik pada injektor nozzle. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Join the discussion