Mesin Mobil Mati Saat Lepas Gas: 6 Penyebab & Perbaikan

Mesin Mobil Mati Saat Lepas Gas – Pernahkan anda mengalami mesin mobil mati yang secara tiba-tiba ketika lepas gas?. Hal ini tentu terjadi atau dikarenakan oleh beberapa faktor. Nah lalu apa saja faktor penyebab mesin mobil mati saat lepas gas? Bagaimana cara memperbaikinya?

Bisa saja mesin mobil mati ketika gas dilepaskan jadi tanda kerusakan mobil cukup akut, seperti overheating atau bahkan turun mesin mobil. Untuk memastikannya perlu di ketahui beberapa penyebab yang membuat mobil mati tiba-tiba ketika pedal gas dilepaskan.

Setelah kenali pemicunya, Anda harus mendalami bagaimana cara mengatasi permasalahan itu. Jika Anda tidak mampu mengatasi persoalan itu, maka sesegera bawa mobil ke bengkel terdekat. Untuk memperjelas berkaitan mesin mobil mati saat lepas gas baik penyebab atau cara memperbaiki akan dibahas lebih pada dalam artikel di bawah ini.

mesin mobil mati saat lepas gas

Mesin Mobil Mati Saat Lepas Gas

Terdapat banyak faktor atau kondisi yang dapat menjadi penyebab mesin mobil mati saat lepas gas. Berikut ulasannya:

1. Pompa Bahan Bakar Hancur

Penyebab pertama mesin mobil mati saat lepas gas adalah pompa bahan bakar yang remuk. Peran khusus dari komponen ini adalah mengubah bahan bakar dari bak bensin ke mesin. Pemompaan yang telah dilaksanakan secara periodik harus terus terjadi. Jika pompa ini tidak berperan dengan baik, tentu mesin tidak memperoleh konsumsi bahan bakar yang tepat.

Di akhir kondisi ini membuat mesin tidak dapat bekerja maksimal. Ini bisa mengakibatkan mobil Anda bisa mati ketika gas dilepaskan. Tanda awaln dari persoalan ini adalah mobil yang sulit di starter. Jika didiamkan terus, karenanya bisa mati keseluruhnya.

2. Kerusakan Komponen Pengapian

Selain itu, faktor yang lain penyebab mesin mobil mati ketika lepas gas yaitu sistem pengapian. Pengapian yang tidak sempurna juga bisa mempengaruhi perform mesin dan memaksa bahan bakar jadi lebih boros. Untuk mobil saat ini, pemilik mobil bisa melihat tanda dari lampu engine check yang masih tetap berpijar.

Pengapian yang tidak bekerja yang bagus ini akan menjalar saat mobil sedang akselerasi dan ketika akan dipelankan membuat mesin mobil mati secara tiba-tiba.

Baca Juga  Penyebab Motor Ngebul : 8 Penyebab Dan Ulasan

Semakin lama mesin mobil akan mulai terusik. Khususnya saat sedang raih kecepatan tinggi. Saat mobil sedang disetop, pada akhiranya mesin mobil mati ketika lepas gas. Anda tentu kembali kesulitan untuk hidupkan kembali.

3. Filter Bahan Bakar Buruk

Selain filter udara mobil yang penting selalu dikerjakan pengetesan yaitu filter bahan bakar. Filter bahan bakar berguna untuk mengecek bensin saat saat sebelum raih mesin penting.

Tentu untuk menghasilkan pelindungan injektor bahan bakar. Sebenarnya perlu penggantian filter secara periodik. Saat tidak diganti, karenanya perform dan penghematan bahan bakar mobil mulai tambah jelek secara perlahan-lahan.

Tentunya kondisi yang buruk dari bagian ini akan membuat mobil kehilangan tenaga. Akselerasi mobil akan sulit raih tingkat tinggi sampai mobil tidak bisa berpijar. Alasannya adalah bahan bakar tidak mampu mengalir ke mesin mobil.

4. Vakum Bocor

Faktor seterusnya penyebab mesin mobil mati ketika lepas gas adalah vacuum brake hose bocor. Sisi ini sebenarnya punyai tugas untuk menyangga booster rem tidak bekerja yang bagus dan akan punya pengaruh pada mesin mobil.

Dimulai dari berjalannya kebocoran pada selang vakum, volume udara yang dibutuhkan mesin tidak ada seperti semestinya. Mesin mobil tidak stabil dan ketika dihidupkan sekalian pencet pedal gas, akan punya pengaruh pada mesin mobil yang mati.

5. Idle speed kontrol tidak berperanan

Persoalan mesin mobil mati ketika lepas gas pada umumnya dikarenakan oleh tidak bekerja atau mungkin tidak berfungsinya idle speed kontrol (ISC).

Ada beberapa kesempatan penyebab mengapa ISC tidak bekerja yang menyebabkan mesin tidak bisa berputar secara stasioner, di antaranya adalah:

  • ECU alami kerusakan.
  • ISC macet.
  • Jalur kabel di di antara ISC dan ECU ada yang putus.

6. Mesin terlalu panas

Penyebab mesin mobil mati saat lepas gas ini seringkali terjadi di mobil Kijang seperti Kijang Super. Saat bahan bakar terbakar, energi kimia ditukar jadi energi panas. Mesin selanjutnya menukarnya jadi energi mekanik yang gerakkan bagian-bagian mobil.

Dalam kasus saat panas di ruang mesin ini melewati batas normal, ia mulai melelehkan piston dan itu bukan pertanda baik.

Baca Juga  Cara Pasang Subwoofer Ke Amplifier: 2 Teknik Dan Ulasan

Cara Memperbaiki Mesin Mobil Mati Saat Lepas Gas

Setelah mengetahui berbagai faktor penyebab mesin mobil mati ketika lepas gas, maka perlu juga diketahui bagaimana cara memperbaikinya. Berikut cara memperbaiki mesin mobil mati ketika lepas gas yaitu:

1. Setel aliran udara masuk

Satu diantaranya penyebab mesin mobil mati saat dipicu adalah pengaturan sekrup pengaturan katup gas dan suplai bensin. Saat setel sekrup karbu kurang cocok, misalnya sekrup pilot jet terlalu kecil karenanya dapat terjadi kekurangan bensin karena kandungan bensin makin berkurang dari biasanya.

Tetapi mesin tetap bisa dihidupkan sekaligus menarik gas, itu karena ada saluran kembali namanya main jet sebagai saluran untuk menyuplai bensin dari mangkuk karbu ke intake manifold saat katup gas terbuka.

Jadi mesin tetap hidup karena bensin disuplai tidak dari pilot jet tapi dari main jet. Walaupun begitu, saat kamu melepas gas otomatis katup gas tertutup dan main jet tidak aktif kembali.

Untuk mengatasi permasalahan itu, karenanya Anda dapat kerjakan cara penyempurnaan secara mandiri di rumah. Tetapi, Anda harus tahu cara melakukan tindakan service sama sesuai type kerusakannya.

2. Ganti Filter

Bila permasalahan itu karena filter bahan bakar remuk, karenanya sesegera lakukan penggantian unit. Karena, filter bahan bakar remuk ini tidak dapat diperbaharui kembali. Akan lebih baik saat Anda mengganti filter bahan bakar lama sama dengan yang baru. Dengan kerjakan penggantian unit, karenanya permasalahan itu dapat diatasi sesegera.

3. Service di bengkel

Cara terakhir mengatasi mesin mobil mati ketika lepas gas, sesegera bawa ke bengkel terdekat untuk kerjakan pengetesan dan cara service agar kerusakan seperti fuel pump remuk, komponen perapian lewat waktu, sampai diketemukan kebocoran vakum mobil.

Untuk Anda yang membutuhkan rekomendasi bengkel untuk memperbaiki komponen mesin mobil remuk, karenanya adalah pilihan tepat. Karena, di sini semua kendaraan yang alami mesin mobil mati saat gas dilepaskan dapat diperbaharui sesegera.

Di atas adalah pembahasan berkaitan mesin mobil mati saat lepas gas baik penyebab atau cara memperbaiki. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.