Fungsi Rumah Kopling: Peran Dan Cara Kerja

Fungsi Rumah Kopling Pada Sepeda Motor – Terdapat beberapa bagian dari mekanisme kopling pada motor, salah satunya rumah kopling. Lalu apa fungsi dari rumah kopling? Bagaimana cara kerjanya?

Elemen itu adalah rumah kopling, rumah kopling sendiri berada di tempat block kopling atau disebelah kanan dari block mesin.

Rumah kopling ini memiliki peran yang cukup penting pada mekanisme kopling. karena seringkali kami harus membenahi tempat rumah kopling supaya performa motor bisa bekerja yang baik ditambah saat pelepasan tuas kopling atau peralihan gigi.

Tentunya apabila bagian ini mengalami kerusakan perlu dilakukan proses perbaikan. Untuk lebih jelasnya terkait fungsi rumah kopling, dan cara kerja akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

fungsi rumah kopling

Fungsi Rumah Kopling

Fungsi rumah kopling adalah sebagai elemen bergerak yang mengalihkan daya dari bidang mesin sampai ke roda. Oleh karena itu performnya harus dicheck secara periodik. Cara memeriksa keadaan rumah kopling diperlukan kecermatan.

Motor bertransmisi manual atau yang dikenal dan disebutkan memakai kopling tangan seperti bebek underbone dan sportbike 150 cc sampai 250 cc, dipandang bisa lebih cepat menyalurkan tenaga. Rumah kopling, yang berisi elemen pelat gesek, kampas kopling, per kopling pada sebuah elemen malah mempunyai sisi yang kerap terlewatkan, yaitu rumah kopling atau mangkuk kopling tersebut. Berikut beberapa fungsi rumah kopling diantaranya yaitu:

Baca Juga  Fungsi Timing Chain: 2 Peran & Komponen

1. Sebagai Rumah Kampas Kopling

Fungsi pertama dari rumah kopling adalah sebagai tempat atau rumah dari kampas kopling. Kampas kopling sendiri ada di tempat rumah kopling dan bersatu bekerja dengan elemen lain.

2. Sebagai Rumah Plat Kopling (Plat Gesek)

Selainnya kampas kopling, rumah kopling jadi tempat untuk plat kopling. Bila kampas kopling mempunyai grip karena itu pelat kopling ini memiliki bentuk tanpa grip. Pelat kopling ini sendiri yang kelak berdekatan dengan kampas kopling.

3. Sebagai Rumah Untuk Komponen Kopling Lain

Sebetulnya fungsi yang ke-3 ini masih problematis, karena ada yang berasumsi jika komponen lain seperti karet, dan lain lain adalah rumah kopling. Tapi ada juga yang memiliki pendapat jika rumah kopling itu tidak cuma meliputi cage atau kandang kampas itu sendiri.

Cage atau kandang kopling ini yang akan memayungi kampas kopling dan plat kopling (plat gesek) dan diikat atau digabungkan dengan baut dan per kopling

4. Sebagai Penyambung Dengan Primary Drive

Rumah kopling ini berfungsi untuk terkait dengan gigi primary atau primary drive. Nach pada status ini, rumah kopling diperlengkapi dengan bosh dan karet dumper atau karet kopling.

Karet kopling sendiri bekerja sebagai media peredam hentakan pada tempat primary drive dan rumah kopling. Bila karet kopling telah kaku dan tidak plastis, karena itu bisa mengakibatkan munculnya suara jedak-jeduk saat mesin bermotor pada kondisi dingin.

Baca Juga  Fungsi Blower AC, Komponen, Dan Cara Kerja

Cara Kerja Rumah Kopling

Cara kerja rumah kopling sebenarnya sangat sederhana. Letaknya yang ada didalam blok mesin maka dapat memperlama proses atau jangka waktu penggunaan. Rumah kopling ini akan berputar ketika mesin digas atau berputar kencang.

Pada jenis kopling basah maka rumah kopling terdapat oli pelumas yang akan melumasi setiap bagian dari kampas kopling dan platnya. Hal ini memungkinkan keausan yang paling minimal dapat terjadi.

Diatas adalah ulasan terkait fungsi rumah kopling dan cara kerjanya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.