Cara Memperbaiki Kaca Mobil Yang Tidak Bisa Naik: 5 Prosedur

Cara Memperbaiki Kaca Mobil Yang Tidak Bisa Naik – Apa kaca mobil Anda pernah tidak bisa dinaikkan dan di turunkan? Tentunya hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Lalu bagaimana cara memperbaiki kaca mobil yang tidak bisa naik?

Untuk proses perbaikannya sendiri diperlukan identifikasi terhadap berbagai faktor penyebabnya. Untuk lebih jelasnya terkait cara memperbaiki kaca mobil yang tidak bisa naik dan penyebabnya akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

cara memperbaiki kaca mobil yang tidak bisa naik

Penyebab Kaca Mobil Tidak Bisa Naik dan Turun

Terdapat berbagai penyebab kaca mobil tidak bisa naik dan turun atau dengan kata lain macet. Berikut beberapa penyebabnya:

1. Umur Pemakaian

Penyebab kaca kendaraan tidak bisa turun atau naik bisa karena diantaranya karena motor pendorong kurang kuat karena umur penggunaan. Hal yang lain adalah mekanikal regulator macet, run kaca atau rel kaca untuk naik turun macet karena terhalang kotoran yang menimbun saat penggunaan kendaraan.

2. Kerusakan switch

Penyebab yang lain kaca mobil tidak bisa naik turun adalah elemen dalam switch naik turun kaca kotor hingga listrik tidak tersalurkan dengan prima. Dan penyebab yang lain bisa karena sekring mekanisme naik turun kaca putus.

3. Kotoran atau debu

Debu yang menimbun akan menutup karet jendela hingga kaca susah dinaikkan atau di turunkan. Disamping itu power window yang berperan menaikkan dan menurunkan kaca mobil dapat mengalami kerusakkan.

4. Kerusakan sistem power window

Bila power window rusak, karena itu sudah pasti kaca mobil Anda tidak akan bisa dinaikkan dan di turunkan sampai power window Anda diperbarui.

Bila ke-2 nya telah Anda check dan tidak ada permasalahan, Anda bisa memeriksa sekring dan mekanisme kelistrikan yang ada. Sekring berperan untuk menjaga arus listrik yang disalurkan masih tetap pada arus yang semestinya. Bila saluran arus listrik terlampau besar, sekring bisa rusak hingga power window tidak bisa berperan.

Baca Juga  Kunci Otomatis Mobil Tidak Berfungsi: 11 Penyebab & Perbaikan

Cara Memperbaiki Kaca Mobil Yang Tidak Bisa Naik

Cara memperbaiki kaca mobil yang tidak bisa naik atau turun harus diketahui karena termasuk permasalahan umum untuk pemilik kendaraan. Kaca mobil yang macet kadang menjadi satu diantara permasalahan menyebalkan dan menyusahkan. Masalahnya kaca mobil yang tidak bisa naik pasti akan mengakibatkan permasalahan serius, khususnya saat musim penghujan. Cara memperbaiki kaca mobil yang tidak bisa naik atau turun yaitu:

1. Membersihkan debu pada karet

Cara memperbaiki kaca mobil tidak bisa naik yang pertama adalah dengan membersihkan debu pada karet jendela memakai kain. Harus dipahami, bila debu pada karet jendela jarang-jarang dibersihkan oleh pemilik mobil, karena itu terdapat penimbunan kotoran.

Debu yang menimbun pada jendela ini bisa menghalangi kaca mobil atau power window untuk naik. Jika kaca sukses bergerak naik sesudah debu dibikin bersih memakai kain, penyebab bisa terjadi karena pemilik kendaraan jarang memerhatikan kebersihan jendela.

2. Cara memperbaiki kaca mobil yang tidak bisa naik dengan menyemprot silicon spray

Pembersihan debu dengan memakai kain umumnya telah efisien menangani kaca mobil yang macet. Tetapi, bila cara ini telah dilaksanakan tetapi kaca mobil masih tetap tidak bisa naik, karena itu perlu dilaksanakan cara lain yaitu dengan pembersihan yang lebih dalam.

Pembersihan lebih dalam bisa dilaksanakan dengan menyemprot silicon spray pada tempat run door glass. Tidak cuma bisa menangani kaca mobil yang tidak bisa naik, menyemprot silicon spray pada jendela akan membuat karet jadi tahan lama serta awet.

Baca Juga  Jalur Kiprok RX King : 4 Kabel Dan Ulasannya

3. Memakai Shampoo

Cara tepat untuk mengatasi kaca mobil yang tidak bisa naik atau turun adalah memanfaatkan shampoo. Jalan keluar pintar satu ini bisa diaplikasikan saat sisi rel kaca diketemukan benda asing seperti kerikil kecil, serpihan daun kering, tangkai tanaman, dan benda asing yang lain. Benda asing itu membuat gerakan kaca terganggu.

4. Manfaatkan Minyak Goreng

Siapa yang akan menduga jika minyak goreng menjadi bahan supaya kaca jendela mobil tidak kembali macet. Proses perbaikan kaca mobil yang tidak bisa naik atau turun yang satu ini bisa menjadi alternative terbaik. Di-claim baik karena dapat menyelesaikan permasalahan itu tanpa mengeluarkan dana tinggi.

Cara aplikasinya juga termasuk cukuplah gampang, di mana minyaknya dibuka memakai ujung jarum pentul lalu lumasi karet jendela dan sisi reel kaca.

Tuang secara perlahan-lahan supaya minyak tidak meluber ke sisi mobil yang lain, karena karakter minyak yang licin ditakuti mencelakakan penumpang kendaraan.

5. Cairan Semir Ban

Salah satu cara terakhir untuk memperbaiki kaca mobil macet atau tidak bisa naik turun adalah memanfaatkan cairan semir ban. Semir satu ini mempunyai karakter licin yang di-claim sanggup memperlancar gerakan kaca. Semprot cairan semir pada antara lubang kaca sisi atas dan bawah.

Diamkan sampai cairan semirnya masuk ke sela karet kaca, lalu pencet tombol power window untuk lakukan pengujian apa cara memperbaiki kaca mobil yang tidak bisa naik ini telah sukses dilaksanakan.

Diatas adalah ulasan terkait cara memperbaiki kaca mobil yang tidak bisa naik dan penyebabnya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -