komponen kompresor ac mobil

Fungsi Kompresor AC Mobil, Komponen, Dan Cara Kerja

Fungsi Kompresor AC Mobil – Terdapat beberapa komponen yang memiliki fungsi penting pada sistem AC mobil, salah satunya yaitu kompresor AC mobil. Fungsi kompresor AC mobil adalah untuk mengisap dan mendesak freon atau refrigerant agar bersirkulasi di dalam mekanisme AC.

Kompresor AC mobil berada sisi mesin kendaraan melekat pada blok mesin. Umumnya tempatnya cukup kedepan sejajar dengan pulley crankshaft, pulley water pump, dan pulley yang lain. Ini bermanfaat supaya pulley kompresor AC bisa sejajar dan disambungkan memakai fan belt atau V belt. Karena itu perputaran mesin bisa dilanjutkan ke pulley kompresor.

Pada kompresor AC mobil memiliki banyak jenis. Bermacam jenis kompresor AC ini disamakan dengan kendaraan dan keperluan. Jika kendaraan besar seperti bis, tentu saja memerlukan tenaga kompresor yang semakin besar dibandingkan kendaraan penumpang.

Hal ini bertujuan untuk mendukung fungsi dari kompresor AC mobil. Untuk lebih jelasnya terkait fungsi kompresor AC mobil, komponen, dan cara kerjanya akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

fungsi kompresor ac mobil

Fungsi Kompresor AC Mobil

Fungsi khusus kompresor AC mobil ialah mengisap freon pada penekanan rendah dan membagikannya ke kondensor dalam penekanan dan temperatur tinggi. Pada dasarnya perannya yaitu mengkompres temperatur dan penekanan refrigerant yang akan diteruskan ke kondensor.

Dengan kata lain fungsi kompresor AC mobil adalah untuk mengisap dan mendesak freon atau refrigerant agar bersirkulasi di dalam mekanisme AC. Hal ini membuat penekanan freon atau refrigerant naik. Bentuk freon atau refrigerant yang masuk di dalam kompresor ialah gas bertekanan dan bertemperatur rendah. Sesudah keluar dari kompresor AC, freon akan beralih menjadi gas bertekanan dan bertemperatur tinggi.

Kompresor AC kendaraan manfaatkan perputaran dari mesin. Perputaran dari mesin akan disambungkan lewat pulley kompresor AC yang akan ditata oleh kopling magnet untuk melanjutkan perputaran dari mesin ke kutub kompresor. Karena itu, makin cepat perputaran mesin karena itu perputaran kompresor AC akan cepat. Kebalikannya jika perputaran mesin rendah karena itu perputaran kompresor AC rendah.

Baca Juga  Tipe Rem Cakram : 6 Jenis Dan Ulasannya

Komponen Kompresor AC Mobil

Kompresor AC mobil mempunyai bagian-bagian,salah satunya ialah :

komponen kompresor ac mobil

1. Tutup Depan Kompresor

Tutup depan kompresor AC mobil berperan membuat perlindungan sisi dalam kompresor dan meredam penekanan refrigerant yang ada di dalam ruangan kompresi.

2. Bodi Kompresor

Bodi kompresor pada sistem AC mobil memiliki peran sebagai rumah sekaligus pelindung komponen komponen lainnya.

3. Piston Kompresor

Piston kompresor berperan membuat penekanan dan temperatur tinggi pada refrifreant yang seterusnya akan di distribusikan menuju kondensor.

4. Tutup Belakang Kompresor

Berperan membuat perlindungan sisi dalam kompresor dan meredam penekanan refrigerant yang ada di dalam ruangan kompresi.

5. Valve Out

Valve out berperan untuk keluarkan refrigerant yang diolah di dalam ruangan kompresi. Komponen ini di hubungkan dengan kondensor memakai pipa yang sanggup meredam temperatur dan penekanan tinggi.

6. Valve In

Valve in verfungsi kontradiksi dari valve out. Yaitu meresap refrigerant yang akan diolah di dalam ruangan kompresi. Valve out ini dihubungkan dengan evaporator memakai pipa yang dipakai untuk membagikan refrigerant bertekanan dan bersuhu rendah.

7. Bearing

Untuk memperlancar putaran maka pada kompresor AC mobil ditambahkan bearing.

8. Kruk As

Kruk As adalah salah satu komponen kompresor AC mobil yang memiliki fungsi sebagai poros yang menghubungkan kopling magnet dengan bagian kompresor.

9. Ruangan Kompresor

Ruangan kompresor berperan jadi tempat pemrosesan.pemroduksi penekanan dan temperatur tinggi,yang seterusnya akan di alirkan ke kondensor.

10. Magnet Kompresor

Magnet kompresor pada AC mobil memiliki fungsi sebagai pengontrol kinerja sistem AC pada kendaraan.

11. Pully

Pully ini berperan untuk gerakkan motor kompresor. Komponen ini dihubungkan memakai venbelt yang dihubungkan ke sisi alternator.

12. Clucth Kopling

Selain itu pada kompresor AC mobil juga memiliki kopling atau clutch yang berfungsi sebagai pengontrol kinerja sistem AC bersama sama dengan magnet kompresor.

Baca Juga  Jenis Sistem Pendingin : 4 Macam Dan Ulasannya

Cara Kerja Kompresor AC Mobil

Kompresor AC mobil bekerja mengikut sistem gerakan mesin mobil. Cara kerja kompresor AC mobil yaitu mengisap refrigerant yang di alirkan lewat pipa low dari evaporator lalu mendesak gas refrigerant ke arah kondensor AC mobil lewat pipa high pressure.

Fungsi Kompresor AC mobil seperti fungsi jantung dalam tubuh manusia dan refrigerant sebagai darahnya. Kompresor mempunyai dua aliran, yakni aliran hirup atau yang disebutkan suction dan aliran buang atau yang disebutkan discharge. Aliran hirup disambungkan dengan evaporator dan adalah segi bertekanan rendah, sedang pada aliran buang disambungkan dengan kondensor dan adalah segi bertekanan dan bersuhu tinggi.

Refrigeran dalam babak gas pada penekanan dan temperature rendah disedot oleh kompresor memakai aliran hirup selanjutnya dimampatkan jadikan penekanan dan temperaturnya makin naik seterusnya yang seterusnya di alirkan ke condensor lewat aliran buang. Bila kompresor telah kurang kuat karena itu pperforma AC mobil akan turun, dan hal itu bisa disaksikan dari alat tolong pengukuran penekanan pada AC (manometer). Adapun compresor yang sekarang ini tersebar di pasar biasanya ada 2 merek terkenal yaitu Denso (ND), dan Sanden (SD).

Kondensor ialah sisi dari sistem perputaran AC mobil sesudah kompressor, sisi ini berperan mendinginkan freon yang disalurkan di dalam evaporator, konsep kerja condensor ini ialah mengisap dingin lalu keluarkan panas, karena itu sisi condensor ini bila disentuh dengan tangan akan berasa panas.Di bagian condensor ini freon yang semula berupa uap dan didesak oleh compresor akan diganti jadi cair. ini dikarenakan oleh freon alami proses pendinginan atau kondensasi.

Diatas adalah ulasan terkait fungsi kompresor AC mobil yang banyak digunakan pada kendaraan. Peranan yang sangat penting maka kompresor AC mobil selalu ada pada kendaraan. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Join the discussion