Pengapian Ada Tapi Motor Susah Hidup : 9 Penyebab

pengapian ada tapi mesin susah hidup

Pengapian Ada Tapi Motor Susah Hidup – Pengapian merupakan salah satu sistem yang banyak digunakan pada motor. Tanpa adanya pengapian maka kendaraan tidak dapat hidup. Bagaimana bila motor anda alami permasalahan seperti pengapian ada tapi motor susah hidup ?

Sepeda motor adalah komponen yang paling penting untuk kehidupan setiap hari. Bahkan juga tidaklah aneh jika dirumah-rumah mempunyai lebih satu motor. Oleh karena itu motor harus diperhatikan akan kerusakan yang kerap berlangsung pada motor dan langkah melakukan perbaikan termasuk pada sistem pengapian.

Pada sistem pengapian kombinasi udara dan bahan bakar dari karburator dialirkan ke arah atau di mampatkan ke dalam silinder selanjutnya dibakar oleh percikan bunga api dari busi. Untuk dapat hasilkan loncatan bunga api dari busi memerlukan listrik bertegangan tinggi dan pembakaran bahan berikut yang disebutkan dengan mekanisme pengapian.

Satu motor tidak bisa menyala atau susah hidup apabila pengapian tidak berperan atau mungkin tidak normal. Walau tidak selamanya begitu, karena pergerakan motor tidak cuma dipastikan oleh mekanisme pengapian saja tetapi banyak mekanisme dan elemen yang lain sama-sama bergesekan.

Oleh karena itu ketika motor susah hidup jangan langsung menyalahkan atau memvonis kerusakan pada sistem pengapian seperti busi, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya mengenai pengapian ada tapi motor susah hidup akan diulas lebih lanjut pada artikel berikut ini.

pengapian ada tapi mesin susah hidup

Penyebab Pengapian Ada Tapi Motor Susah Hidup

Terkadang beberapa orang akan langsung memeriksa pada pengapian apabila motornya susah hidup atau waktu motor macet. Hal ini dikarenakan persoalan pada pengapian menjadi salah satu faktor motor macet atau susah dihidupkan. Namun selain itu sebenarnya motor susah dinyalakan juga disebabkan oleh faktor lain seperti berikut ini.

1. Tangki Bahan Bakar Ada Kandungan Air

Tangki bahan bakar digunakan untuk menyimpan bahan bakar. Pada tangki bahan bakar terdapat lubang yang diberi penutup yang dapat dibuka dan ditutup dengan tujuan untuk mengisi bahan bakar. Apabila bak bahan bakar perlu desakan udara luar supaya bahan bakar dapat mengalir. Sebab bila bak bahan bakar tidak memperoleh desakan di luar maka berlangsung kevakuman hingga menyebabkan bahan bakar tidak dapat mengalir.

Namun terkadang lubang kecil atau rongga kecil yang ada pada penutup bak ini dapat menjadi jalan masuk air ke dalam bak motor anda. Umumnya ini berlangsung saat anda membersihkan motor atau waktu hujan deras. Kandungan air yang masuk ke bak ini akan mengucur ke karburator hingga motor susah untuk di hidupkan. Bahkan juga bila kandungan air di dalam bak banyak maka membuat bahan bakar tidak dapat mengalir karena karakter air yang lebih berat dari minyak sehingga tutupi saluran bahan bakar ke karburator.

2. Saluran Bahan Bakar Ada Kerak Atau Kotoran

Tangki motor dibuat dari besi sehingga dapat berkarat. Selain itu kandungan bahan bakar yang jelek biasanya juga menimbulkan adanya kotoran pada saluran bahan bakar. Pada umumnya kerak atau karat ini akan masuk di selang bensin hingga menyebabkan saluran bensin atau bahan bakar dari bak ke karburator terhalang. Hal ini tentu dapat menjadi salah satu faktor penyebab pengapian ada tapi motor susah dihidupkan.

Baca Juga  Penyebab Motor Injeksi Mati Saat Digas: 12 Faktor & Cara

3. Karburator Mengalami Kerusakan

Apabila pengapian ada tapi motor sudah hidup kemungkinan penyebabnya adalah terjadi kerusakan pada karburator. Untuk langkah menanganinya lumayan gampang yaitu dengan bongkar-pasang sisi karburator. Kemudian bersihkan sisi luar dan sisi dalam karburator yang telah terlepas. Pastikan semua saluran bahan bakar dapat mengalir dengan baik sehingga bahan bakar dapat masuk ke dalam ruang bakar kemudian dapat terjadi pembakaran oleh sistem pengapian.

4. Cop Busi Rusak

Terdapat beberapa komponen pengapian yang mendukung performa mekanisme pengapian supaya bisa memercikkan bunga api pada busi. Sebelum busi ada satu elemen penyambung di antara kabel bertegangan tinggi dan busi yaitu cop busi. Pada umumnya cop alami kerusakan di bagian dalamnya ada kerak hingga tidak sanggup menyalurkan listrik dari kabel ke busi. Selain itu cop busi yang bocor sehingga menyebabkan loncatan bunga api pada busi ada namun kurang besar. Oleh karena itu untuk mengetahui penyebab pengapian ada tapi motor susah hidup perlu dipastikan kualitas pengapian apakah sesuai atau tidak. Bunga api yang baik biasanya berwarna biru dan loncatan terlihat besar.

5. Filter Udara Kotor

Udara yang masuk di karburator pada awalnya di saring oleh filter atau saringan udara. Saringan udara ini memiliki fungsi supaya debu atau kotoran di luar tidak masuk di karburator. Namun apabila motor tak pernah di servis, umumnya volume debu yang ada pada saringan udara menutupi saluran sehingga udara di luar tidak dapat ke karburator. Hal ini dapat menjadi salah satunya pemicu pengapian ada tapi motor susah hidup.

6. Tekanan Bahan Bakar Kurang Optimal / Fuel pump Kurang kuat (Injeksi)

Pada motor injeksi terdapat pompa bahan bakar yang menjadi salah satu komponen bahan bakar. Fuel pump ini akan memberikan tekanan bensin ke arah arah injector. Dalam mekanisme injeksi memanfaatkan tekanan bensin dari injector sehingga bensin bisa tersemprot yang dari injector. Oleh karena itu tekanan bahan bakar akan selalu dijaga agar hasil injeksi dapat sesuai kebutuhan.

Oleh karena itu fuel pump dapat juga menyebabkan pengapian ada dan motor susah dihidupkan. Hal ini dikarenakan terdapat permasalahan yang berasal dari elemen yang bernama relief valve. Elemen ini berada dalam satu unit pompa. Peranan dari elemen ini adalah untuk menjaga tekanan bahan bakar yang tetap tapi mesin mati atau pemompa tidak ada bekerja. Jika reliev valve ini menurun maka bahan bakar bertekanan akan kembali ke tangki saat mesin mati. Oleh karena itu motor akan susah dihidupkan.

7. Tahanan Dari Kabel Busi Yang Naik

Kabel busi adalah salah satunya kabel yang memiliki ukuran besar dan untuk menyambungkan koil ke arah cop busi. Komponen ini berada di sekitar busi motor. Kabel ini memiliki fungsi untuk menyalurkan tegangan listrik yang tinggi. Oleh karena itu tahanan pada kabel busi perlu diperhatikan karena dapat mempengaruhi tegangan listrik yang mengalir.

Baca Juga  Ciri Tie Rod Rusak : 3 Ciri-Ciri Dan Ulasan

Tahanan kabel yang semakin besar dapat menyebabkan arus listrik yang mengalir ke busi bisa menjadi kecil sehingga percikan busi akan kecil atau dapat mati. Langkah menanganinya cukup menghitung tahanan busi dengan memakai Ohm meter. Apabila tahanan kabel busi melewati dari 25 KOHM maka perlu dilakukan penggantian. Hal ini dapat menjadi salah satu faktor penyebab pengapian ada tapi motor susah dihidupkan dikarenakan percikan api kurang kuat untuk proses pembakaran.

8. Bensin Yang Tidak Turun

Bahan bakar yang ada karburator dapat menjadi penyebab dari motor susah dihidupkan. Terkadang motor yang tidak digunakan berhari hari dapat menyebabkan udara terjebak pada saluran bahan bakar. Akibatnya aliran bahan bakar menjadi terganggu sehingga bensin tidak turun atau masuk keruang bakar.

Oleh karena itu meskipun telah ada pengapian, namun motor susah untuk dihidupkan dikarenakan bensin yang tidak dapat turun. Untuk memperbaikinya dapat dengan melepaskan selang yang menuju ke karburator. Pada umumya selang di klem kawat.

9. Busi Yang Memiliki masalah

Apabila motor kalian telah ada pengapian tapi susah untuk dihidupkan maka busi motor dapat menjadi salah satunya. Pengapian yang kurang kuat dari busi menjadi faktor utamanya. Oleh karena itu perlu diperhatikan percikan bunga api pada busi apakah sesuai dengan standar atau tidak.

Apabila busi kurang kuat dapat bersihkan dengan amplas yang lembut dan gosokkan di ujung dari pengapian busi motor secara perlahan-lahan sampai bersih. Bila busi motor kalian begitu renggang, seharusnya kalian memperkecil busi motor sampai jarak pengapian jadi 0,6 sampai 0,8 mm. Namun apabila pengapian tetap kecil maka perlu dilakukan penggantian busi.

Cara Mencegah Pengapian Ada tapi Motor Susah Hidup

Motor benar-benar berguna untuk kita karena memudahkan dalam berpergian. Dalam rutinitas kalian harus memerhatikan juga terkait kerusakan yang kerap berlangsung pada motor dan langkah melakukan perbaikan, hingga kalian akan aman waktu diperjalanan. Perawatan ini bertujuan agar semua fungsi pada sistem motor dapat berfungsi dengan baik. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya pengapian ada tapi motor susah hidup.

  1. Mengerjakan servis secara teratur, minimum 2-3 bulan sekali.
  2. Menukar oli motor yang baru secara teratur, hingga perform pada mesin motor kalian akan makin berasa powerfull, perputaran pelumas supaya mesin motor kalian masih baik.
  3. Memberi perawatan motor kalian, seperti membersihkan motor saat motor kotor, check seluruh elemen motor, membenahi baut-baut pada motor saat dijumpai kendur, memeriksa keadaan oli dan memeriksa keadaan kabel pada motor jika berlangsung kabel yang cukup aneh, misalkan kabel terkupas atau kabel bengkok, dengan demikian kami anjurkan untuk menangani secepat-cepatnya.

Diatas merupakan ulasan terkait pengapian ada tapi motor susah hidup yang terjadi akibat beberapa faktor atau penyebab. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.