ciri ciri nozzle rusak

Ciri Ciri Nozzle Rusak : 5 Tanda Dan Ulasan

Ciri Ciri Nozzle Rusak – Dalam penggunaannya pada mesin diesel, nozzle atau injektor harus dilakukan perawatan agar tidak terjadi kerusakan. Namun apabila telah terjadi kerusakan pada nozzle akan muncul berbagai gejala pada mesin. Lalu apa saja ciri ciri nozzle rusak?

Injector atau nozzle sebagai elemen mesin diesel yang berperan untuk mengkabutkan bahan bakar. Keadaan injector ini benar-benar memengaruhi perform performa mesin. Oleh karena itu kenapa bila elemen ini bermasalah akan menyebabkan perform mesin turun.

Injektor mesin diesel mempunyai elemen yang paling kecil dan hasilkan penekanan tinggi. Jika ada kotoran atau suatu hal pada bahan bakar dan turut masuk ke injektor, karena itu elemen ini dapat rusak. Kerusakan injektor umum karena dari kualitas bahan bakar yang paling rendah hingga kandungan sulfur masih tinggi.

Bisa disebutkan jika injector merupakan elemen yang paling riskan alami masalah bila tak pernah dibikin bersih. Elemen ini segera bertemu dengan pembakaran mesin. Hingga banyak gas tersisa pembakaran yang melekat di bagian ujung injector.

Bila gas tersisa pembakaran didiamkan saja, lama-lama akan menimbun dan jadi kerak. Hal itu bisa mengakibatkan injector bermasalah saat lakukan pengkabutan. Berikut akan diulas terkait ciri ciri nozzle rusak pada mesin diesel.

ciri ciri nozzle rusak

Ciri Ciri Nozzle Rusak

Terdapat beberapa ciri atau gejala yang akan muncul apabila nozzle atau injektor pada mesin diesel rusak yaitu:

1. Peforma Mesin Kurang Maksimal

Sebagai elemen yang bekerja sebagai pengkabut bahan bakar, dampak bagus dan tidaknya injector ini penting pada perform mesin. Bila injector bermasalah, jadi tidak bisa memasok bahan bakar yang cukup ke ruangan bakar. Mengakibatkan perform mesin juga jadi kurang maksimal. Oleh karena itu gejala atau tanda nozzle rusak yaitu dapat mengakibatkan perfoma mesin menurun.

Baca Juga  Ciri-Ciri Pompa Solar Rusak: 4 Ciri Dan Ulasannya

Pada mesin yang normal, tiap perputaran mesin tentu membutuhkan konsumsi bahan bakar dengan kemampuan yang berbeda. Saat lakukan start, mesin memerlukan bahan bakar semakin banyak dibandingkan pada perputaran idle yang cuman membutuhkan semakin sedikit bahan bakar. Keadaan semacam itu benar-benar berbeda jauh bila injector bermasalah, tentu saja penyuplaian bahan bakar jadi tidak teratur dan mengakibatkan mesin bisa mati sendirinya.

2. Bahan Bakar Kurang Efektif

Ciri ciri kedua nozzle rusak yaitu penggunaan bahan bakar yang kurang efisien yakni konsumsi bahan bakar jadi terlampau hemat atau dapat lebih boros karena injector bermasalah. Formasi bahan bakar yang terlampau hemat akan menyebabkan tenaga mesin menyusut. Ini disebabkan karena injector yang tidak dapat buka dengan prima saat memasok bahan bakar.

Demikian sebaliknya, bila formasi bahan bakar terlampau boros, maka menyebabkan mesin keluar asap tebal dari knalpot. Ini karena formasi bahan bakar semakin banyak dari dalam udara. Hingga pembakaran yang terjadi tidak prima. Pemicu dari kurang efektivitas konsumsi bahan bakar ini yakni gas tersisa pembakaran sebagai kerak pada ujung injector. Hingga injector tidak bisa tutup maupun buka dengan prima.

3. Mesin Sulit Di Nyalakan

Selain itu ciri ciri nozzle rusak akan menyebabkan mesin sulit dihidupkan. Ini karena penyuplaian bahan bakar ke ruangan pembakaran jadi tidak lancar. Dan sudah pasti bahan bakar yang keluar injector itu tidak sesuai standartnya. Atau juga bisa penekanan injector turun akibatnya karena injector yang telah aus atau rusak.

Baca Juga  Cara Memperbaiki Kipas Radiator : 4 Cara & Penyebabnya

4. Mesin Brebet

Beberapa gejala lain nozzle rusak yakni suara mesin jadi brebet atau mungkin tidak konstan. Ini karena penyuplaian bahan bakar yang tidak lancar. Sehingga menyebabkan mesin kadang hidup dan kadang mati sendiri.

Kurang lancarnya saluran bahan bakar ini umumnya dibarengi dengan penekanan injector yang turun. Hingga harus dilaksanakan geprekelan pada injector itu atau lakukan pergantian pada injector yang bermasalah.

5. Knalpot Keluar Asap

Keluarnya asap dari lubang knalpot sebagai akibatnya atau ciri ciri nozzle rusak. Bila penyupalaian bahan bakar kebanyakan, maka terjadi pembakaran basah di mana percampuran bahan bakar semakin banyak dari dalam udara. Mengakibatkan tersisa gas yang dibuat jadi hitam pekat.

Sedang bila penyuplaian bahan bakar kurang, maka terjadi pembakaran kering, di mana formasi bahan bakar semakin sedikit dari dalam udara. Hingga knalpot akan keluarkan asap putih dan pekat.

Diatas adalah ciri ciri nozzle rusak pada mesin diesel. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Join the discussion