Cara Menyetel Komstir Motor: 13 Prosedur Dan Ulasan

Cara Menyetel Komstir Motor, Penggantian, Dan Perawatan – Apabila dirasakan pada bagian kemudi sepeda motor kamu mulai goyang, dapat ditegaskan komstir motor bermasalah. Hal ini tentu diperlukan proses perbaikan. Lalu bagaimana cara menyetel komstir motor?

Penyakit komstir mempunyai beberapa permasalah yang dapat terjadi seperti terlampau kendor atau terlampau kencang. Beberapa ciri kerusakan pada komstir cuma ada 2 yaitu terlampau kencang atau kendor. Jika komstir motor terlampau kencang, karena itu kemudi motor akan berasa belok sendiri di saat ada dibelokan dalam kecepatan rendah, sedang, dan tinggi.

Macam kekencangan komstir dapat menyebabkan pengendara sulit saat menghandle perform kecepatan dalam berakurasi. Akibatnya dapat mengakibatkan kecelakaan karena pengendara susah mengatur motor saat kecepatan tinggi. Dan jika komstir terlampau kendor, saat mesin normal di kecepatan sedang, kamu tidak rasakan apapun dan pada kecepatan tinggi juga sama.

Banyak istilah panggilan untuk komstir, ada yang mengatakan dengan Kom Leher sepeda motor. Komstir berada pada leher kemudi yang memiliki arti penting perannya, komstir terdiri dari 2 sisi yaitu sisi bawah dan sisi atas.

Bila komstir atau kom leher alami kerusakan dapat di rasakan saat kita berkendaraan, stang berasa goyang atau ada bunyi bentrokan di saat di jalan yang berlobang atau hancur.

Bila anda tidak pernah melakukan penyetelan komstir. Pada intinya menyetel komstir motor sangat gampang, cukup dengan lakukan langkah-langkah. Untuk lebih jelasnya terkait cara menyetel komstir motor, cara mengganti, dan perawatan akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

cara menyetel komstir motor

Cara Menyetel Komstir Motor

Cara menyetel komstir motor ini sebetulnya lumayan gampang saja dan anda dapat kerjakan sendiri di rumah. Hal ini tentu cukup untuk mengirit biaya. Nach cara meyetel komstir motor yang kendor diantaranya yaitu:

1. Penyiapan

Cara pertama sebelum menyetel komstir pada motor yaitu proses persiapan. Proses persiapan ini terdiri dari:

  • Pertama persiapkan alat alatnya yaitu Kunci L 5,Kunci 10, Obeng plus, Obeng minus dan Palu. Sesudah semua alat siap silahkan kita teruskan untuk eksekusi komstirnya
  • Cara selanjutnya,kendorkan ke-2 baut dan bebaskan pelat nomor dari dudukanya dengan memakai kunci L 5.
  • Karena Pelat nomor menggunakan baut L,bila pelat nomor motor anda gunakan obeng memiliki arti tinggal dikendorkan bautnya dengan obeng.
  • Seterusnya kendorkan baut dan bebaskan dudukan pelat nomor motor vario anda dengan kunci 10. Jumlah baut ini ada juga dua,kiri dan kanan,anda dapat memakai kunci 10 ring,cocok atau kunci T.
  • Selanjutnya kendorkan ke-2 buah baut cover yang ada di bawah kepala motor vario anda dengan obeng plus. Baut ini ada juga disamping kanan dan kiri.
  • Bebaskan semua dan sesudah baut diambil cara seterusnya adalah buka sampul depan yang berdi belakang pelat nomor. Cara melepaskan atau buka cover itu dengan cara didorong keatas sampai lock lepas.
  • Sesudah cover itu terbuka karena itu kita akan menyaksikan tempat stang motor vario yang ada di kabel kabel. Status komstir ini ada di stang dengan kaki motor.
Baca Juga  Cara mengatasi Radiator Bocor: 13 Prosedur Dan Ulasan

2. Penyetelan

Sesudah anda menyaksikan di mana sisi komstirnya,saat ini waktunya untuk mengawali penyetelan komstir supaya sesuai yang diharap. Prosedur atau cara menyetel komstir motor yaitu terdiri dari:

  • Untuk mengubah komstir supaya lebih kuat adalah dengan cara memutar komstir vario anda arah ke kiri atau jika dikomstirnya memiliki arti sejalan dengan jarum jam. Untuk mengendorkanya yaitu terbalikanya atau kekanan atau bersimpangan dengan arah jarum jam.
  • Cara memutar komstirnya adalah dengan memakai kontribusi obeng minus dan palu atau alat gituk lainnya yang perlu kuat untuk memukul obeng dan komstirnya dapat bergerak.
  • Triknya adalah lekatkan obeng minus anda di bagian komstir yang ada celahnya,selanjutnya ketuk dengan alat jam atau palu yang telah disiapkan. Ketuk dikit demi sedikit sekalian dibarengin dengan pengujian sampai mendapati setel yang tepat.

3. Pengetesan

Cara menyetel komstir motor yang terakhir adalah pengujian atau pengetesan yaitu:

  • Sesudah penyetelan usai, coba cek sudahkah sesuai yang anda harapkan. Cara memeriksanya adalah dengan cara menggoyang goyangkan ke-2 shock depan dengan tangan anda apa masih tetap ada pergerakan seperti speleng.
  • Bila ingin lebih tepat dalam pengujian karena itu kerjakan tes drive dengan memakai motor vario anda dan rasakan ketidaksamaan dengan saat sebelum distel komstirnya.
  • Masihkah berasa jedug atau ada bunyi atau stang masih ngeloyor atau keadaan lainnya. Jika berasa karena itu kerjakan penyetelan dengan cara di atas (diketuk)
Baca Juga  Kapan Kipas Radiator Mobil Berputar: Waktu Dan Ulasannya

Cara Mengganti Komstir Motor

Bila cara menyetel komstir motor telah dilaksanakan tetapi komstir masih berasa tidak nyaman. Coba kerjakan pengujian pelor (ball bearing) di bagian atas dan bawah leher motor. Umumnya pelor yang kerap alami permasalahan (haus) tidak pada sisi dudukannya. Atau check sisi baering kemungkinan ada yang kendor, dengan lakukan perputaran (Mengencangkan dengan memakai obeng gepeng dan di jam dengan palu). Seharusnya tidak boleh terlampau kencang atau terlampau kendor, yakinkan status stang senyaman mungkin. Cara mengganti komstir motor diantaranya yaitu:

  1. Berikan lebih dulu stemplet atau gendut pada tempat pelor ditempatkan di bagian komstir.
  2. Mengatur status pelor dengan rata, janganlah sampai ada sela, yang hendak menyebabkan komstir akan goyang.
  3. Pasang lagi komstir di bagian leher motor dengan perlahan-lahan, supaya pelor yang telah di bubuhi stemplet tidak berubah atau terlepas.
  4. Mengencangkan 2 biji bearing sebagai pengikat komstir dengan leher motor.
  5. Setel dengan kenyamanan saat berkendaraan.

Cara Merawat Motor Supaya Komstir Tahan lama

Setelah mengetahui cara menyetel dan mengganti komstir motor, maka perlu diketahui pula cara merawat. Perawatan sisi komstir agar motor nyaman dikemudikan. Komstir sebagai elemen penting untuk sepeda motor. Saat elemen ini bermasalah, kemudi motor tidak nyaman saat dikemudikan.

Karena itu, kamu perlu merawat sisi motor ini. Agar motor kamu masih tetap nyaman saat dikemudikan. Penting sekali untuk merawat komstir motor, nyamannya motor cocok dikemudikan satu diantaranya bergantung dari komstir itu.

Ada banyak hal yang kamu harus lihat dalam merawat motor, supaya sisi komstir motor kamu masih tetap tahan lama. Berikut adalah cara merawat komstir pada motor agar awet:

  1. Jauhi memakai kecepatan tinggi di jalan yang tidak rata atau jalan hancur
  2. Tidak boleh menyikat polisi tidur dengan kecepatan tinggi
  3. Rajin memeriksa sisi komstir motor
  4. Beri pelumas di bagian komstir motor secara periodik

Diatas adalah ulasan terkait cara menyetel komstir motor, cara mengganti, dan perawatan. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.