Cara Membaca Odometer Motor: 2 Prosedur & Ulasan

Cara Mudah Membaca Odometer Motor – Setiap kendaraan terutama motor dilengkapi dengan bagian odometer. Namun terkadang pengendara masih kebingungan bagaimana prosedur membaca odometer pada motor ini.

Untuk yang asing, odometer terletak berdekatan dengan speedometer, tachometer dan informasi terkait tangki bensin. Untuk dipahami, odometer berperan sebagai panduan jumlah keseluruhnya jarak yang sudah dilakukan oleh motor.

Odometer penting sebagai dasar apa motor telah harus diservis atau memang belum. Hal ini dikarenakan pada bengkel resmi sering berpatokan pada jarak tempuh atau waktu penggunaan.

Oleh karena itu perlu dipahami terkait odometer pada motor. Untuk lebih jelasnya terkait cara membaca odometer motor akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

cara membaca odometer motor

Cara Membaca Odometer Motor

Odometer berperan sebagai tanda penggunaan kendaraan bermotor dan dapat menjadi bahan pertimbangan. Odometer ini akan memperlihatkan jarak yang telah dilakukan oleh motor itu dan dapat digunakan untuk menentukan harga. Sayang, ada banyak yang tidak dapat membaca odometer di motor. Hal ini pasti mempengaruhi perform pada motor karena waktu service motor jadi tidak teratur.

Penampilan odometer terdiri jadi dua, yaitu secara mekanik (analog) dan electronic. Odometer yang bekerja secara mekanik memercayakan bundaran yang bergerak secara mekanis. Umumnya tipe ini lebih banyak digunakan oleh mobil keluaran lama. Dan untuk mobil keluaran baru, beberapa angka odometer tampil dengan monitor digital.

Baca Juga  AC Mobil Kadang Dingin Kadang Panas: 5 Penyebab & Cara

Cara membaca odometer motor sebenarnya sangat sederhana. Rupanya berputarnya beberapa angka di odometer itu terdapat hitungan.

  1. Untuk 5 angka di muka itu untuk menujukan jarak yang dilakukan dalam unit km
  2. Dan angka yang keenam atau dalam Odometer analog itu warna hitam yang menghitung jarak secara real-time.

Odometer memakai unit km atau KM. Sebagai contoh, jika kendaraan memperlihatkan angka 20560 karena itu artinya kendaraan itu sudah tempuh jarak 20.560 km.

Nach, odometer mempunyai angka paling akhir yang dapat berputar dengan cepat bersamaan dengan kecepatan pergerakan motor. Untuk angka paling akhir ini, akan berputar-putar per 100 mtr.

Maka, contoh angkanya memperlihatkan angka 5, itu memiliki arti 500 mtr. Perputaran angka yang berada di odometer ini ditetapkan oleh perputaran ban yang dibaca oleh gigi nanas. Rerata odometer motor memiliki perolehan optimal 99.999 km.

Diatas adalah ulasan terkait cara membaca odometer motor. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -