cara mengetahui pompa bensin rusak

Cara Mengetahui Pompa Bensin Rusak : 6 Gejala

Cara Mengetahui Pompa Bensin Rusak – Tanda pompa bensin atau fuel pump yang mengalami kerusakan cukup sulit untuk diketahui. Namun dari berbagai pengalaman, pompa bensin yang rusak akan memberikan beberapa tanda baik melalui kinerja mesin maupun indikator pada kendaraan. Lalu bagaimana cara mengetahui pompa bensin rusak?

Pompa bensin atau fuel pump adalah salah satu elemen dalam mekanisme bahan bakar yang berperan untuk memompa bahan bakar dari dalam bak bahan bakar ke arah injektor/karburator. Pompa bensin biasanya bekerja secara elektris dengan memakai motor didalamnya. Tetapi, untuk mobil yang memakai mekanisme EFI, biasanya pompa bensin telah ditempatkan di dalam bak bahan bakar.

Sebenarnya pompa bensin ini adalah elemen mobil yang cukup tahan lama dengan umur memakainya yang lumayan lama. Namun terkadang timbul permasalahan mesin yang sering terkait dengan kerusakan pompa bensin. Sebagai contoh mesin yang kurang bertenaga sampai mesin macet karena pompa bensin yang rusak.

Namun terkadang kerusakan fuel pump mobil cukup susah untuk dikenal. Hal ini dikarenakan fuel pump tidak tersambung dengan tanda cek engine yang berada di mobil. Apabila mengalami kerusakan, sudah pasti mobil tidak akan normal saat dikemudikan. Oleh karena itu perlu diketahui bagaimana cara mengetahui pompa bensin rusak sebagai berikut.

cara mengetahui pompa bensin rusak

Cara Mengetahui Pompa Bensin Rusak

1. Getaran pompa bensin waktu kunci contact di ON

Cara pertama yang perlu dilakukan untuk mengetahui pompa bensin rusak adalah dengan merasakan getaran dan bunyi dengung dari pompa bensin. Caranya yaitu cukup putar kunci contact mobil anda ke status “ON”. Setelah itu coba dengar dengan cermat pada lokasi tempat fuel tank ada. Apabila dari lokasi tempat fuel tank ada kedengar dengungan dan berasa getaran maka hal ini mengisyaratkan jika pompa bensin sedang bekerja (memompa). Perputaran motor yang terjadi pada pompa bensin saat bekerja, sering memunculkan getaran dan dengungan merasa pada body fuel tank

Baca Juga  Soket Kiprok Motor Honda, Yamaha, Kawasaki, Suzuki : Warna Kabel & Ulasan

Namun sebaliknya, bila tidak ada dengungan dan berasa getaran pada body fuel tank maka fuel pump tidak bekerja dan tidak memompa bahan bakar ke injektor. Jika bunyi dengung dan getaran pada body fuel pump tidak ada/ tidak ada maka perlu pemeriksaan selanjutnya yaitu membuka selang bahan bakar.

2. Aliran Bensin Dari Selang Suplai Bahan Bakar

Selang suplai bahan bakar ialah selang yang tersambung langsung dengan pompa bensin. Untuk memastikan pompa bensin rusak atau tidak maka dapat melihat aliran supply bahan bakar melalui selang ini. Untuk mengetahui pompa rusak atau tidak maka selang suplai perlu dibuka atau juga bisa dengan buka selang fuel return.

Setelah dibuka kemudian memutar kunci contact ke posisi “ON” dan melihat apakah bensin keluar atau tidak. Apabila bensin keluar, pompa bensin dapat digolongkan baik, tetapi bila tidak ada bahan bakar yang keluar bisa saja pompa bensin rusak atau ada permasalahan dengan fuse / relay pompa bensin.

3. Mesin Brebet

Tanda apabila pompa bensin rusak yang lain yakni mesin brebet. Mesin mobil akan berasa kosong sebab tidak dapat berakselerasi pedal gas telah diinjak. Mesin yang brebet ini karena fuel pump mampet akibat pengendapan kotoran yang dari bak bahan bakar. Hal ini terjadi karena dari pemakaian bahan bakar yang mutunya jelek.

4. Mesin Susah Hidup

Selain itu fuel pump yang memiliki masalah mengakibatkan mobil sulit hidup. Hal ini karena bahan bakar yang semestinya siap tidak ada pada sistem bahan bakar. Salah satu penyebabnya adalah one way valve yang ada dalam motor fuel pump tertahan oleh kotoran hingga desakan bahan bakar tidak mampu naik ke saluran bahan bakar.

Baca Juga  Cara Memperbaiki Fuel Pump Mobil : 4 Cara Dan Ulasannya

Selain itu mesin mobil yang sulit dinyalakan sering disebabkan oleh spring yang kurang kuat. Bahan bakar yang telat masuk di ruangan bakar mengakibatkan mesin harus menanti bahan bakar yang terlalu lama.

5. Sekering Fuel Pump Terbakar

Sekring fuel pump yang terbakar menjadi salah satu tanda fuel pump mobil mengalami kerusakan. Sekering yang terbakar diakibatkan oleh beban kelistrikan yang terlalu besar atau konsleting listrik. Apabila hal ini dibiarkan maka lama kelamaan sekering akan putus sehingga pompa bensin tidak dapat bekerja. Oleh karena itu perlu memeriksa keadaan sekring fuel pump.

6. Emisi Gas Buang Yang Tinggi

Mobil yang mengalami kerusakan pada fuel pump sering menimbulkan emisi gas buang yang tinggi pada knalpot. Timbulnya emisi ini disebabkan oleh dampak proses dari pembakaran yang kurang baik pada mesin. Hal ini terjadi karena adanya ketidaksesuaian jumlah bahan bakar yang dikirimkan ke ruang bakar untuk proses pembakaran.

Ketidaksempurnaan proses pembakaran ini mengakibatkan uap gas bahan bakarnya turut terbuang melalui eksahust manifold. Oleh karenanya, anda jangan acuhkan berbau bensin yang begitu menusuk yang bertepatan dengan asap knalpot.

Diatas merupakan ulasan terkait bagaimana cara mengetahui pompa bensin rusak. Terdapat beberapa tanda yang dapat diketahui apabila pompa bensin atau fuel pump mengalami kerusakan. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Join the discussion