Cara Menyetel Wiper Mobil: 4 Proses Penyetelan

Cara Menyetel Wiper Mobil – Wiper mobil merupakan salah satu bagian penting kendaraan yang perlu dilakukan penyetelan dan perawatan. Lalu bagaimana cara menyetel wiper mobil?

Akibat baut kendor atau faktor lain mengakibatkan wiper tidak bisa menjangkau semua kaca kendaraan. Jika ini didiamkan tentu saja akan mengakibatkan jarak pandang sopir menyusut karena kotoran.

Menyetel wiper mobil perlu dilaksanakan agar bisa bekerja yang baik. Untuk prosesnya gampang dan dapat dilaksanakan sendiri di dalam rumah, bahkan juga alatnya sederhana cuma kunci 12 dan obeng saja bisa eksekusi. Wiper sendiri benar-benar bermanfaat khususnya saat musim hujan, karena saat berkendara pada keadaan hujan memerlukan performa wiper yang optimal supaya visibility sopir selalu terlindungi.

Wiper mobil menjadi satu diantara elemen kendaraan yang cukup penting khususnya saat musim hujan. Perawatan dan penyetelan dibutuhkan agar bisa bekerja yang baik dan kaca depan mobil dapat dijangkau semuanya.

Ingat ketika berada kotoran dan debu yang melekat di kaca mobil bisa mengusik visibility sopir pada jalanan. Untuk lebih jelasnya terkait cara menyetel wiper mobil akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

cara menyetel wiper mobil

Cara Menyetel Wiper Mobil

Sebetulnya proses penyetelan wiper mobil tidak susah dan bisa dilaksanakan sendiri di rumah. Disamping itu pun tidak membutuhkan alat khusus atau sst tetapi cuma memakai kunci pass ring ukuran 12. Berikut ulasan berkenaan cara menyetel wiper mobil:

Baca Juga  Cara Meninggikan Rem Mobil : 6 Cara & Ulasan

1. Menyiapkan Alat Dan Bahan

Langkah awal pada proses atau cara menyetel wiper mobil adalah menyiapkan alat dan bahan. Sebetulnya alat yang diperlukan juga simpel yaitu cuma memakai kunci pass ukuran 12. Kunci pass ring ini yang hendak dipakai untuk buka baut pengunci wiper arm.

2. Buka Tutup Wiper Arm

Di bagian bawah dekat sama engsel wiper arm ada tutup wiper arm. Tutup ini berperan membuat perlindungan baut pengunci wiper arm dari air hingga bisa terjadi oksidasi dan berkarat. Membuka tutup wiper arm ini dengan cara menarik keatas. Jika kesusahan bisa memakai obeng (-) untuk menolong mencungkil tutup itu.

3. Mengendorkan Baut Pengunci Wiper Arm

Jika tutup wiper arm telah dibuka maka terlihat baut pengunci yang mempunyai ukuran 12 Untuk menyetel wiper karena itu kendorkan baut pengunci ini dengan memutar arah ke kiri atau bersimpangan dengan arah jarum jam. Kendorkan sampai baut pengunci lepas.

Sesudah lepas ketuk sedikit di bagian pengunci wiper arm supaya kotoran lenyap. Selanjutnya ambil keatas wiper arm sampai lepas dari dudukannya. Pasang lagi dan posisikan wiper arm sama sesuai keperluan. Jika terlampau keatas karena itu posisi wiper arm sedikit di turunkan. Kebalikannya jika status wiper terlampau ke bawah karena itu posisikan wiper sedikit ke atas.

Sesudah posisi pas, karena itu masukan kembali wiper arm ke dudukannya sekalian didesak secara perlahan-lahan supaya wiper arm bisa masuk pas ke dudukannya. Kemudian pasang lagi baut pengunci wiper arm dan mengencangkan dengan memutar arah ke kanan atau sama arah jarum jam.

Baca Juga  Jalur Kiprok Tiger : 5 Soket Dan Fungsinya

Tetapi ada banyak wiper yang tidak memakai baut pengunci tetapi memakai pengunci yang bisa dilepaskan dengan cara di congkel memakai obeng.

4. Coba Setelan Wiper

Cara menyetel wiper mobil yang terakhir yaitu mencoba. Untuk menahan berlangsungnya kerusakan karena itu meningkatkan lebih dulu posisi wiper (tidak boleh lekatkan ke kaca lebih dulu). Kemudian coba menghidupkan sakelar wiper, dan yakinkan wiper bisa bergerak secara baik dan capaian gerakan tidak melewati sektor kaca.

Sesudah wiper bisa bergerak turun naik secara baik selanjutnya matikan dan lekatkan wiper ke kaca dan hidupkan kembali untuk menghitung jarak capaian wiper sudahkah selaras ataukah belum. Jika sudah sama sesuai karena itu pasang lagi tutup baut pengunci wiper arm. Jika belum sama sesuai karena itu bisa mengulang cara 3 sampai diketemukan sesudah wiper mobil yang betul atau sama sesuai keperluan.

Di atas sebagai ulasan berkenaan cara menyetel wiper mobil yang betul. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana dan pengetahuan.