Apa Itu Silencer Knalpot: 3 Fungsi, Bahan, & Pemilihan

Apa Itu Silencer Knalpot – Silencer dapat ditemukan pada bagian knalpot yang berguna untuk meredam suara. Umumnya silencer berwujud tabung yang ditempatkan pada bagian belakang kendaraan. Lalu apa itu silencer knalpot? Apa fungsi silencer knalpot? Apa saja bahan bahan pembuatan silencer?

Timbul pertanyaan, apa itu silencer knalpot? Silencer adalah komponen khusus pada suatu knalpot yang memiliki beragam komponen yang perannya menahan suara dari mesin saat kendaraan dinyalakan.

Beberapa bagian penting dalam silencer knalpot satu diantaranya adalah partition yang berfungsi merusak suara kendaraan supaya bunyinya tidak begitu keras. Selanjutnya pada knalpot khusus balap bisanya ada komponen tambahan yang disebutkan glasswool untuk dapat menahan dan melembutkan suara yang dibuat mesin.

Selain menahan suara berisik, rupanya knalpot menolong perform kendaraan. Hal itu karena pembuangan yang lancar akan membuat mesin bekerja lebih maksimal. Untuk lebih jelasnya terkait apa itu silincer knalpot, fungsi, bahan, dan tips pemilihannya akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

apa itu silencer knalpot

Apa Itu Silencer Knalpot

Apabila belum mengetahui terkait seluk beluk mobil tentu akan bertanya tanya apa itu silencer knalpot mobil? Terkait apa itu silencer knalpot adalah bagian khusus dari sebuah knalpot yang terdiri dari banyak part yang lain yang mana mempunyai tujuan untuk menahan suara yang dibuat dari sisa pembuangan gas pada saat pembakaran terjadi.

Beberapa part itu mencakup partition yang berfungsi untuk merusak suara supaya tidak begitu berisik, seterusnya glasswool yang berfungsi untuk memperhalus suara.

Tiap silencer knalpot standar dan racing mempunyai penyekat yang berbeda, bahkan juga untuk sama-sama tipe knalpot racing juga mempunyai penyekat yang lain. Nach, sebagai pembanding di antara silencer standar dan racing pada Glasswool. Sebagian besar knalpot standar tidak diperlengkapi dengan Glasswool, dan untuk knalpot racing sudah tentu memakai.

Selain apa itu silencer knalpot, ada banyak bagian penting dari sebuah knalpot seperti Slip-on, header dan link pipe. Beberapa yang telah kami sebut barusan mempunyai perannya masing-masing , sehingga anda harus ketahui lebih dulu. Ini mempunyai tujuan untuk mempertimbangkan bila ada niat untuk memakai knalpot racing yang mana notabenya mempunyai suara lebih keras jika dibanding knalpot bawaan.

Fungsi Dari Silencer Knalpot

Sesudah ketahui apa itu silencer knalpot, maka perlu di pahami lebih detil mengenai fungsi dari silencer pada knalpot kendaraan.

Perlu Anda kenali jika fungsi silencer knalpot mempunyai peran yang penting. Berikut adalah fungsi silencer knalpot mobil diantaranya yaitu:

1. Menahan Suara Kendaraan

Fungsi pertama silencer knalpot adalah untuk menahan suara. Jadi saat kendaraan digerakkan, mesin akan mengalami proses pembakaran. Proses dari pembakaran itu, mesin akan mengeluarkan gas buang. Gas buang yang dibuat oleh kendaraan nanti akan dikeluarkan lewat knalpot.

Baca Juga  Pemeriksaan Pull In Coil: 2 Cara Mudah Dan Ulasan

Saat tersisa gas hasil pembakaran sudah masuk pada bagian silencer, suara itu akan diredam oleh bagian partition yang ada dalam silencer. Proses itu akan membuat suara kendaraan diperhalus oleh bagian silencer namanya glasswool.

2. Meningkatkan Perform Kendaraan

Sebetulnya perform kendaraan benar-benar sangat terkait dengan bahan yang digunakan atau fungsi silencer knalpot dan penyekat yang ada dalam silencer itu. Oleh karena itu tidak boleh bingung bila silencer mempunyai bermacam mode dengan design yang berlainan.

3. Bisa mengatur desible atau tingkat suara yang Dibuat

Fungsi terakhir silencer knalpot adalah mengatur desible atau tingkat suara. Saat ini telah banyak pabrik yang sudah membuat knalpot racing terbaik untuk motor dan mobil, baik yang telah diperlengkapi dengan feature DB killer atau belum. Feature DB killer sendiri memungkinkannya Anda dapat mengatur kualitas suara yang dibuat knalpot.

Jadi jika menginginkan suara yang tidak begitu keras, karena itu dapat menurunkan tingkat DB lewat feature ini.

Bahan-Bahan Dari Silencer Knalpot

Setelah mengetahui apa itu silencer knalpot dan fungsinya maka perlu diketahui pula bahan pembuatannya. Silencer knalpot yang tersebar di pasar dibuat dari bahan yang berbeda. Selainnya itu, ketidaksamaan bahan itu membuat harga bervariatif, bergantung pada bahan yang dipakai. Berikut adalah beberapa jenis silencer yang diperbedakan dari bahan pembuatannya.

1. Bahan Stainless dan Aluminium

Nyaris tiap bahan yang digunakan dalam pembuatan silencer mempunyai tipe suara serupa atau hampir sama. Namun pada hal perform dan berat tentu saja tiap bahan itu berbeda. Keunggulan dari pemakaian bahan stainless dan alumunium adalah, harga yang cukup dapat dijangkau.

Perform kendaraan yang memakai knalpot dari tipe bahan Aluminium dan Stainless juga dikuasai oleh panjang pendek knalpot. Anda dapat mendapati knalpot tipe ini dengan benar-benar gampang di pasar. Bahkan juga, knalpot standard memakai bahan tipe ini untuk silencernya.

2. Bahan Galvanis

Galvanis sebagai tipe bahan terbaik dan banyak diputuskan bila dibanding dengan silencer dengan bahan stainless. Hal itu karena bahan galvanis mempunyai keunggulan tidak gampang berkarat. Untuk beratnya, silencer dengan bahan galvanis pun tidak berbeda jauh dengan bahan stainless.

Jika Anda tertarik memakai silencer tipe ini, Anda tak perlu cemas karena silencer bahan galvanis banyak juga tersebar di pasar. Selainnya itu, Anda harus juga cermat dalam memilih silencer tipe ini karena memiliki bentuk yang serupa dengan bahan stainless.

3. Bahan Carbon

Berlainan dengan bahan yang lain, carbon malah benar-benar punya pengaruh pada perform yang dibuat kendaraan. Selainnya kendaraan mempunyai penampilan lebih trendi dan eksklusif, bahan carbon pada knalpot bisa mempernyerap suara yang dibuat kendaraan.

Baca Juga  Torsion Bar Spring Pada Sistem Suspensi: Fungsi & Cara Kerja

Bahan karbon bisa membuat suara kendaraan kedengar lebih halus dan jernih. Selainnya itu bahan karbon berbobot yang paling enteng dibanding galvanis dan aluminium.

4. Bahan Titanium

Tipe bahan titanium umumnya dipakai untuk motor balap dan motor sport. Hal itu kemungkinan karena beratnya yang lebih enteng dibanding bahan stainless dan galvanis.

Selainnya itu, bahan titanium mempunyai keunggulan yang pantas Anda pikirkan, karena sanggup meredam udara panas yang tinggi sekali. Bahkan juga, pemakaian bahan tipe ini dipandang semakin kuat bila dibanding dengan tipe yang lain.

5. Bahan Monel

Bahan Monel sebagai kombinasi dari sulfur, tembaga, nikel, besi dan beberapa elemen yang lain. Tapi knalpot dengan bahan ini karakternya peka pada debu, oleh karena itu harus kerap dibikin bersih supaya tidak gampang berkarat.

Bahan knalpot yang dibuat dari monel biasanya sering dipakai pabrik mobil dalam pembuatan knalpot terkini. Perawatan untuk bahan knalpot tipe ini bisa dilaksanakan dengan memakai lap, amplas lembut dan sikat kawat untuk bersihkan knalpot sehari-harinya.

Tips Memilih Silencer Knalpot

Terkait apa itu silencer knalpot dan fungsinya maka perlu diketahui tips pemilihan silencer. Bila anda ada keinginan untuk menukar knalpot standard dengan knalpot racing, karena itu harus berhati-hati dalam pilihnya. Supaya tidak keliru dalam memilih, sebaiknya baca tips dalam memilih muffler atau silencer. Berikut sejumlah tips yang dapat anda aplikasikan saat beli knalpot racing terbaik.

  1. Pertama, yakinkan bahan yang dipakai minimum stainless atau alumunium. Karena bahan itu berbobot yang lebih enteng dibanding dengan bahan galvanis.
  2. Tapi bila memprioritaskan perform yang dibuat, karena itu anda tentukan saja yang dengan bahan titanium atau carbon. Karena ke-2 nya lebih baik dari sisi beratnya dan karakternya yang sanggup menahan suara.
  3. Tips ke-2 , yakinkan ukuran silencer. Karena panjang pendek akan memengaruhi suara yang dibuat, jika ingin mempunyai knalpot dengan suara yang empuk karena itu tentukan yang panjang.
  4. Tapi bila anda memprioritaskan suara yang keras, silakan saja tentukan yang pendek. Masalah perform yang dibuat, silencer atau muffler panjang dan pendek sama juga.
  5. Seterusnya cukup tentukan knalpot racing yang bermerk, sekarang ini ada lumayan banyak pabrikasi silencer terkenal seperti R9, RCB, Proliner dan yang lain. Di mana beberapa merek itu memang bisa dibuktikan akan kwalitasnya dimulai dari suara, perform dan tahan lama.
  6. Menyaksikan dari itu semua, masalah harga knalpot racing akan dibandrol pada harga cukup bervariasi. Semua bergantung dari design dan bahan yang dipakai dan panjang dan pendek muffler, jadi siapkan saja bujet-nya,

Diatas adalah ulasan terkait apa itu silincer knalpot, fungsi, bahan, dan tips pemilihannya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.