komponen water pump

Komponen Water Pump : 8 Bagian Dan Ulasan

Komponen Water Pump – Dalam penggunaan pada sistem pendingin terdapat water pump yang didalamnya terdiri dari beberapa bagian. Setiap komponen water pump memiliki peran dan fungsi yang berbeda-beda. Lalu apa saja komponen water pump pada kendaraan?

Water pump mobil adalah segi mesin yang mempunyai peranan penting untuk atur putaran air pada radiator mobil agar suhu mesin selalu terlindung.

Peranan water pump mobil untuk menjaga kondisi mesin mobil agar tidak demikian panas. Karenanya ada proses pendingin mesin yang mempunyai peranan penting dalam menjaga suhu mesin tetap normal.

Salah satu bagian terpenting pada mekanisme pendingin ialah water pump atau pompa air. Air pendingin tidak bisa bersirkulasi ke semua water jacket pada block silinder apabila tidak ada mekanisme water pump. Hingga bisa kita simpulkan jika tanpa water pump tidak kemungkinan terjadi pendinginan pada mesin.

Mekanisme ini sangat penting, karena jika tidak ada mekanisme ini mesin bisa kemungkinan sekali alami overheating. Dalam jalankan perannya menggerakkan air ke semua bagian mesin, ada bagian water pump yang memberi dukungan.

Water pump mobil terdiri dari beberapa bagian. Beberapa bagian water pump ini memiliki peranan dan tugas masing-masing. Untuk lebih jelasnya berikut sebagai Komponen water pump pada kendaraan.

komponen water pump

Komponen Water Pump

Pada suatu water pump yang digunakan pada mobil, pada umumnya ada 8 bagian. Seperti terlihat pada gambar berikut ialah beberapa bagian yang ada pada suatu water pump mobil.

Baca Juga  Water Pump Adalah : Fungsi, & Cara Kerja Water Pump Mobil

Beberapa komponen itu ialah aliran air dari radiator, water pump impeller, housing water pump, stuffing box, shaft, pulley hub, bearing, aliran ke arah water jacket. Ada bagian tambahan sebetulnya, yaitu puli water pump. Puli ada di muka pulley hub dan akan menyambungkan beberapa komponen atau puli lain dengan V-belt. Berikut ulasan terkait komponen water pump:

1. Rotor

Rotor pada komponen water pump memiliki peranan sebagai Komponen yang berputar dan memompa air pendingin atau water coolant supaya bersirkulasi ke bermacam Komponen mesin melalui water jacket.

2. Water Pump Body

Water pump body pada bagian water pump memiliki peranan sebagai silinder yang digunakan untuk mempersempit ruang air pendingin sampai mampu menghasilkan penekanan dan water coolant dapat bersirkulasi e bermacam bagian mesin.

3. Dudukan Pulley

Dudukan pulley mempunyai peranan untuk tempat penyangga dan penghubung water pump dengan pulley (pulley kipas pendingin pada beberapa kendaraan). Pulley ini peranannya meneruskan putaran dari mesin ke segi water pump sampai water pump dapat bekerja seperti harusnya.

4. Shaft

Selain itu terdapat bagian shaft yang berfungsi sebagai kutub penghubung antara pulley dengan rotor. Putaran pada pulley yang dari mesin dapat diteruskan ke rotor untuk memompa water coolant sampai dapat bersirkulasi pada bermacam Komponen mesin melalui water jacket.

5. Bearing

Bearing sebagai satu diantaranya bagian water pump yang memiliki peranan sebagai bantalan kutub rotor sampai gesekan dapat dikurangi. Hal tersebut akan menambah daya pompa dari water pump sampai water coolant dapat jalan maksimal untuk mendinginkan mesin kendaraan.

Baca Juga  Cara Kerja CDI : Mekanisme CDI AC & CDI DC

6. Plat

Plat pada water pump memiliki peranan untuk tutup bodi water pump hingga coolant tidak berpadu dengan oli.

7. Seal

Seal mempunyai peranan sebagai perapat pada kutub rotor. Akibatnya tidak ada kebocoran yang menyebabkan air pendingin berpadu dengan oli.

8. Gasket

Bagian water pump yang terakhir yaitu gasket yang memiliki fungi sebagai perapat sampai water coolant tidak berpadu dengan oli.

Diatas adalah ulasan terkait komponen water pump yang ada di kendaraan. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Join the discussion