Cara Memperbaiki Dinamo Wiper Mobil: 3 Prosedur & Ulasan

Cara Memperbaiki Dinamo Wiper Mobil – Rusaknya dynamo atau motor pendorong wiper bisa saja hal fatal bila tidak langsung diperbaiki. Lalu bagaimana cara memperbaiki dinamo wiper mobil?

Pasalnya ketika berkendaraan pada keadaan hujan deras, jarak dan kejernihan windscreen mengalami pengurangan yang benar-benar mencolok bila dibanding dengan berkendaraan ketika normal atau cuaca ceria.

Hasilnya berkendara seperti pada kondisi buta, dan ini benar-benar bahaya sekali. Jarak pandang yang luas, terang dan bersih benar-benar diperlukan saat berkendara. Karena sekurang-kurangnya kita dapat menghindar dari semua obstacle atau rintangan yang berada di jalan.

Hal ini kemungkinan bisa saja tidak berhasilnya performa dynamo atau motor pendorong wiper. Oleh karena itu perlu dilakukan perbaikan. Untuk lebih jelasnya terkait cara memperbaiki dinamo wiper mobil dan gejala atau ciri kerusakan akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

cara memperbaiki dinamo wiper mobil

Cara Memperbaiki Dinamo Wiper Mobil

Perlu dilakukan beberapa pengecekan untuk mengetahui penyebab kerusakan pada dinamo wiper mobil. Berikut cara memperbaiki dinamo wiper mobil yaitu:

1. Check sekring wiper

Cara pertama untuk memperbaiki dinamo wiper mobil yang rusak adalah mengecek sekring wiper. Karena umumnya kasus kerusakan dinamo wiper disebabkan karena sekring yang terjadi permasalahan, misalkan korsleting atau bahkan juga putus.

Sekring wiper yang memiliki masalah termasuk juga beberapa ciri dinamo wiper lemah. Mayoritas kasus yang terjadi dinamo rusak karena sekring memiliki masalah. Dapat rusak karena konsleting atau putus. Masalah ini dapat menyebabkan beban arus listrik yang masuk jadi kurang konstan. Akhirnya, dinamo tidak dapat berperan dengan maksimal.

Baca Juga  Penyebab Overcharge Pada Sistem Pengisian Konvensional: 3

Cara untuk menangani permasalahan ini yaitu dengan menukar dengan sekring baru. Tetapi perlu Anda lihat saat menukar sekring, yakinkan ampere, type, sampai modelnya yang tepat. Bila Anda tidak memerhatikan hal itu, malah akan memunculkan kerusakan yang makin kronis.

2. Check gigi motor pendorong wiper

Cara selanjutnya untuk memperbaiki dinamo wiper mobil adalah pengecekan gigi penggerak. Bila Anda tidak mendapati kerusakan pada sekring wiper mobil, maka coba cek gigi motor pendorong wiper. Selain sekring, elemen ini bisa juga mengakibatkan masalah pada dinamo wiper mobil Anda. Umumnya, masalah pada gigi motor pendorong disebabkan karena penimbunan kotoran atau endapan grease (tersisa pelumas wiper) pada permukaan gigi.

Cara memperbaiki dinamo wiper mobil yang satu ini yaitu cukup membersihkan permukaan gigi motor pendorong. Tukar pelumas wiper secara periodik supaya tidak ada pengendapan grease yang dapat menghalangi kerja gigi motor pendorong wiper mobil.

Tetapi, bila gigi motor pendorong wiper rusak karena korosi atau karat, seharusnya Anda lakukan pergantian. Gigi motor pendorong yang rusak karena korosi tidak dapat dibikin bersih dan memang seharusnya ditukar dengan spare part baru.

3. Tukar dinamo wiper

Cara paling akhir untuk memperbaiki dinamo wiper mobil bila dua cara awal gagal adalah menukar dinamo wiper. Coba cek apakah lampu tanda wiper mobil Anda berpijar atau mungkin tidak. Bila lampu tidak berpijar, ketok dinamo wiper dengan palu karet. Apa wiper selanjutnya bergerak? Jika iya, karena itu dapat diambil kesimpulan ada kerusakan pada dinamo wiper.

Baca Juga  Ac Mobil Bunyi : 10 Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Bisa saja komutator dinamo Anda jelek atau ada belitan yang terbuka pada dinamo. Ke-2 hal ini dapat mengakibatkan arus listrik tidak mengucur dan wiper juga tidak bisa bekerja dengan baik. Untuk menukar dinamo wiper seharusnya Anda ke bengkel karena prosesnya cukup sulit dan kompleks.

Ciri-Ciri Dinamo Wiper Lemah

Setelah mengetahui langkah perbaikan dinamo wiper mobil maka perlu mengetahui pula ciri dinamo wiper lemah. Wiper mobil terbagi dalam beberapa elemen yang berperanan untuk menjalankannya. Salah satu yang turut berperan dalam masalah ini yaitu dinamo. Dinamo pada wiper jadi elemen yang penting.

Tanpa elemen itu, wiper tidak bisa bergerak. Karena peranannya, tidak bisa disangkal bila elemen itu dapat alami kerusakan.

Bila dinamo rusak, wiper tidak berperan. Untuk penyebab kerusakan yang dapat terjadi cukup bervariatif. Bisa disebabkan umur penggunaan, sekring, masalah sistem pendorong, dan ada banyak yang lain.

Bila dinamo rusak, akan ada pertanda. Ada banyak ciri yang perlu Anda ketahui. Salah satunya pertanda yang dapat diakibatkan yaitu wiper tidak ingin bergerak seperti mestinya.

Bila tidak, dinamo akan berasa panas atau terbakar karena ada jalinan arus pendek. Jika wiper tidak ingin bergerak, sebaiknya Anda lakukan pengujian. Karena, hal itu menjadi beberapa ciri dinamo wiper lemah.

Diatas adalah ulasan terkait cara memperbaiki dinamo wiper mobil dan ciri ciri dinamo wiper lemah atau rusak. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.