Cara Memperbaiki Long Tie Rod: 6 Prosedur & Ulasan

Cara Memperbaiki Long Tie Rod – Tie rod merupakan bagian dari kaki kaki mesin yang terkadang mengalami kerusakan. Bagian ini terdiri dari dua bagian yaitu tie rod dan long tie rod. Lalu bagaimana cara memperbaiki long tie rod?

Tie rod adalah sebuah elemen yang ada pada sistem kemudi atau sistem steering. Tie Rod dapat disebut memiliki peran yang demikian penting untuk dapat membuat mobil bisa jalan secara mudah dan dapat di kontrol. Oleh karena itu elemen ini betul-betul harus di perlakukan dengan lumayan baik sertai kerap mendapatkan perawatan.

Tie rod dan long tie rod adalah salah satu elemen kaki-kaki yang berfungsi untuk membelok ketika kemudi setir dibelokan. Bagian adalah elemen yang tersambung langsung dengan racksteer dan menggenggam ke knuckle dudukan klaher roda, dan baljoint berfungsi meredam semua berat bodi mobil.

cara memperbaiki long tie rod

Cara Memperbaiki Long Tie Rod

Untuk diketahui elemen ball joint dan tie rod yang telah rusak yaitu akan goyang dan kendur. Hal ini karena disebabkan oleh plastik teplon di dalam joint itu sudah rusak atau mulai aus.

Hal ini dapat kita alami ketika mengendarai mobil di jalanan yang rusak atau bergelombang. Maka terdengar suara gluduk-gluduk bahkan juga bila kemudi di goyang goyangkan maka berasa ada yang kendur atau gerak bebas tidak sama (speliing). Cara seterusnya yang harus dilaksanakan untuk memperbaiki bila long tie rod dan balljoint telah positif rusak yaitu melakukan perbaikan.

Baca Juga  Penyebab Pengapian Kecil Pada Motor : 5 Penyebab

Cara memperbaiki joint dan long tie rod ada 2 cara. Hal pertama yaitu dengan cara pres atau memukul punggung tierod supaya plastik teplon di dalamnya bisa ngepres kembali.

Sebetulnya untuk cara memperbaiki long tie rod mobil dapat disebut lumayan gampang. Akan tetapi semakin lebih optimal jika di lakukan oleh beberapa bengkel yang berpengalaman. Dan umumnya beberapa hal berikut yang akan dilaksanakan untuk cara memperbaiki long tie rod mobil.

Langkah Perbaikan Long Tie Rod:

  1. Mengangkat mobil di bagian roda depan, selanjutnya kalian goyangkan sisi roda ke kanan dan kiri untuk menyaksikan apakah keadaan roda oblak atau tidak. Bila iya karena itu dapat ditegaskan tie rod memiliki masalah.
  2. Selanjutnya kalian bisa juga berusaha untuk memutar kemudi saat roda depan kalian angkat dengan dongkrak mobil. Bila berasa berat karena itu dapat ditegaskan tie rod aman, tetapi bila kalian putarr kemudi malah berasa mudah maka tie rod bermasalah karena ball jont yang mulai rusak.
  3. Selanjutnya kalian bisa juga menyaksikan di bagian karet pembungkus ball joint, Yakinkan jika keadaan karet itu baik ingat karet ini jadi tempat untuk pelumas ball joint.
  4. Apabila semua cara memperbaiki tie rod mobil di atas telah kalian kerjakan, tetapi tidak ada hasil. Kalian bisa melakukan perbaikan dengan cara mengganti dengan yang baru.
  5. Cara untuk membuka yaitu dengan cara melepaskan sepi pengaman mur, lalu kendorkan dan seterusnya membuka mur itu. Bila mur telah terlepas karena itu cara seterusnya yaitu membuka dengan memakai kunci khusus untuk membuka tie rod. Bila tidak ada alatnya, bisa juga membuka dengan memukul dudukan tie rod atau joint dengan memakai palu.
  6. Apabila telah lepas lalu anda membuka karet booth penutup debu nya dan ambilah pipa dan masukan joint lalu pukul dengan palu sampai ngepres sehingga ball joint atau tie rod tidak kendur.
  7. Kemudian pasang lagi dan janganlah lupa awalnya berikan stempet (pelumas )dan janganlah lupa pasang lagi karet boot nya. Tahap selanjutnya yaitu lakukan sporing dan balancing pada mobil anda supaya kesesuaian ban dapat mormal seperti sebelumnya.
Baca Juga  Merk Roller Terbaik: 5 Jenis Dan Ulasannya

Di atas adalah cara memperbaiki tie rod dan long tie rod pada kendaraan. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -