jalur kiprok vixion

Jalur Kiprok Vixion (New Dan Old) : 8 Soket Kabel Dan Ulasannya

Jalur Kiprok Vixion – Pada motor yamaha terbaru seperti vixion pasti terdapat kiprok yang terdiri dari beberapa soket. Setiap jalur kabel pada soket kiprok ini memiliki fungsi yang berbeda. Lalu bagaimana jalur kiprok vixion?

Kiprok sebuah elemen kelistrikan yang berada di sepeda motor, yang mana kiprok ini berperan sebagai penstabil arus dan tegangan saat sebelum masuk di aki dan elemen yang lain yang berada di sepeda motor. Karena arus yang masuk di aki atau ke elemen kelistrikan yang lain harus konstan, jangan rendah atau tinggi. jika arus yang ke arah aki begitu besar maka terjadi overcharger apabila arusnya begitu kecil karena itu dapat membuat tekor akinya.

Kiprok berperan sebagai penyearah arus dari AC ke DC, yang mana arus AC dari spull yang berbentuk arus AC akan diganti di kiprok jadi arus DC. Pokoknya kiprok pada motor itu berperan sebagai penyearah atau Rectifer dari AC (alternating Current) ke DC (Direct current) dan penstabil arus.

Pada motor yamaha vixion terdapat dua series yaitu vixion old, dan new vixion. Keduanya memiliki perbedaan pada jalur kiproknya. Oleh karena itu perlu pemahaman agar tidak salah dalam proses perbaikan. Untuk lebih jelasnya berikut pembahasan terkait jalur kiprok vixion baik vixion old maupun new vixion.

Jalur Kiprok Vixion

1. Jalur Kiprok Vixion New

Adapun soket kiprok Yamaha New Vixion Lightning dan Yamaha Mio j mempunyai kesamaan, jadi kalian bisa sama-sama pasang kiprok di antara ke-2 motor itu. Karena ke-2 nya PnP saja, yang membandingkan hanya kodenya saja. Pada Kiprok New Vixion Lightning memiliki kode SH789BA dan kiprok Mio J memiliki kode SH789AA

Baca Juga  Penyebab Radiator Panas : 10 Faktor & Cara Memperbaiki

jalur kiprok vixion

Keterangan

  • Jalur pertama kabel warna merah sebagai kabel positif (+) 12 volt ke arah aki
  • Kedua, kabel warna kuning, kabel lampu (+)
  • Ketiga, kabel warna putih sebagai pengisian dari spull
  • Keempat, kabel warna hitam sebagai kabel ground/massa dari spul(-)

Jika saat rpm di atas 3.000 rpm pengisian 14,xx volt itu maknanya pengisiannya normal ya. New Vixion Lightning dan Mio J ini jika akinya dilepaskan karena itu mesin akan mati ya. Karena New Vixion Lightning dan Mio J ini dalam kiproknya ada AVR ia tidak bekerja bila aki tidak dipasang. Karena aki dipakai sebagai operan balik dan sekalian meminimalkan kerusakan kiprok bila terjadi turun pada aki.

2. Jalur Kiprok Vixion Old

jalur kiprok vixion

Keterangan

  • Positif (+) Aki, kabe warna merah
  • Ground atau massa, kabel warna hitam
  • Ketiga, Output dari spul, kabel warna putih
  • Output dari spul, kabel warna putih
  • Output dari spul, kabel warna putih

Diatas adalah ulasan terkait jalur kiprok vixion baik yang new vixion maupun vixion old. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Join the discussion