Fungsi Muffler Pada Knalpot: 3 Peran Dan Ulasannya

Fungsi Muffler – Didalam knalpot mobil terdapat beberapa bagian utama, salah satunya adalah muffler. Peran muffler sendiri sangat penting pada sistem pembuangan gas buang. Lalu apa fungsi muffler pada knalpot mobil?

Knalpot mobil atau yang juga bisa dikatakan sebagai exhaust sistem. Sistem ini sebagai elemen yang perlu pada mobil dengan memiliki bentuk yang seperti pipa untuk keluarkan asap atau tersisa pembuangan gas. Bersamaan dengan mengembangnya jaman, beberapa mobil keluaran sudah diperlengkapi dengan tehnologi yang bisa membuat hasil pembuangan gas bakar mobil jadi lebih ramah lingkungan.

Jika gas buang dikeluarkan ke udara luar pada kondisi penekanan yang tinggi dan suhu yang tinggi. Maka gas buang itu akan megar dengan cepat sekali hingga bisa memunculkan suara yang paling keras. Oleh karenanya pada kendaraan terpasang muffler. Muffler atau yang kerap orang sebutkan sebagai knalpot berperan untuk menahan munculnya suara keras dari gas buang atau dipakai untuk menahan suara yang dibuat oleh gas buang.

Untuk menahan munculnya suara ini, karena itu gas buang saat ada di muffler akan dikurangkan penekanan dan temperaturnya. Untuk lebih jelasnya terkait fungsi muffler pada knalpot mobil akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

fungsi muffler

Fungsi Muffler

Sebetulnya, fungsi muffler sendiri bukan hanya dipakai untuk menahan suara gas buang saja, tetapi dapat menambahkan perform tenaga yang dibuat oleh mesin, tingkatkan efektivitas pemakaian bahan bakar, kurangi emisi gas buang dan untuk menambahkan faktor performa kendaraan.

Baca Juga  Heater Pada Sistem AC Berfungsi Sebagai: Peran & Cara Kerja

Beberapa hal yang kerap orang kerjakan adalah menukar muffler standard pabriknya dengan muffler sembarangan tanpa memerhatikan aspek fungsi yang hendak memengaruhi jika muffler itu ditukar. Berikut fungsi muffler pada knalpot:

1. Menyalurkan gas buang

Fungsi muffler yang pertama adalah muffler yang bisa menyalurkan gas buang dengan optimal dan bisa menahan penekanan gas buang dengan optimal. Janganlah sampai saat pergantian muffler malah akan mereduksi kekuatan mengucurnya gas buang. Saluran gas buang yang terhalang akan memengaruhi perform tenaga mesin.

Tenaga mesin bisa menjadi kurang karena gas buang yang semestinya dibuang ke udara luar (atmosfer) malah ketahan dalam ruang bakar. Atau janganlah sampai saat pergantian muffler malah membuat saluran gas buangnya terlampau besar (lose) melewati dari keperluan mesin.

Karena jika saluran gas buang melewati dari keperluan mesin atau terlampau lose karena itu bisa kurangi torsi yang dibuat mesin.

2. Menahan suara

Proses pembakaran di ruangan bakar mesin akan hasilkan gas buang dan gas ini akan dikeluarkan dari mesin lewat muffler knalpot. Sesudah proses pembakaran selesai, gas hasil proses pembakaran yang mempunyai penekanan dan suhu yang tinggi itu harus dibuang supaya ruangan bakar dapat diisikan oleh kombinasi bahan bakar dan udara yang baru.

Gas ini mengucur saat katup buang di ruangan bakar terbuka saat piston lakukan cara buang dan ke arah exhaust manifold. Karena penekanan dan temperaturnya tinggi, gas buang akan cepat megar dan memunculkan suara keras sampai di muffler knalpot.

Baca Juga  Keuntungan Penggunaan Power Tool Tanpa Kabel: 5 Faktor

Supaya membuat berkendaraan masih tetap nyaman, pabrikasi mobil memakai muffler atau silencer yang bersatu pada mekanisme knalpot. Berwujud oval atau silinder, muffler yang dipakai untuk menahan suara keras gas buang itu mempunyai pekerjaan khusus kurangi pencemaran suara yang dihitung dengan unit decibel (dB).

Walau berbeda, konstruksi muffler ini dibuat agar fungsinya dapat tercapai maksimal. Fungsi muffler yang lain adalah untuk mereduksi penekanan dan suhu gas buang hingga saat lepas ke udara bebas suaranya tak lagi keras. Ruangan muffler diisikan oleh penyekat dari lurusan pelat dan tabung berlubang dan memakai material wool atau bahan sintetis yang lain untuk menyerap suara. Serangkaian pelat ini untuk berbelokkan saluran gas buang sampai penekanan dan temperaturnya turun saat sebelum lepas lewat ujung knalpot.

3. Menambahkan seni kendaraan

Selain untuk menahan suara berisik, fungsi muffler knalpot ini mempunyai adalah untuk menambahkan perform yang dibuat oleh mesin, tingkatkan efektivitas pemakaian bahan bakar, kurangi emisi gas buang dan untuk menambahkan faktor performa kendaraan. Tetapi banyak hal itu dapat terwujud bila gas buang yang melalui muffler itu bisa mengucur dengan mulus.

Cukup banyak pemakai mobil yang menukar muffler lewat produk aftermarket bagus untuk tingkatkan perform mesin atau performa. Tetapi bila bentuknya malah merintangi atau menghalangi saluran gas buang, karena itu beberapa fungsi lain dari muffler itu tidak terwujud.

Diatas adalah ulasan terkait fungsi muffler pada knalpot. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.