Cara mengatasi Radiator Bocor: 13 Prosedur Dan Ulasan

Cara Mengatasi Radiator Bocor – Ada banyak cara mengatasi radiator mobil bocor yang dapat dilakukan sendiri. Caranya lumayan gampang, namun tetap memerlukan kecermatan. Lalu bagaimana cara mengatasi radiator yang bocor?

Radiator selalu harus pada keadaan yang maksimal, karena bila tidak bisa punya pengaruh pada temperatur mesin yang tidak konstan. Temperatur mesin benar-benar punya pengaruh pada performa mobil anda, bila terlampau rendah karena itu bisa menyebabkan pemakaian bahan bakar semakin banyak karena pembakaran tidak prima.

Kebalikannya bila temperatur mesin anda terlampau tinggi karena itu bisa berpengaruh pada munculnya suara mesin yang tidak enak didengarkan atau overheating yang dapat mengganti wujud material elemen mesin. Oleh karena itu temperatur mesin harus terus jadi perhatian apa lagi ketika melancong dalam jarak yang lumayan jauh.

Janganlah sampai permasalahan ini didiamkan saja dan justru mengakibatkan mobil jalan dengan keadaan radiator tidak bekerja optimal. Risiko overheat dapat terjadi, dan mesin mobil dapat berhenti di tengah-tengah jalan. Untuk lebih jelasnya terkait cara mengatasi radiator bocor akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

cara mengatasi radiator bocor

Lokasi Kebocoran Radiator

Sebelum mengetahui cara mengatasi radiator bocor maka perlu dipahami area mana yang sering mengalami kebocoran. Bila radiator mobil bocor, sia-sia saja isi berkali-kali radiator dengan coolant. Pasti menyusut kembali dan kembali. Oleh karenanya, pemicu kebocoran harus dicari dan selekasnya ditangani. Karena itu bisa diambil kesimpulan jika jalan keluar mengatasi kebocoran ini adalah dengan mendapati pemicu permasalahan.

Baca Juga  Cara Mematikan Alarm Motor Vario 150: 3 Prosedur

1. Tutup Radiator Kurang Rapat

Kebocoran bisa jadi muncul karena tutup radiator rupanya tidak rapat dalam penempatan. Mengakibatkan, air radiator dapat rembes. Cara mengatasi permasalahan ini adalah dengan kencangkan penempatan tutup radiator. Dan supaya peristiwa ini tidak terulang lagi, sebaiknya menukar tutup radiator dengan tutup radiator yang lebih hebat.

2. Kebocoran di Dinding Atau Ujung Radiator

Untuk cara mengatasi radiator yang bocor dibagian dinding maka perlu dilakukan penggantian. Bila dinding radiator yang bocor, memiliki arti ada permasalahan serius yang penting ditambal. Untuk menanganinya, anda perlu sesuaikan dengan tipe bahan radiator.

Untuk radiator dengan bahan plastik, anda dapat mengatasi kebocoran dan rengat dengan memakai lem araldite. Dalam pada itu, bila radiator memakai bahan aluminium, anda dapat memakai pengelasan aluminium atau lem besi. Tetapi benar-benar dianjurkan untuk pergi ke arah tempat servis radiator untuk lakukan pembaruan radiator.

Cara Mengatasi Radiator Bocor

Bila titik bocor radiotor mobil sedikit dan tidak besar karena itu pengatasan simpel bisa jadi dilaksanakan, terkecuali bila radiatornya telah bobol dan mempunyai lubang yang lumayan besar karena itu radiator mobil harus selekasnya ditukar. Adapun cara mengatasi radiator bocor yang bisa dilakukan bila radiator belum hancur kronis adalah, seperti berikut:

  1. Pastikan lokasi kebocoran ada pada radiator tidak pada selang. Bila kebocoran terjadi pada ikatan selang karena itu cukup di lem dengan memakai sealer anti panas dan di klem.
  2. Bila sudah ditegaskan kebocoran terjadi pada radiator karena itu persiapkan kunci cocok, kunci inggris, obeng plus, obeng minus, dan tang dari bengkel, tetannga, atau rekan paling dekat.
  3. Selanjutnya persiapkan radiator coolant atau air kran.
  4. Persiapkan lem besi, anda dapat minta punya rekan atau tetangga bila ada. Tetapi bila anda berasa berat karena itu lebih bagus membeli langsung dari toko material paling dekat.
  5. Sesudah semua alat dan bahan sudah siap, mulai buka radiator dengan beberapa alat yang sudah disiapkan.
  6. Buanglah air tersisa yang ada dalam radiator.
  7. Bila titik kebocoran sudah diketemukan, karena itu rapatkanlah bilah radiator dengan tang ditolong obeng minus.
  8. Selanjutnya Tambahkan lem besi pada tempat kebocoran itu dengan rata dan ditebalkan.
  9. Angin-anginkan sekitaran 15 menit sampai lem telah kering secara baik.
  10. Sesudah semua usai, pasang lagi radiator memakai perlengkapan yang sudah dipersiapkan, ingat baik status baut dan janganlah sampai ada yang ketinggal.
  11. Sesudah dipasang secara baik, isikan radiator sama air yang sudah disiapkan.
  12. Apabila proses yang sudah dilakukan sudah selesai, maka hidupkan mesin dan check baik apa masih tetap ada kebocoran. Bila tidak ada kebocoran yang kelihatan, itu maknanya mobil anda siap untuk kembali dipakai.
  13. Perlu untuk selalu jadi perhatian, bila proses itu tidak tahan lama dan kerusakan terjadi kembali..
Baca Juga  Jika Kumparan Voltage Regulator Putus Yang Terjadi Adalah?

Diatas adalah ulasan terkait cara mengatasi radiator mobil yang bocor. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.