Bagian Bagian Portable Power Grinder: 5 Bagian & Ulasan

Sebutkan Bagian Bagian Portable Power Grinder – Dalam penggunaannya portable power grinder dilengkapi dengan beberapa bagian penting. Setiap bagian memiliki peranan sendiri sendiri. Apabila di sebutkan, apa saja bagian bagian dari portable power grinder?

Portable power grinder sendiri merupakan salah satu dari bagian power tools. Alat ini menjadi salah satu perkembangan dari grinder biasa yang digunakan untuk kemudahan dalam menggunakan dan penyimpanan.

Oleh karena itu, setiap bagiannya ada yang sama dengan grinder biasa, akan tetapi juga dilengkapi bagian lainnya. Berikut akan di sebutkan bagian bagian portable grinder secara lebih rinci pada artikel berikut ini.

sebutkan bagian bagian portable grinder

Fungsi Portable Power Grinder

Portable power grinder sebenarnya sama dengan grinder biasanya. Bodi grinder bisa dibuat dari logam atau plastik. Ukuran gerinda dikelompokkan berdasar kecepatan (rpm) dan ukuran grinding wheel yang dipakai.

Fungsi dari portable power grinder adalah untuk menggerinda hasil pengelasan, melembutkan permukaan dan bersihkan karat.

Dipakai di lokasi yang tidak mungkin untuk menakutkan benda kerja di pedestal grinder. Portable power grinder digenggam dengan tangan dan dioperasionalkan di atas sektor yang ditangani.

Jika portable power grinder dipakai untuk melembutkan satu permukaan, hasil kualitasnya tidak sama dengan dari hasil gerinda yang menggunakan mesin. Pakai cuma portable power grinder pada tempat di mana permukaan akhir tidak begitu penting.

Baca Juga  Cara Kerja Rem Tromol Mobil : Pengertian, Komponen, Dan Prinsip Kerja

Portable power grinder ada dalam bermacam-macam dan ukuran. Dalam penggunaannya terdapat seperti lightweight grinder, cone wheel grinder, horizontal grinder dan surface grinder.

Bagian Bagian Portable Power Grinder

Setelah mengetahui fungsi dari portable power grinder maka perlu juga diketahui komponen komponennya. Apabila di sebutkan bagian bagian portable power grinder adalah:

  1. Bodi yang meredam motor atau drive unit sebagai salah satu bagian yang digunakan untuk melindungi bagian mesin yang ada didalamnya.
  2. Handle sampai ke tempat sambungan power source adalah bagian yang digunakan untuk memegang grinder dan memudahkan dalam proses pengoperasian.
  3. Kontrol lever untuk power adalah salah satu komponen yang digunakan untuk mengontrol kecepatan dan kerja dari alat power tools ini.
  4. Grinding wheel menjadi bagian pokok dari alat ini berbentuk lingkaran dan menjadi permukaan yang bergesekan dengan benda kerja.
  5. Attachment lain digunakan untuk lebih memudahkan dalam mengoperasikan portable power grinder.

Menggunakan Portable Power Grinder

1. Hal Yang Harus Diperhatikan

Hal yang perlu diperhatikan atau menjadi perhatian ketika menggunakan portable power grinder adalah:

  • Grinder disc diputar pada kecepatan yang sekitar di antara 5.000 rpm sampai 12.000 rpm.
  • Makin kecil gerinda karena itu makin tinggi putarannya. Sanding disc dan wire wheel bisa terpasang pada gerinda, hingga membuat jadi electric tool yang serba buat.
  • Abrasive disc terpasang pada gerinda dengan flange dan nut. Nut direncanakan khusus untuk disamakan dengan cerukan di bagian tengah pad atau wheel. Nut dikencangkan dengan menggunakan wrench yang ada di gerinda saat dibeli.
Baca Juga  Fungsi Throttle Body : 3 Peran Dan Komponennya

2. Cara Menggunakan Portable Power Grinder

  • Yakinkan supaya grinding disc ada pada pojok 150 dengan benda yang digerinda.
  • Yakinkan benda yang digerinda ada di ketinggian pinggang saat proses penggerindaan.
  • Stop penggerindaan pada jeda tertentu untuk istirahatkan tangan dan lengan.
  • Sesudah usai menggerinda, bebaskan power dan tempatkan gerinda di atas kursi dengan disc mengarah ke atas. Tidak boleh menempatkan gerinda dengan mengarah ke bawah sampai disc stop berputar.

Diatas sudah di sebutkan terkait bagian bagian dari portable power grinder. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.