Cara Membuka Jok Motor Vario : Dengan Kunci Dan Tanpa Kunci

cara membuka jok motor vario tanpa kunci

Cara Membuka Jok Motor Vario – Pada motor honda seri terbaru terutama matic baik honda vario,beat, dan lain sebagainya sudah menggunakan tombol sebagai pembuka jok motornya. Namun adanya tombol ini terkadang membuat bingung beberapa orang. Lalu bagaimana cara membuka jok motor vario?

Pada awalnya, jok motor biasanya menggunakan kunci kontak biasa untuk membukanya. Hal ini tentunya sedikit merepotkan ketika ingin melakukan pengisian bensin atau ingin mengambil barang dari jok motor karena kita harus turun serta mematikan motor terlebih dahulu.

Oleh karena itu dibuatlah tombol untuk membuka jok motor. Untuk membuka jok kita hanya perlu menekan tombol dan jok motor akan terbuka dengan sendirinya. Bahkan beberapa tipe sudah meninggalkan kunci atau keyless yaitu hanya menggunakan remote dan saklar untuk menghidupkan dan membuka jok motor. Untuk lebih jelasnya mengenai cara membuka jok motor vario akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

Cara Membuka Jok Motor Vario

1. Membuka Jok Motor Vario Non Keyless

Untuk membuka jok motor vario tipe non keyless atau yang masih menggunakan kunci kontak sangat mudah. Kunci ini masih berperan untuk membuka namun cukup menggeser ke posisi seat untuk membuka jok motor. Jenis kunci ini banyak digunakan pada vario tipe 110 dan 125 cc. Berikut langkah membuka jok motor vario non keyless:

  • Memposisikan kunci kontak pada posisi seat. Posisi seat pada kunci kontak biasanya diantara off dan on.
  • Setelah memposisikan kunci kontak di seat maka tinggal menekan tombol seat yang berada disampingnya. Otomatis maka jok motor akan terbuka secara otomatis tanpa harus turun terlebih dahulu.
Baca Juga  Sistem Pengapian Sepeda Motor : Fungsi, Komponen, Cara Kerja

cara membuka jok motor vario biasa

2. Membuka Jok Motor Vario Keyless

Sementara untuk vario 150 terbaru sudah menggunakan keyless maka proses pembukaan jok motor hampir sama dengan non keyless. Perbedaannya hanyalah pada penggunaan kunci yang digantikan remote dan saklar. Berikut langkah membuka jok motor vario keyless:

  • Mendekatkan remote ke motor agar alarm pada motor tidak berbunyi. Remote ini juga sebagai identifikasi pemilik kendaraan terhadap motor.
  • Memutar saklar ke posisi seat sama seperti non keyless. Perbedaannya untuk non keyless menggunakan kontak sementara pada vario keyless menggunakan saklar.
  • Menekan tombol seat yang berada disamping saklar dan secara otomatsi maka jok motor akan terbuka.

cara membuka jok motor vario tanpa kunci

Diatas merupakan ulasan mengenai cara membuka jok motor vario. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.