Cara Pasang Speaker Aktif di Mobil Yang Benar: 6 Prosedur

Cara Pasang Speaker Aktif di Mobil Yang Benar – Pemasangan speaker aktif di mobil tidak boleh sembarangan agar audio yang dikeluarkan dapat maksimal. Lalu bagaimana cara pasang speaker aktif di mobil yang benar?

Cukup banyak orang melakukan modifikasi speaker bawaan pabrikasi dengan tambahan elemen lain. Salah satunya yang kerap dilaksanakan oleh modifikator adalah tambahan speaker aktif. Dengan speaker aktif, suara yang dibuat pasti lebih baik.

Speaker aktif sebuah piranti audio yang sanggup berfungsi secara mandir karena termasuk elemen simpatisan. Tipe speaker ini mempunyai amplifier yang sanggup bekerja dengan memakai kontribusi saluran listrik.

Apa lagi sekarang ini ada beragam merk speaker aktif yang dipasarkan bebas dengan detail berlainan. Ingin tahu dengan cara pemasangan speaker aktif itu? Untuk lebih jelasnya terkait cara pasang speaker aktif di mobil akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

cara pasang speaker aktif di mobil

Cara Pasang Speaker Aktif di Mobil

Supaya memperoleh mekanisme suara terbaik dalam kabin mobil harus dipastikan speaker aktif harus terpasang secara benar. Ada 6 cara atau prosedur pasang speaker aktif secara mudah di mobil. Tiap cara ini harus Anda kerjakan dengan bertahap supaya hasil yang didapat optimal. Berikut beberapa prosedur atau cara pasang speaker aktif di mobil diantaranya yaitu:

1. Persiapkan dan Ketahui Elemen dan Peralatan yang Dibutuhkan

Saat sebelum melakukan cara pasang speaker aktif di mobil maka pemilik mobil harus mengenali lebih dulu elemen dan peralatan yang hendak dipakai.

Siapkan elemen dan piranti seperti power amplifier, subwoofer, tang potong, obeng kembang, kunci bintang, selotip hitam, pengupas kabel, pembuka listrik, dan kunci sock T. Pada bagian head unit, pemilik mobil dapat memakai head unit bawaan pabrik, atau menukarnya dengan head unit baru.

2. Yakinkan kabel subwoofer amplifier pendek

Selain itu cara pasang speaker aktif di mobil selanjutnya yaitu meyakinkan jarak kabel subwoofer amplifier mempunyai ukuran yang pendek. Maksudnya adalah untuk memudahkan proses pemasangan. Seharusnya pemasangan dilakukan di chasis mobil karena amplifier ambil daya lumayan besar.

Baca Juga  Ukuran Celah Klep Jupiter Z: Ukuran Dan Penyetelan

Sambungkan kabel remote dengan head unit, sekalian kabel dengan accu mobil. Seterusnya ikat head unit dengan power amplifier lewat output audio. Lantas power amplifier disambungkan ke speaker dan subwoofer aktif. Kerjakan secara berhati-hati supaya piranti sound sistem mobil dipasang dengan tepat.

3. Siapkan Head Unit

Cara pasang speaker aktif di mobil yaitu mempersiapkan head unit dan ikuti tutorial pemasangan kabel yang ada pada bodi head unit. Lalu masukan output audio pada head unit ke power amplifier audio. Apabila sudah output, power amplifier masuk ke sisi pintu speaker dan subwoofer.

Supaya suara yang dibuat lebih baik, anda bisa menyetting di bagian power amplifier yaitu sisi dual rear speaker dan front speaker. Agar memakai high pass filter atau HPF anda bisa menyambungkannya ke sisi speaker mid di bagian pintu.

4. Menyeting Sisi Rear Speaker

Cara pasang speaker aktif di mobil yang selanjutnya yaitu dengan menyeting di bagian rear speaker memakai LPF atau Low Pass Filter selanjutnya menyambungkannya pada output rear speaker dengan memakai speaker out woofer yang memiliki ukuran 12 inch.

5. Menyelaraskan Sisi Head Unit dengan Amplifier

Supaya proses pemakaian piranti audio lebih gampang, pemilik mobil perlu lakukan sinkronisasi power amplifier dengan head unit memakai remote. Yakinkan kabel power amplifier terhubug dengan power kontrol dalam head unit. Apabila sudah tersambung, karena itu head unit dan power amplifier sanggup bekerja secara bersebelahan. Saat head unit pada kondisi mati, karena itu power amplifier perlu disesuaikan.

6. Pemasangan sekring

Cara paling akhir pasang speaker aktif di mobil yaitu dengan pemasangan sekring atau fuse accu di mobil tanpa inverter. Tetapi awalnya Anda harus pastikan jika jarak di antara accu mobil dan kabel sekring sekitaran 30 cm. Ini mempunyai tujuan agar jarak tidak begitu jauh dan tidak begitu dekat dari lokasi mesin yang panas.

Peralatan Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Speaker Aktif Mobil

Untuk bekerja dengan maksimal, speaker aktif diperlengkapi dengan beragam elemen di dalamnya. Berikut beberapa bagian yang dibutuhkan untuk cara pasang speaker aktif di mobil diantaranya:

Baca Juga  Bunyi Saat Lepas Kopling Mobil: 5 Faktor Dan Ulasan

1. Pre-Amp

Salah satu elemen yang cukup utama pada speaker aktif adalah pre-amp. Elemen ini berfungsi untuk menyortir sumber audio yang dari mikrofon, DVD player, dan yang lain, selanjutnya diteruskan ke arah sisi lain pada speaker aktif. Pre-amp berfungsi untuk atur volume speaker.

2. Power Amplifier

Elemen yang berfungsi untuk menguakan signal suara yang diusung oleh tone kontrol adalah power amplifier. Signal suara yang masuk selanjutnya akan jadi berbentuk unit Watt. Makin kecil nilai distorsi amplifier karena itu makin kecil juga distorsi dari audio.

3. Loudspeaker

Salah satunya elemen terpenting pada speaker aktif adalah loudspeaker. Elemen ini berfungsi untuk mengganti getaran listrik jadi getaran suara. Di bagian loudspeaker ada banyak sisi yaitu kertas membran, magnet, kerangka logam, sampai kumparan.

Loudspeaker diperbedakan berdasar beberapa macam, diantaranya tweeter untuk frekwensi tinggi, woofer untuk frekwensi rendah, dan midrange untuk frekwensi menengah. Pada loudspeaker, pengaturan tweeter ada di bagian atas, selanjutnya disurun oleh midrange sisi tengah dan woofer di bagian bawah.

4. Tone Kontrol

Sisi dari speaker aktif yang berfungsi untuk atur karakter frekwensi signal radio adalah tone kontrol. Tone kontrol sanggup hasilkan bass atau suara rendah dan trebble atau suara tinggi. Suara yang dibuat oleh tone kontrol selanjutnya akan diumpankan ke arah power amplifier. Karena ada tome kontrol, pemilik mobil sanggup atur kemampuan dari bass dan treble.

5. Catu Daya

Elemen catu daya pada speaker aktif berfungsi untuk hidupkan beragam elemen speaker seperti trafo, penyearah, dan kapasitor.

Trafo pada speaker aktif berfungsi sebagai pengubah tegangan AC PLN jadi tegangan DC oleh kapasitor. Kapasitor pada elemen speaker aktif mempunyai fungsi untuk memperhalus tegangan supaya tidak ada distorsi suara.

Diatas adalah ulasan terkait cara pasang speaker aktif di mobil. Semoga dapat menambah wawasan.