Thermostatic Valve Pada Karburator: Fungsi Dan Cara Kerja

Thermostatic Valve – Di dalam bagian karburator ada beragam bagian, satu diantaranya katup thermostatic. Lalu apa fungsi thermostatic valve? Bagaimana cara kerjanya?

Karburator pada kendaraan berfungsi untuk menambah dan mengkabutkan kombinasi bahan bakar dan udara, atur rasio kombinasi bahan bakar dan udara dan untuk atur kecepatan dari mesin.

Dengan adanya katup thermostatic maka campuran bahan bakar dan udara pada karburator dapat dimaksimalkan. Untuk lebih jelasnya terkait thermostatic valve baik fungsi maupun cara kerja akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

thermostatic valve

Fungsi Thermostatic Valve

Untuk bisa menjalankan fungsi secara baik karena itu pada karburator diperlengkapi dengan beberapa sistem. Sistem sistem ini memberikan dukungan performa dari karburator sendiri, salah satunya adalah adanya katup thermostatic pada karburator.

Saat kendaraan jalan pada jalanan yang macet dan cuaca yang panas maka menyebabkan ruangan mesin jadi lebih panas. Akibat dari kondisi ini adalah bahan bakar yang berada dalam karburator akan gampang sekali untuk menguap. Hal ini memungkinkannya uap bahan bakar ini bisa melimpah pada bagian venturi.

Jika hal itu terjadi maka kombinasi di antara bahan bakar dan udara akan terlampau gendut (kaya). Akibatnya bisa mengakibatkan mesin mati, idling yang kasar dan mesin sulit untuk distart. Dengan kata lain fungsi dari thermostatic valve adalah untuk mencegah terjadinya campuran yang terlalu kaya akibat penguapan bahan bakar di karburator.

Baca Juga  Gambar Proyeksi Amerika : Pengertian, Ciri, Dan Contohnya

Untuk mencegah hal itu supaya tidak ada, karena itu pada karburator diperlengkapi dengan katup thermostatic. Bagian klep pada katup thermostatic diperlengkapi dengan bimetal, hingga saat suhu di sekitar mesin bertambah karena itu bimetal ini akan megar.

Bimetal mulai akan buka saat temperatur di sekitar ruangan mesin capai sekitaran temperatur 60⁰ celcius dan akan buka penuh saat temperatur sekitaran mesin bersuhu 75⁰ celcius.

Cara Kerja Katup Thermostatic

Setelah memahami fungsi thermostatic valve maka perlu dipahami juga terkait cara kerjanya. Berikut cara kerja katup thermostatic.

1. Saat Belum Bekerja

Saat temperatur mesin normal karena itu bimetal yang ada pada thermostatic valve belum megar hingga thermostatic valve masih juga dalam kondisi tertutup.

Karena katup thermostatic pada kondisi tertutup karena itu udara dari air horn tidak bisa masuk ke intake manifold lewat aliran pada katup thermostatic hingga pada sekarang ini tidak ada tambahan udara.

Dan saat temperatur di sekitar mesin bertambah melewati 60⁰ celcius karena itu katup thermostatic  akan buka.

2. Saat Bekerja

Saat bimetal buka karena itu aliran yang ada dalam katup thermostatic yang menyambungkan di antara air horn dengan intake manifold akan buka hingga udara dari air horn bisa masuk ke intake manifold lewat katup thermostatic.

Pada sekarang ini terjadi tambahan udara untuk menghindar terjadi kombinasi bahan bakar dan udara yang terlampau gendut.

Baca Juga  Komponen CVT Dan Fungsinya : 15 Bagian & Ulasannya

Diatas adalah ulasan terkait thermostatic valve baik fungsi maupun cara kerja. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.