Ciri Ciri Kompresor AC Mobil Kurang Oli: 5 Gejala Dan Ulasan

Ciri Ciri Kompresor AC Mobil Kurang Oli – Terdapat berbagai kerusakan yang dapat terjadi pada kompresor ac, salah satunya yaitu kurang oli. Ketika kompresor ac mobil kurang oli tentunya akan menimbulkan berbagai tanda tanda tertentu. Lantas apa ciri ciri kompresor ac mobil kurang oli?

Ada beberapa hal yang menyebabkan oli kompresor berkurang. Dapat karena kebocoran, bisa juga karena sejak awalannya oli kompresor berisi kurang dari yang seharusnya. Tapi bagaimanapun juga penting untuk tahu tanda atau gejala kompresor yang kekurangan oli.

Kenyamanan juga pasti musnah saat komponen ini mempunyai permasalahan. Untuk membuat perform kompresor tetap baik, seharusnya pakai oli yang pas. Sayang kewajiban untuk penuhi kepentingan oli dalam kompresor AC mobil sedikit dilaksanakan oleh beberapa pengendara.

Pada akhirannya ada gejala kompresor alami kekurangan oli. Untuk memperjelas berkaitan ciri ciri kompresor ac mobil kurang oli akan dibahas lebih pada dalam artikel di bawah ini.

ciri ciri kompresor ac mobil kurang oli

Ciri Ciri Kompresor AC Mobil Kurang Oli

Ciri ciri kompresor AC mobil kurang oli adalah hal yang perlu dikerjakan secara periodik. Untuk mendapat hasil pengecheckan yang lebih terukur, datang ke bengkel AC mobil sebagai pilihan terbaik. Tapi jika sekedar untuk kenali apa kompresor AC mobil kurang oli, ada beberapa cara yang bisa dikerjakan.

Adapun ciri dari kompresor AC mobil yang kekurangan oli kompresor satu diantaranya adalah:

1. AC Mobil Kurang Dingin

Ciri ciri kompresor AC mobil kurang oli yang pertama dan yang paling biasa terjadi adalah kurang dingin. AC mobil yang Anda gunakan tentu berkurang dari sisi udara dinginnya karena kekurangan tenaga. Ini semua karena penekanan di kompresor AC mobil yang kurang stabil.

Baca Juga  Penyebab Bensin Tidak Masuk Ke Ruang Bakar: 3 Faktor

Penekanan dalam kompresor AC mobil harus tetap stabil sama sesuai batasan yang sudah diputuskan. Kurangnya oli kompresor akan menyebabkan perform AC mobil jadi tidak maksimal. Pada akhirnya, kekuatan kerja AC mobil dalam menghasilkan udara dingin akan berkurang.

Tapi sudah tentu tidak bisa mengambil rangkuman AC mobil kurang dingin pastilah karena oli kompresor kurang. Karena tetap ada beberapa hal lainnya jadi penyebab AC mobil kurang atau bahkan tidak dingin.

2. Suara Kasar dan Berisik

Pada dasarnya peran oli itu menjadi pelumas. Tidak cuma untuk mesin, tetapi juga untuk kompresor AC. Dengan peranannya ini, karenanya gesekan logam dalam kompresor jadi berkurang saat digunakan.

Tapi bagaimana bila oli kompresor AC berkurang? Tentu gesekan menjadi lebih sering. Ini yang pada akhirannya munculkan suara mengganggu. Tidak cuma suara kasar tetapi juga berisik. Jika didiamkan kelamaan, waspada kompresor AC mobil Anda jadi jebol.

3. Kompresor AC Mobil Jadi Cepat Panas

Tidak cuma berperan sebagai pelumas. Oli dalam kompresor juga bisa membantu pendinginan mesin. Kekurangan oli kompresor mengakibatkan AC mobil jadi cepat panas.

Persoalan lain bisa ada seiring berjalannya waktu. Kompresor AC mobil jadi sering tidak mau berpijar secara mendadak. Bahkan kerusakan ini juga bisa menjalar ke komponen lainnya dalam mobil.

4. Tenaga Mobil Berkurang Saat AC Berpijar

Saat AC dihidupkan, pasti Anda alami ada perubahan tenaga mobil yang tiba-tiba berkurang. Itu satu diantaranya pertanda kompresor AC mobil kurang oli. Mengapa ini bisa terjadi?

Saat AC mobil berpijar, perlu beban yang makin tinggi untuk jaga komponen itu tetap berperanan. Tapi karena sejak dari awalannya sudah ada persoalan, karenanya beban tambahan ini harus diambil dari tenaga mobil.

Baca Juga  Penyebab Motor Brebet Di Putaran Tengah Dan Atas: 6 Faktor & Perbaikan

5. Mengecek Tekanan Freon

Jika Anda masih ingin cari info bagaimana kondisi kompresor AC mobil, semestinya sesegera mungkin bawa ke bengkel untuk dikerjakan pengetesan tekanan freon menggunakan Manifold AC.

Alat ini mampu mengecek apa oli kompresor mobil Anda masih layak pakai atau tidak. Jika tidak patut pakai, semestinya sesegera ganti juga.

Supaya makin terang berkaitan gejala kompresor AC mobil kurang oli, seharusnya tidak boleh cuma memakai perasaan. Membawa mobil ke bengkel jadi jalan keluar. Adapun pengukuran yang telah dilaksanakan satu diantaranya adalah mengecheck volume oli kompresor, mengecheck kualitas oli kompresor masih layak pakai atau tidak, dan mengecheck freon AC mobil.

Cara Memperbaiki Kompresor AC Mobil Kurang Oli

Setelah mengetahui ciri ciri kompresor ac mobil kurang oli maka perlu diketahui cara perbaikannya. Apabila berbagai gejala diatas telah dialami, maka perlu dilakukan pengecekan terhadap kondisi oli pelumas pada kompresor. Hal ini dikarenakan oli pelumas kompresor juga akan ikut terbawa bersirkulasi dengan freon. Oleh karena itu perlu dilakukan penggantian sesuai dengan spesifikasi. Berikut cara memperbaiki kompresor ac mobil kurang oli:

  1. Membuang freon yang terdapat pada sistem ac.
  2. Membuka baut pengisian oli pada kompresor
  3. Mengisi oli pelumas kompresor secukupnya
  4. Menutup kembali baut pengisian oli pada kompresor
  5. Melakukan pengisian freon ac mobil

Di atas adalah ciri ciri kompresor ac mobil kurang oli pelumas. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -