Penyebab Motor Goyang Saat Kecepatan Rendah: 10 Faktor

Penyebab Motor Goyang Saat Kecepatan Rendah Dan Cara Memperbaiki – Penyebab motor goyang saat kecepatan rendah dapat bermacam-macam, mulai dari masalah pada ban, suspensi, sistem transmisi, hingga masalah pada rangka motor.

Penyebab lainnya dapat juga disebabkan oleh ban yang tidak sesuai dengan ukuran atau tipe motor yang digunakan, kerusakan pada sistem kelistrikan, kerusakan pada poros roda, atau pemasangan aksesoris yang tidak sesuai dengan standar.

Goyang pada motor dapat mengganggu kenyamanan berkendara dan dapat menyebabkan kecelakaan apabila tidak segera diatasi. Untuk mengatasi masalah goyang pada motor saat kecepatan rendah, perlu dilakukan pengecekan dan perbaikan oleh mekanik yang terlatih.

Untuk lebih jelasnya terkait penyebab motor goyang saat kecepatan rendah dan cara memperbaiki akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

penyebab stang motor goyang

Penyebab Motor Goyang Saat Kecepatan Rendah

Ada beberapa kemungkinan penyebab motor goyang saat kecepatan rendah, di antaranya:

1. Ban yang tidak seimbang atau tidak rata

Penyebab pertama motor goyang saat kecepatan rendah yaitu ban yang tidak seimbang. Ban yang tidak seimbang atau tidak rata dapat menyebabkan getaran pada motor saat digunakan. Hal ini dapat disebabkan oleh ban yang telah usang, kelebihan atau kekurangan angin pada ban, atau adanya kerusakan pada struktur ban.

2. Roda belakang yang tidak sejajar dengan roda depan

Jika roda belakang tidak sejajar dengan roda depan, hal ini dapat menjadi penyebab motor terasa goyang saat dikendarai. Penyebabnya mungkin karena adanya kerusakan pada suspensi atau karena adanya masalah pada aligmen roda.

3. Kepala stang yang tidak rata atau keropos

Kepala stang yang tidak rata atau yang telah keropos dapat menjadi penyebab motor terasa goyang saat dikendarai terutama pada kecepatan rendah. Hal ini dapat disebabkan oleh pengaruh lingkungan atau karena adanya kerusakan pada kepala stang itu sendiri.

4. Kerusakan pada per suspensi atau per stabilisator

Suspensi merupakan bagian yang penting pada motor yang bertugas untuk menyerap guncangan saat berkendara. Jika suspensi mengalami kerusakan, maka motor akan terasa goyang saat dikendarai. Hal yang sama juga berlaku untuk per stabilisator, yang bertugas untuk menstabilkan kestabilan motor.

Baca Juga  Jalur Kiprok Tiger : 5 Soket Dan Fungsinya

5. Kerusakan pada sistem transmisi

Sistem transmisi pada motor terdiri dari rantai dan kopling. Jika salah satu bagian dari sistem transmisi mengalami kerusakan, maka akan menyebabkan motor terasa goyang saat dikendarai. Sebagai contoh, jika rantai motor mengalami kerusakan atau kelebihan beban, maka akan menyebabkan motor terasa goyang.

6. Ban yang tidak cocok dengan ukuran atau tipe motor

Ban yang tidak sesuai dengan ukuran atau tipe motor yang digunakan dapat menyebabkan motor terasa goyang saat dikendarai. Hal ini karena ban yang tidak sesuai dapat menyebabkan getaran pada motor dan mengganggu kestabilan saat berkendara.

7. Kerusakan pada rangka motor

Rangka motor merupakan bagian yang penting pada sebuah motor yang bertugas sebagai penyangga seluruh bagian motor. Jika rangka motor mengalami kerusakan, maka akan menyebabkan motor terasa goyang saat dikendarai.

8. Kerusakan pada sistem kelistrikan

Sistem kelistrikan pada motor merupakan bagian yang penting yang berfungsi untuk menghidupkan dan mengoperasikan seluruh bagian motor. Jika terdapat kerusakan pada sistem kelistrikan, maka dapat menyebabkan motor terasa goyang saat dikendarai.

9. Kerusakan pada poros roda

Poros roda merupakan bagian yang menghubungkan roda dengan motor. Jika poros roda mengalami kerusakan, maka akan menyebabkan motor terasa goyang saat dikendarai.

10. Pemasangan aksesoris yang tidak sesuai dengan standar

Penyebab terakhir motor goyang saat kecepatan rendah yaitu pemasangan aksesoris. Pemasangan aksesoris yang tidak sesuai dengan standar dapat mengganggu kestabilan motor saat dikendarai. Sebagai contoh, jika terdapat aksesoris yang tidak sesuai dengan ukuran atau tipe motor yang digunakan, maka dapat menyebabkan motor terasa goyang saat dikendarai.

Sebagai tambahan, ada juga beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi kestabilan motor saat dikendarai, seperti kelebihan beban, kondisi jalan yang tidak rata, dan cuaca yang buruk. Jika Anda merasa bahwa masalah goyang pada motor Anda tidak dapat diatasi dengan cara-cara yang telah disebutkan sebelumnya, sebaiknya membawa motor ke bengkel terdekat untuk dilakukan pengecekan dan perbaikan oleh mekanik yang terlatih.

Baca Juga  Cara Menetralkan Motor Kopling: Prosedur Dan Ciri

Cara Memperbaiki Motor Goyang Saat Kecepatan Rendah

Untuk memperbaiki berbagai masalah motor goyang saat kecepatan rendah, pertama-tama Anda perlu mengetahui penyebab nya terlebih dahulu. Beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki masalah tersebut adalah sebagai berikut:

1. Periksa ban

Ban yang tidak seimbang atau tidak rata dapat menyebabkan getaran pada motor saat digunakan. Periksalah kelebihan atau kekurangan angin pada ban dan periksalah apakah ada kerusakan pada struktur ban. Jika terdapat masalah pada ban, sebaiknya ganti ban baru atau bawa ke bengkel untuk dilakukan balancing.

2. Periksa kejajaran roda

Jika roda belakang tidak sejajar dengan roda depan, hal ini dapat menyebabkan motor terasa goyang saat dikendarai. Periksalah apakah terdapat masalah pada suspensi atau aligmen roda. Jika terdapat masalah, sebaiknya perbaiki atau ganti bagian yang rusak.

3. Periksa kepala stang

Kepala stang yang tidak rata atau yang telah keropos dapat menyebabkan motor terasa goyang saat dikendarai. Periksalah apakah terdapat masalah pada kepala stang dan perbaiki atau ganti bagian yang rusak.

4. Periksa suspensi dan per stabilisator

Suspensi merupakan bagian yang penting pada motor yang bertugas untuk menyerap guncangan saat berkendara. Jika suspensi mengalami kerusakan, maka motor akan terasa goyang saat dikendarai. Periksalah suspensi dan per stabilisator motor Anda dan perbaiki atau ganti bagian yang rusak.

5. Periksa sistem transmisi

Sistem transmisi pada motor terdiri dari rantai dan kopling. Jika salah satu bagian dari sistem transmisi mengalami kerusakan, maka akan menyebabkan motor terasa goyang saat dikendarai. Periksalah rantai dan kopling motor Anda dan perbaiki atau ganti bagian yang rusak.

Jika Anda tidak yakin mengenai penyebab goyang pada motor Anda, sebaiknya membawa motor ke bengkel terdekat untuk dilakukan pengecekan dan perbaikan oleh mekanik yang terlatih.

Demikian ulasan mengenai masing-masing penyebab lain motor goyang saat kecepatan rendah. Semoga membantu.