Ciri Ciri Koil Mobil Lemah : 8 Ciri Dan Ulasan

ciri ciri koil mobil lemah

Ciri Ciri Koil Mobil Lemah – Setiap elemen kendaraan akan mengalami berbagai gejala kerusakan, salah satunya koil mobil. Tentunya gejala koil lemah dapat menyebabkan mobil tidak hidup atau pertanda lain pada mesin. Lantas apa ciri ciri koil mobil lemah? bagaimana cara memperbaikinya?

Koil adalah komponen utama pada mekanisme pengapian yang berperan untuk membuat arus listrik bertegangan tinggi 20.000 sampai 30.000 volt yang selanjutnya akan diubah oleh busi jadi percikan api dalam ruangan bakar. Koil terbagi menjadi lilitan primer dan sekunder. Lilitan sekunder akan menghasilkan listrik tegangan tinggi (karena berlangsungnya induksi) waktu arus listrik yang mengalir pada lilitan primer terputus.

Listrik tegangan tinggi ini selanjutnya dirubah oleh busi jadi percikan bunga api hingga bisa memantik kombinasi bahan bakar dalam ruangan bakar untuk meledak dan hasilkan tenaga mesin. Tenaga ini yang kemudian dimanfaatkan pada mobil sebagai penggerak.

Saat keadaan koil mobil mulai lemah atau rusak maka percikan api di busi akan terganggu sehingga bisa memunculkan bermacam permasalahan di mesin, dimulai dari brebet sampai mesin macet. Untuk lebih jelasnya terkait ciri ciri koil mobil lemah akan diulas lebih lengkap pada artikel berikut ini.

ciri ciri koil mobil lemah

Ciri Ciri Koil Mobil Lemah

1. Koil terasa panas

Ciri ciri koil mobil yang lemah yang pertama yaitu koil berasa panas saat diraba menggunakan tangan. Panas yang terjadi di koil berbeda dengan keadaan kerja koil yang normal.

Koil yang terlalu panas biasanya berasal dari banyak faktor.  Salah satu penyebabnya adalah umur koil yang telah kelamaan, nilai resistansi pada gulungan kawat primer dan sekunder telah begitu besar dan ada konsleting atau short circuit dalam koil tersebut.

Beberapa kondisi itu bisa memunculkan panas yang berlebih sehingga koil berasa panas waktu digenggam dan akan mengurangi performa dari koil tersebut. Akibatnya mesin akan sulit hidup ketika di starter.

2. Percikan api di busi tidak normal

Selain itu percikan api di busi yang tidak normal bisa juga menjadi salah satu ciri dari koil mobil yang lemah. Percikan api yang tampil pada kepala busi nampak kecil, lemah dan warna kuning kemerahan walau busi yang dipakai masih baru. Hal ini dapat terjadi akibat tegangan listrik yang dialirkan ke busi rendah.

Baca Juga  Ukuran Celah Klep Vega ZR: Ukuran Dan Penyetelan

Koil dalam kondisi baik akan memunculkan percikan api busi yang berwarna biru, kuat dan nampak semakin besar waktu menyala. Sebaliknya apabila koil yang mengeluarkan percikan api busi warna kuning kemerahan, lemah, dan percikannya kecil, menjadi beberapa gejala koil mobil lemah.

3. Terdapat percikan api listrik di bodi koil

Terkadang terdapat percikan api listrik di sejumlah sisi tubuh atau kepala koil. Percikan api listrik yang muncul di bodi koil mengisyaratkan bahwa insulator atau bahan pemisah di bodi koil telah mengalami kebocoran.

Untuk memeriksanya lumayan gampang yaitu menggunakan spray berisi air selanjutnya semprotkan pada koil waktu mesin berpijar. Proses pengerjaan ini dilakukan pada saat keadaan gelap untuk menyaksikan percikan api yang berlangsung. Koil dengan insulator yang baik tidak mengeluarkan percikan api di tubuh koil, sedang koil yang lemah akan nampak percikan di beberapa tubuh koil.

Arus listrik tegangan tinggi yang semestinya cuman mengalir ke busi pada akhirnya diteruskan ke berbagai  posisi kebocoran berlangsung. Hal ini akan mengakibatkan api yang dibuat koil jadi kecil sehingga. Hal ini termasuk salah satu ciri ciri koil mobil lemah.

4. Waktu starter untuk hidupkan mesin bertambah lebih lama

Ciri koil mobil lemah yang selanjutnya ialah waktu yang diperlukan untuk menghidupkan mesin waktu starter bertambah lebih lama serta lebih panjang. Biasanya proses starter membutuhkan waktu 3-5 detik, namun dengan masalah ini dapat mencapai 10 detik agar mesin dapat hidup.

Hal ini berlangsung karena kombinasi udara dan bahan bakar bertekanan memiliki sifat insulator dan tidak bisa mengantarkan arus listrik. Ditambah saat desakan udara bertambah maka di perlukan arus listrik yang semakin besar supaya percikan bunga api dapat meloncat di kepala busi.

Baca Juga  Cara Membuat Setir Manual Ringan: 5 Cara & Ulasan

Koil yang lemah membuat percikan api busi dalam ruang bakar menjadi kecil. Hal ini mengakibatkan proses stater untuk menghidupkan mesin yang lebih panjang serta lebih lama dibanding waktu keadaan koil normal.

5. Waktu koil begitu panas mesin sulit dihidupkan

Mesin sulit dihidupkan waktu koil mobil begitu panas. Waktu koil panas menyebabkan tegangan tinggi tidak bisa dihasilkan oleh lilitan sekunder dalam koil. Hal ini muncul karena waktu panas nilai resistansi pada kumparan sekunder akan bertambah dan mengakibatkan terhambatnya saluran arus listrik pada lilitan sekunder yang menyebabkan hilangnya percikan api ke busi.

Akibatnya mesin jadi susah dihidupkan waktu koil panas karena tidak ada percikan bunga api di busi yang semestinya membakar gas dalam ruangan bakar tidak ada. Hal ini juga dapat menjadi gejala koil mobil lemah.

6. Mesin mobil brebet dan hidupnya tidak konstan

Selain itu mesin mobil brebet dan hidupnya tidak konstan dapat disebabkan oleh ciri ciri koil mobil yang lemah. Hal ini dapt terjadi karena pembakaran kurang prima yang berlangsung pada beberapa silinder mesin saja. Sementara pada beberapa silinder yang lain proses pembakaran dapat berjalan dengan normal. Keadaan ini akan menyebabkan mesin mobil pincang, brebet dan hidup tidak konstan.

7. Mesin mobil mati tiba-tiba

Faktor terakhir yang menjadi ciri ciri koil mobil lemah ialah mesin mobil tiba-tiba mati. Apabila keadaan kerusakan pada koil telah begitu parah maka dapat menyebabkan mesin mobil mati secara tiba-tiba. Koil mobil yang lemah atau rusak akan membuat mekanisme pengapian tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya. Hal ini dapat mengakibatkan mesin mobil akan mati mendadadak dan menyebabkan mobil macet.

Diatas merupakan ulasan terkait ciri ciri koil mobil lemah. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.