Fungsi Venturi Pada Karburator: 2 Peran & Cara Kerja

Fungsi Venturi Pada Karburator – Selain menjadi pintu masuk keluarnya udara, apa sich fungsi venturi karburator pada kendaraan baik mobil maupun sepeda motor? Lalu bagaimana cara kerjanya? Dan apa saja jenis jenisnya?

Elemen ini mempunyai peran yang penting supaya BBM, yang berada di dalam karbu bisa terserap masuk ke ruangan bakar. Dengan kata lain elemen ini punya pengaruh untuk mendukung kenyamanan saat berkendaraan. Untuk lebih jelasnya terkait fungsi venturi pada karburator, cara kerja, dan jenis jenisnya.

fungsi venturi pada karburator

Fungsi Venturi Pada Karburator

Apa sich yang diartikan dengan Venturi pada karburator. Venturi karburator adalah lubang menyempit di tengah-tengah lubang masuknya udara pada karburator. Fungsi dari Venturi pada karburator adalah untuk meningkatkan kevakuman udara (kecepatan udara) karena ketidaksamaan diameter lubang, hingga bahan bakar yang ada di mangkuk karburator terserap ke ruangan bakar lewat pilot jet atau main jet.

Naiknya bahan bakar dari mangkok karburator dikarenakan karena penekanan udara di venturi karburator kurang dari 1 atmosfir (atm), dan udara di lubang karburator 1 atmosfir. Ketidaksamaan tersebut yang mengakibatkan bahan bakar terserap dan memercik seperti embun bersatu dengan udara yang terserap oleh kevakuman dalam ruang bakar.

Hal ini berdasarkan hukum fisika mengenai naiknya kecepatan saluran udara itu, akan menyusutnya penekanan, sesuai Hukum Bernoulli 😦 p / γ ) + z + (V2/ 2 g ) = C

1. Tingkatkan kevakuman

Fungsi khusus venturi pada karburator yang pertama adalah untuk meningkatkan kevakuman udara yang disebabkan karena ketidaksamaan diameter lubang karbu.

Baca Juga  Macam Sistem Kelistrikan Mobil : 22 Jenis & Ulasannya

Hingga bahan bakar yang ada di dalam mangkuk karbu dapat terserap ke ruangan pembakaran lewat lubang spuyer karburator biasa disebutkan dengan pilot jet dan main jet.

2. Percepat saluran bahan bakar

Fungsi yang ke-2 dari venturi pada karburator ini muncul karena ada ketidaksamaan diameter lubang dengan karbu. Oleh karena itu bahan bakar pada mangkuk karburator bisa terserap ke ruangan pembakaran.

Cara Kerja Venturi

Cara kerja venturi pada karburator sebenarnya sangat sederhana. Berikut cara kerja venturi pada karburator yaitu:

Fluida bergerak dari penekanan tinggi ke penekanan lebih rendah dikarenakan oleh ada ketidaksamaan penekanan di dalam mangkuk karburator yang kebih tinggi dibanding venturi hingga bensin dapat naik ke arah karburator dari mangkuk karburator.

Jenis Tipe Venturi

Setelah mengetahui peran dan cara kerja venturi pada karburator yang mana diawali dari fluida yang bergerak dari penekanan tinggi ke rendah yang disebabkan karena ada ketidaksamaan penekanan dalam mangkok karburator yang semakin besar dibanding venturi. Ini akan membuat bensin lebih gampang naik ke arah karburator dari mangkuk.

Tidak itu saja, rupanya venturi karburator mempunyai 3 jenis. Adapun ke-3 macam venturi karburator itu adalah seperti berikut.

1. Venturi Karburator Tipe Tetap

Jenis venturi karburator yang ini berdiameter yang tetap sama alias masih tetap. Ciri-ciri dari jenis ini yaitu memakai diameter venturi tertentu dan besar dan kecil kevakumannya akan dibuat oleh udara yang mengucur disamakan dengan kecepatan salurannya.

Baca Juga  Ciri Ciri Piston Motor 2 Tak Rusak : 8 Ciri & Cara Mengatasi

2. Venturi Karburator Tipe Variable

Berlainan dari venturi karburator masih tetap, jenis venturi yang ini sebagai type venturi yang dikendalikan sesuai banyak udara yang disedot oleh intake manipol. Dan diameter venturi karburator variable ini bisa beralih-alih.

3. Venturi Karburator Tipe Air Valve

Banyak pemakai yang terkadang tidak dapat membandingkan jenis venturi karburator air valve dengan venturi karburator variable karena cara kerjanya yang serupa. Walau sebenarnya ke-2 nya mempunyai susunan yang lain. Diameter venturi karburator jenis ini bisa beralih-alih tapi terbukanya katup udara dikendalikan oleh kecil besarnya udara yang masuk.

Diatas adalah ulasan terkait fungsi venturi pada karburator, cara kerja, dan jenis jenisnya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.