Terminal Yang Terdapat Di Magnetic Switch Pada Motor Starter Adalah

Terminal Yang Terdapat Di Magnetic Switch Pada Motor Starter Adalah – Magnetic switch (starter solenoid) adalah elemen mekanisme motor starter yang berperan sebagai gerbang yang akan menyalurkan arus dari battery. Di dalamnya terdapat beberapa terminal atau connector. Lantas apa terminal yang terdapat pada magnetic switch motor starter adalah?

Kita pasti sudah mengetahui jika arus yang dibutuhkan pada proses engine cranking pasti besar sekali. Hingga jika arus battery disalurkan lewat relay biasa, pasti mengakibatkan panas berlebihan yang bisa memacu kebakaran.

Tetapi, magnetic switch tidak seperti relay biasa, elemen ini mempunyai ketahanan yang semakin besar. Pada sisi ini terdapat beberapa terminal atau connector. Berikut adalah terminal yang terdapat di magnetic switch pada motor starter.

terminal yang terdapat di magnetic switch pada motor starter adalah

Terminal Yang Terdapat Di Magnetic Switch Pada Motor Starter Adalah?

Tiap mekanisme motor starter tentu diperlengkapi dengan elemen sakelar magnet ini. Tetapi tiap mobil mempunyai type yang berlainan. Sakelar starter bekerja sebagai switch khusus untuk atur arus masuk ke kumparan medan (Field Coil) dan mengatur gigi pinion dengan menggerakkan dan menariknya.

Disamping itu di dalam magnetic switch atau solenoid terdapat solenoid cap. Bisa disebutkan sebagai tutup solenoid di mana sebagai serangkaian penutup. Perannya adalah penyambung arus di antara mekanisme dan aktuator starter. Pada bagian ini terdapat tiga terminal pada motor starter yaitu:

Baca Juga  Fungsi Oil Jet (Sistem Pelumasan) Dan Letaknya

1. Terminal C

Terminal C adalah terminal untuk salurkan arus kelistrikan khusus dari elemen solenoid ke sisi motor starter agar berputar. Terminal ini digunakan sebagai penyambung arus di antara terminal 50 dan 30. Terminal C ini juga terhubung ddengan bagian field coil motor starter.

2. Terminal 30

Terminal 30 adalah terminal yang memperoleh langsung saluran arus listrik dari sisi battery. Dengan kata lain terminal ini langsung terhubung dengan sekering atau plus aki.

3. Terminal 50

Terminal 50 adalah terminal yang langsung tersambung dengan sisi starter kunci contact. Dari sini arus awalnya masuk di mana saat aktif karena itu elemen solenoid akan bekerja. Suplai kelistrikan pada terminal ini digunakan untuk mengaktifkan rangkaian pull dan hold in coi.

Diatas adalah ulasan terkait terminal yang terdapat di magnetic switch pada motor starter. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.