Ciri Ciri Solenoid Matic Rusak: 4 Gejala Dan Ulasan

ciri ciri solenoid matic rusak

Ciri Ciri Solenoid Matic Rusak – Mobil atau transmisi matic kerap alami persoalan jika tidak dilaksanakan perawatan. Salah satunya kerusakan yang terjadi yakni solenoid rusak atau macet. Lantas apa ciri ciri solenoid matic rusak?

Solenoid dalam mekanisme transmisi memungkinkannya Anda untuk mengalihkan transmisi saat mobil di rem. Sementara itu untuk pastikan Anda tidak bisa mengalihkan transmisi tertentu tanpa lebih dulu mencapai rem maka ditambah Shift interlock solenoid.

Beberapa peralihan transmisi yang perlu diikutkan dengan rem ialah peralihan dari gigi P (Park) ke D (Drive) dan R (Reverse), lalu dari gigi N (Neutral) ke R (Reverse) dan gigi R (Reverse) ke P (Park). Saat pedal rem diinjak, solenoid terima signal yang hendak melepas kunci mekanis pada transmisi dan memungkinkannya transmisi untuk dipindah.

Oleh karenanya jika solenoid matic rusak bisa mengakibatkan kerusakan pada transmisi. Disamping itu umumnya persoalan yang terjadi pada transmisi matic, biasanya dikarenakan oleh selenoid matic yang rusak. Berikut pembahasan berkaitan ciri ciri solenoid matic rusak.

ciri ciri solenoid matic rusak

Ciri Ciri Selenoid Matic Rusak

Persoalan pada transmisi matic umumnya dikarenakan oleh ada kebocoran atau rusak pada selenoid matic, hingga oli tidak bisa memulasi gigi dengan prima saat beralih pada perputaran mesin tertentu. Berikut sejumlah ciri-ciri bila selenoid matic sudah rusak.

1. Suara Aneh Saat Berpindah Tuas Transmisi

Ciri ciri pertama solenoid matic yang rusak yaitu kedengar suara saat peralihan transmisi. Suara semacam ini terjadi di saat berpindah gigi dari N ke D atau dari P ke R, umumnya kedengar suara “krek” atau juga bisa suara lain.

Baca Juga  Cara Membersihkan Kondensor AC Mobil: 5 Prosedur & Ulasan

2. Tarikan Terganggu Atau Berat

Ciri ciri selanjutnya yaitu mesin akan berasa bergetar atau menghentak sedikit di saat pedal gas dinjak dan pedal rem dilepaskan sedikit. Hal itu sebagai pertanda persoalan pada transmisi karena selenoid matic rusak. Disamping itu juga bisa karena ada oli mesin yang bocor atau juga bisa kotor karena telah lama tidak ditukar.

3. Ada Hentakan Saat Peralihan Gigi

Biasanya peralihan gigi pada mobil matic akan berasa lembut, walau berasa sedikit hentakan itu tetap normal. Tetapi bila hentakan terasa sangat, hal tersebut sebagai ciri-ciri rusaknya solenoid. Bisa disebabkan selenoid bocor hingga oli tidak bisa memulasi prima gigi saat beralih.

4. Kehilangan Tenaga (Lose Power)

Ciri ciri selenoid matic rusak selanjutnya yakni diikuti dengan akselerasinya yang mulai menurun di saat naik, selanjutnya speed atau kecepatan turun dengan mencolok.

Diatas adalah ulasan terkait ciri ciri solenoid matic rusak. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -