Ciri Ciri Bearing Water Pump Rusak: 6 Gejala Dan Ulasan

Ciri Ciri Bearing Water Pump Rusak – Dalam water pump ada bearing atau bantalan yang kadang alami kerusakan. Ini pasti memunculkan beragam gejala. Lantas Apa ciri ciri bearing water pump rusak pada mobil?

Water pump sebagai komponen mobil yang ada dekat dengan radiator dan memiliki peran dalam proses pendingin mobil. Proses pendingin mobil ini bekerja untuk mengatur stabilitas suhu pada mesin agar mobil tidak mudah alami overheat.

Dalam proses pendingin mobil, water pump memiliki tugas untuk membantu berjalannya putaran air radiator yang berperanan untuk mendinginkan mesin saat mobil sedang dihidupkan. Karena itu, saat mesin mobil dinyalakan, air dalam radiator akan mendidih dan water pump akan kerjakan putaran air untuk menjaga mesin mobil tetap dalam suhu yang optimal.

Untuk memperjelasberkaitan ciri ciri bearing water pump pada mobil rusak akan dibahas lebih pada dalam artikel di bawah ini.

ciri ciri bearing water pump rusak

Ciri Ciri Bearing Water Pump Rusak

Setelah kita kenali gejala yang berada di mesin karena water pump rusak. Seterusnya adalah ciri ciri bearing water pump rusak yang bisa kita saksikan saat water pump di bedah untuk dikerjakan penggantian. Berikut ciri ciri bearing water pump rusak yakni:

1. Ada resapan air di sekitar bodi water pump

Ciri ciri bearing water pump rusak yang paling mudah untuk menjadi perhatian adalah munculnya resapan air pendingin di sekitar bodi water pump. Resapan air yang ada di sekitar bodi water pump ini umumnya akan munculkan sisa air pendingin.

Jika menggunakan air biasa, tersisa resapan akan kelihatan warna coklat. Apabila menggunakan coolant, umumnya akan warna hijau keputih-putihan atau kemerahan sesuai sama warna coolant yang dipakai.

Ada resapan air pendingin di sekitar bodi water pump ini menunjukkan bila water pump mulai alami korosi atau bearing rusak sampai air pendingin merembes keluar.

Baca Juga  Mobil Susah Distarter Saat Mesin Dingin: 5 Faktor & Perbaikan

2. Pulley water pump oblak

Ciri ciri bearing water pump rusak yang seterusnya bisa kita ketahui saat pengujian adalah pulley water pump terasa oblak saat di goyang-goyang. Oblaknya pulley ini muncul karena bearing water pump sudah aus dan oblak sampai membuat putaran pulley jadi oleng dan tidak seimbang saat berputar.

Selain itu, pulley water pump yang oblak ini akan mengakibatkan munculnya bunyi mendengung saat mesin hidup.

3. Baling-baling pada water pump pecah dan korosi

Disamping itu baling-baling pendingin pada water pump pecah atau korosi termasuk juga ciri atau gejala. Kipas water pump ini akan terus menerus tergenangi oleh air pendingin mesin. Maka dari itu, lama-lama kipas ini akan mengalami korosi karena dengan bahan yang umum dibikin dari besi.

Jika bahannnya dibikin dari teflon, persoalan yang sering ada adalah baling-baling water pump pecah. Kerusakan pada baling-baling water pump ini akan membuat air pendingin tidak dapat bersirkulasi seperti harusnya walaupun pulley water pump terlihat berputar dengan normal. Menyebabkan mesin akan mengalami overheat.

4. Mesin Overheat

Mesin overheat (panas terlampau berlebihan) sebagai gejala pertama yang paling sering ada saat water pump alami kerusakan. Water pump yang rusak, menyebabkan putaran air pendingin dalam mesin jadi tidak jalan sampai lama-lama akan air akan berkurang atau habis karena panas terlalu berlebih.

Air bersuhu panas dalam mesin yang seharusnya ditukar oleh air bersuhu dingin dari radiator, tidak dapat dikerjakan (diteruskan) karena water pump rusak.

Panas terlalu berlebih ini akan munculkan penekanan dan membuat air radiator terdorong keluar melalui penampungan air radiator (reservoir tank). Menyebabkan, mesin tidak mendapat pendinginan yang cukup sampai air radiator akan mendidih dan membuat mesin jadi overheat.

Baca Juga  Cara Mengendarai Motor Kopling: Saat Macet, Di Tanjakan & Turunan

5. Putaran air radiator tidak jalan

Gejala seterusnya yang akan berada di mesin saat bearing water pump rusak adalah putaran air radiator tidak jalan. Semua air pendingin hanya akan mengalir saat water pump pada kondisi yang baik, tanpa water pump putaran air pendingin ini akan setop.

Putaran air pendingin dapat kita tonton dengan membuka tutup radiator. Jika water pump rusak, karenanya air pendingin terlihat tidak mengalir dan seperti terlihat menggenang saja. Tapi, jika water pump pada kondisi bagus, karenanya air pendingin akan terlihat mengalir cepat dalam radiator ke mesin, ditambahkan setelah suhu kerja mesin sudah diwujudkan.

6. Ada bunyi mendengung dari water pump

Ciri ciri bearing water pump radiator rusak yang paling akhir adalah bakal ada bunyi mendengung dari water pump. Bunyi mendengung ini dapat terjadi saat bearing (klaher) yang dipasang pada water pump sudah oblak. Untuk membuat lancar putaran impeller (baling-baling pompa) pada kutub water pump dipasangkan sebuh bearing dan seal.

Bertepatan masa pakai water pump, bearing ini lama-lama akan mengalami keausan dan oblak. Keausan yang terjadi di bearing bisa membuat kutub water pump jadi oleng saat berputar sampai munculkan bunyi mendengung pada mesin pada tempat water pump ini.

Jika pada mobil anda terdengar suara bunyi mendengung dari water pump dan saat pengujian pulley water pumpnya juga ikut oblak, karenanya ini menjadi gejala bearing water pump oblak.

Di atas adalah pembahasan berkaitan ciri ciri bearing water pump rusak. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.